Jelaskan Cara Mencari Ide Pokok dalam sebuah Paragraf - INIRUMAHPINTAR.com

Jelaskan Cara Mencari Ide Pokok dalam sebuah Paragraf

INIRUMAHPINTAR.com - Jelaskan cara mencari ide pokok dalam sebuah paragraf? Pertanyaan ini seringkali muncul ketika mempelajari tentang paragraf dan memang  penting untuk dipelajari. Bagaimana tidak, kemampuan menemukan ide pokok ini hampir selalu dimasukkan sebagai bagian dari berbagai jenis ujian bahasa Indonesia. Termasuk adik-adik yang masih duduk di tingkat sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas, hingga yang telah kuliah dan kerja sekalipun butuh keterampilan ini. 

Dengan adanya keterampilan menemukan ide pokok suatu bacaan, secara individu kamu akan terlatih menjadi pribadi yang lebih mudah mendapatkan informasi suatu teks. Bahkan jangka panjangnya kamu akan lebih mudah memahami suatu masalah dan tumbuh menjadi seseorang yang berjiwa problem-solving. Jadi, jangan pernah meremehkan suatu ilmu, termasuk ilmu mencari ide pokok dalam sebuah paragraf ini.

Cara Mencari Ide Pokok

Well, sahabat inirumahpintar.com, mari kita bedah bagaimana sih sebenarnya cara paling mudah untuk mencari ide pokok suatu paragraf atau teks. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:
  1. Fokuslah pada kalimat utama yang biasanya berada pada kalimat pertama atau terakhir suatu paragraf karena ide pokok biasanya tergambar di sana.
  2. Jika paragrafnya lebih dari satu, fokuslah pada kalimat utama setiap paragraf. Gabungan kalimat utama itu umumnya adalah rumusan ide pokok.
  3. Jika belum menemukan ide pokok setelah membaca kalimat utama, bacalah cepat dan cermat setiap paragraf dengan tetap fokus pada kalimat utama setiap paragraf.
  4. Pahami bahwa ide pokok itu sebenarnya merupakan rangkuman atau kesimpulan dari suatu paragraf
  5. Pahami bahwa terkadang kalimat utama dalam suatu paragraf merupakan ide pokok suatu paragraf itu sendiri, namun sebagian katanya diganti dengan sinonim atau padanan kata yang semakna.
Jelaskan Cara Mencari Ide Pokok dalam sebuah Paragraf - inirumahpintar.com

Jika ingin disingkat, berikut adalah 5 cara mencari ide pokok dalam sebuah paragraf:
  1. Baca cermat dan cepat suatu paragraf
  2. Temukan kalimat utama
  3. Pahami kalimat utama
  4. Simpulkan kalimat utama
  5. Rangkailah ide pokok

Contoh Mencari Ide Pokok

Contoh 1:

Pohon sagu berkembang biak dengan dua cara. Pertama adalah dengan biji berasal dari buah yang sudah tua dan rontok dari pohonnya. Cara kedua adalah dengan menggunakan bibit berupa anakan atau yang melekat pada pangkal batang induknya yang disebut dangkel atau abut.

Ide pokok: Pohon sagu berkembang biak dengan dua cara

Contoh 2: 

Panen dapat dilakukan pada pohon sagu yang berumur 6-7 tahun. Ciri pohon sagu siap panen pada umumnya dapat dilihat dan perubahan yang terjadi pada daun,duri, pucuk, dan batang. Guna memudahkan pada saat panen, maka pohon sagu dipotong hingga mendekati bagian akar. Pemotongan dapat mengunakan gergaji mesin maupun kampak. Batang sagu dibersihkan dari pelepah, hingga hanya menyisakan bagian gelondongan batang sagu saja yakni sepanjang 6 hingga 15 meter.

Ide pokok: Panen dapat dilakukan pada pohon sagu yang berumur 6-7 tahun

Contoh 3: 

Paus bergigi memiliki ciri yang berbeda dengan kelompok paus balin. Ukuran tubuh paus bergigi lebih kecil daripada ikan paus balin. Paus jenis ini memiliki gigi berbentuk kerucut yang tajam. Paus jenis ini hidup dengan memakan ikan, cumi-cumi, dan gurita. Mereka dapat menemukan binatang dan benda-benda dengan mengirimkan suara klik-klik dengan cepat yang akan dipantulkan benda atau binatang lain. Paus pembunuh adalah contoh paus bergigi yang paling dikenal orang. 

Ide pokok: Paus bergigi memiliki ciri yang berbeda dengan kelompok paus balin

___

Nah, demikianlah penjelasan tentang cara mencari ide pokok dalam sebuah paragraf. Semoga diberi kemudahan untuk memahaminya ya! Salam pintar dan tetap bersyukur! Sukses selalu!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!