Pengertian - Definisi Sejarah Menurut Ahli, Bahasa, KBBI, dan Secara Umum - INIRUMAHPINTAR.com

Pengertian - Definisi Sejarah Menurut Ahli, Bahasa, KBBI, dan Secara Umum

INIRUMAHPINTAR.com - Jelaskan definisi / pengertian sejarah menurut para ahli, KBBI, dan secara umum? Baik, sahabat inirumahpintar, kali ini kita akan mencari tau definisi sejarah atau pengertian sejarah menurut para ahli baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri, menurut KBBI, dan menurut arti umum. Materi pembelajaran ini tentu saja dasar-dasar dalam menguasai ilmu sejarah baik dalam kurikulum sebelumnya hingga kurikulum 2013 yang dipelajari di kelas 7, 8, 9, 10, 11, hingga kelas 12 atau bahkan hingga kuliah di mata kuliah sejarah.

Berdasarkan keseluruhan definisi sejarah tersebut nantinya akan kita tarik sebuah kesimpulan akhir yang dapat memberikan kita pencerahan tentang apa yang dimaksud dengan sejarah itu sebenarnya.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Secara umum, sejarah adalah seluruh pengalaman hidup manusia yang terjadi sejak masa lalu dan akan terus berlangsung selama manusia masih ada. 

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

Menurut Bahasa Arab 

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu syajaratun yang berarti pohon kehidupan. Pohon kehidupan ini dapat kita peroleh dalam penyusunan silsilah keluarga. Dalam silsilah keluarga diperoleh tentang asal-usul nama dan kerabatnya. 

Sebagai contoh, pada sebagian besar masyarakat Jawa tradisional, golongan priyayi selalu mempermasalahkan tiga aspek dalam mengenal seseorang, yakni bibit (asal-usul keluarga), bobot (latar belakang status sosial), dan bebet (latar belakang pendidikan). 

Kata syajaratun ini menjadi kata serapan dalam bahasa Melayu dari bahasa Arab abad ke-13. Akan tetapi di dalam bahasa Arab sendiri, ilmu yang mempelajari kisah masa lalu dinamakan tarikh.

Menurut Bahasa Inggris, Yunani, Jerman, Belanda

Kata sejarah dalam bahasa lnggris adalah history. Adapun history berasal dari bahasa yunani, yaitu istoria yang berarti orang pandai. Istoria kemudian mengalami perkembangan bukan hanya berarti orang pandai, namun diartikan sebagai pengkajian dan pembelajaran yang menyangkut manusia secara kronologis (berdasarkan urutan waktu). 

Padanan kata sejarah dalam bahasa Jerman adalah geschichte, sedangkan dalam bahasa Belanda adalah geschkdenis atau historie yang artinya adalah kejadian yang dibuat oleh manusia.

Pengertian Sejarah Menurut para Ahli

Para ahli sejarah memberikan pengertian atau definisi yang bermacam-macam tentang sejarah, meskipun pada hakikatnya hampir sama. Beberapa pengertian sejarah dan ahli-ahli sejarah antara lain sebagai berikut:

Pengertian Sejarah menurut Herodotus (484 - 25 SM)

Menurut Herodotus, sejarah itu tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan dan arah yang pasti, tetapi bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. Herodotus dikenal sebagai sejarawan pertama dunia berkebangsaan Yunani. Oleh karena itu, ía mendapat julukan the Father of History atau Bapak Ilmu Sejarah.

Pengertian Sejarah menurut Ibnu Khaldun (1332—1406) 

Dalam bukunya berjudul Mukadimah, ia mendefinisikan sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak miasyarakat itu.

Pengertian Sejarah menurut W.JS. Poerwadarminta 

Dalam bukunya berjudul Kamus Umum Bahasa Indonesia, ia mengutarakan tiga pengertian sejarah sebagai berikut: 
  • Kesusastraan lama, silsilah, asal-usul.
  • Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
  • Ilmu pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. 

Pengertian Sejarah R. Moh. Ali

Dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, ia menegaskan kata sejarah mengandung arti sebagai berikut. 
  • Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa- peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
  • Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
  • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa vang merupakan realitas tersebut.  

Pengertian Sejarah menurut Kuntowijoyo

Menurut Kuntowijoyo, Sejarah adalah ilmu tentang manusia; waktu; dan tentang sesuatu yang mempunyai makna sosial;serta tentang sesuatu yang tertentu, satu-satunya, dan terperinci. Dengan kata lain sejarah adalah rekonstruksi masa lalu. 

Dalam hal ini, sejarah berbeda akar ilmu-ilmu atau keilmuan yang lain. Sejarah itu bukan mitos, bukan filsafat, bukan ilmu alam, dan bukan sastra. Sejarah memiliki ruang lingkupnya sendiri.

