5 Cara Mensyukuri Keragaman Makhluk Hidup di Muka Bumi - INIRUMAHPINTAR.com

5 Cara Mensyukuri Keragaman Makhluk Hidup di Muka Bumi

INIRUMAHPINTAR.com - Makhluk hidup diciptakan oleh Allah SWT ke muka bumi dengan tujuan yang beragam. Semua memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Manusia, binatang, tumbuhan, dan seluruh pernak-pernak pernik kehidupan ini diciptakan dalam kondisi penuh keragaman. Dengan kata lain, makhluk hidup sedari awal memang dianugerahi banyak perbedaan.

Adanya perbedaan tersebut bukan sebagai alat perpecahan. Namun, hadirnya perbedaan adalah anugerah yang patut disikapi dengan penuh kesyukuran. Segala macam bentuk keserasian, keselarasan, keindahan, dan keteraturan di muka bumi ini tidak akan terjadi tanpa adanya keragaman. Kita bisa melihat adanya keragaman etnis manusia, spesies binantang dan tumbuhan, dan keragaman lain yang spesifik. Semuanya berpadu untuk menumbuhkan peradaban di muka bumi.

Etnis manusia di bumi bagian barat, tentu berbeda dengan etnis manusia di bagian timur. Perbedaan tersebut pun jika diklasifikasikan lebih spesifik akan terlihat sangat jelas. Mulai dari adanya perbedaan warna kulit, rambut, bahasa yang digunakan, gaya hidup, dan keyakinan. 
5 Cara Mensyukuri Keragaman Makhluk Hidup di Muka Bumi - inirumahpintar.com

Begitupun spesies binatang, juga beragam. Setiap wilayah dihuni oleh spesies binatang yang unik dan terkadang tidak ditemukan di wilayah lainnya.

Tumbuhan pun demikian. Jumlahnya sangat beragam. 

Termasuk benda-benda yang ada di sekitar kita, seperti bebatuan, tanah, dan struktur alam. Semuanya berbeda dan beragam. 

Oleh karena itu, naluri awal makhluk hidup itu sebenarnya adalah hidup dalam perbedaan. Itu adalah bagian dari anugerah sang Pencipta. Semuanya patut kita syukuri, bukan untuk ditakuti atau bahkan dijadikan alat permusuhan dan perpecahan.

Lalu, bagaimana cara mensyukuri adanya keragaman makhluk hidup ini? Sebenarnya banyak hal yang dapat kita lakukan, mulai dari hal kecil dan sederhana hingga hal yang besar. Namun, bukan besar kecilnya yang menjadi ukuran terbaik dalam mensyukuri keragaman makhluk hidup, melainkan pengamalannya. 

Berikut ini adalah cara-cara mensyukuri keragaman makhluk hidup di muka bumi yang wajib kita amalkan agar hidup kita damai dan penuh berkah:

1. Menjaga toleransi sesama manusia
2. Menjaga keseimbangan lingkungan
3. Menjaga dan melindungi satwa 
4. Tidak menyebarkan paham yang memicu perpecahan seperti paham teroris, komunis, radikal, dan ekstrimis
5. Tidak pernah melakukan kejahatan atau pengrusakan baik kepada sesama manusia maupun kepada lingkungan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!