Sebagai bagian dari ilmu sosial, sejarah memiliki ciri tersendiri, khususnya dalam sudut pandang maupun model penulisan. Kuntowijoyo membedakan antara dua model penulisan dalam ilmu 
sosial, yaitu sinkronis dan diakronis, berikut penjelasannya:
  • Model sinkronis mengutamakan penggambaran yang meluas dalam ruang dan tidak terlalu memikirkan dimensi waktunya. Model sinkronis banyak digunakan dalam ilmu-ilmu sosial, seperti: sosiologi, politik, ekonomi, dan antropologi. 
  • Model diakronis sendiri adalah model yang mengutamakan memanjangnya lukisan yang berdimensi waktu dengan sedikit saja memperhatikari keluasan ruang. Model diakronis digunakan dalam ilmu sejarah sehingga pembahasan tentang suatu gerak dalam waktu dan kejadian-kejadian yang konkret menjadi tujuan utama sejarah. Dengan demikian, model diakronis adalah model yang dinamis. Artinya memandang sesuatu mengalami tranformasi atau gerak sepanjang waktu.

Pengertian Sejarah menurut Edward Hallett Carr

Tokoh ini menjelaskan pengertian sejarah sebagai suatu proses interaksi terus menerus antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada padanya atau suatu dialog tidak henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam. 

Konsep terpenting dalam istilah Carr yang dapat kita ambil adalah sejarah mengandung makna kontinuitas atau berkesinambungan.

Artinya bahwa kajian yang terjadi di masa lampau bukan sesuatu yang mati atau terhenti.

Kejadian di masa lalu mempunyai hubungan dengan berbagai kejadian pada masa sekarang sehingga manusia mempunyai pijakan untuk memprediksi masa yang akan datang.

Pengertian Sejarah menurut Norman E. Cantor

Sejarawan asal Amerika Serikat ini memberikan pengertian atau mendefinisikan bahwa sejarah adalah studi tentang apa yang telah diperbuat, dikatakan. dan dipikirkan oleh manusia pada masa lampau. 

Pengertian Sejarah menurut Bernheim

Bernheim, sejarawan Jerman, memberikan definisi tentang pengetahuan sejarah sebagai ilmu yang menelusuri serta menempatkan peristiwa-peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang rnengenai perkembangan manusia, baik secara perorangan maupun kolektif, sebagai makhluk sosial dalam hubungan sebab dan akibat, lahir mapun batin (GJ. Renier, 1965: 257). 

Pengertian Sejarah menurut Henri Pirenne

Henri Pirenne, salah seorang sejarawan Perancis dar aliran Annales, memberikan pengertian sejarah sebagai cerita tentang peristiwa-peristiwa dan tindakan-tindakan manusia yang hidup dalam masyarakat (G.J. Renier, 1965: 35, Uka Tjandrasasmita, 1998: 13). 

Pengertian Sejarah menurut Sartono Kartodirdjo

Menurut Sartono Kartodirdjo, sejarawan dan Guru Besar Sejarah di Universitas Gajah Mada, sejarah dapat didefinisikan sebagal berbagai bentuk penggambaran pengalaman kolektif di masa lampau. Setiap pengungkapannya dapat dipandang sebagai suatu aktualisasi atau Pementasan pengalaman masa lampau. Menceritakan suatu kejadian ialah cara membuat hadir kembali (dalam kesadaran) peristiwa tersebut dengan pengungkapan verbal (Sartono Kartodirjo, 1992: 58-59). 

Pengertian Sejarah dalam KBBI

Menurut W.J.S. Poerwodarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (KBBI), sejarah mengandung tiga pengertian. yakni: 

1) Kesusasteraan lama, silsilah, dan asal-usul.
2) Kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.
3) Ilmu pengetahuan. cerita pelajaran tentang masa lalu

Kesimpulan:

Berdasarkan beberapa pengertian dari Para ahli sejarah tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum pengertian sejarah adalah sebagai berikut.
  • Peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.
  • Cerita, kisah, atau catatan tentang peristiwa-peristiwa yang teradi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan atau sumber-sumber sejarah.
  • Ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Dan kesimpulan tersebut dimurnikan lagi oleh ahli inirumahpintar dalam definisi khusus, sejarah adalah segala sesuatu yang menceritakan asal usul, kisah, cerita, dan seluk-beluk suatu peristiwa pada masa lalu yang terdiri diri dari rangkaian fakta dan dapat dibuktikan dengan nalar tanpa menghilangkan ciri khasnya masing-masing yang akan terus mengalami dinamika seiring berjalannya waktu dan peradaban manusia.

-------

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian - Definisi Sejarah Menurut Ahli, Bahasa, KBBI, dan Secara Umum yang terangkum dalam bedah ilmu inirumahpintar.com. Silahkan berkreasi dan mengembangkan akal sehat agar sejarah hidup Anda akan tercatat sebagai sejarah luar biasa. Salam akal sehat!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!