Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Pencegah Bakteri dan Virus - INIRUMAHPINTAR.com

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Pencegah Bakteri dan Virus

INIRUMAHPINTAR.COM - Bagaimana Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Pencegah Bakteri dan Virus? Negeri ini aman-aman saja sebelum virus corona atau covid-19 menyerang dunia. Nah, viralnya virus ini pun memaksa setiap negara termasuk Indonesia untuk mencegah menyebarnya virus tersebut. Karena obat atau vaksin antivirus corona belum juga ditemukan, maka pemerintah dan semua pihak terkait hanya memberikan anjuran agar menjaga kebersihan, menghindari kontak fisik dengan orang asing, menjaga jarak dengan pasien yang batuk atau bersin.

Namun, tips-tips tersebut rupanya belum juga menurunkan tingkat kekhawatiran masyarakat. Apalagi menghindari kontak fisik dan interaksi sosial baik dalam lingkup kerja maupun dalam aktivitas pendidikan sulit untuk ditinggalkan 100 persen.

Salah satu hal yang paling diminati adalah membeli hand sanitizer dan membawanya kemana-mana. Tentu saja hal ini untuk selalu memastikan tangan dalam kondisi bebas kuman, bakteri, dan virus.

Namun, seiring waktu, stok hand sanitizer yang biasanya banyak dijual di toko, minimarket, atau warung-warung kecil sekalipun, ludes terjual. Akibatnya, orang-orang mulai berpikir bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Kali ini, admin ingin membagikan tutorial cara membuat hand sanitizer sendiri sebagai pencegah bakteri dan virus.

Bahan-bahan 

Dilansir dari www.nbc-2.com, bahan-bahan yang diperlukan adalah:

  1. secangkir alkohol isopropil (minimal 70 persen)
  2. setengah cangkir gel lidah buaya
  3. delapan tetes minyak tea tree 

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

  1. campurkan bahan-bahannya dalam wadah dan aduklah merata
  2. hand sanitizer siap digunakan
  3. Oleskan secukupnya pada tangan 
  4. diamkan selama 20 detik tanpa menggunakan handuk atau kain lap

Rekomendasi tentang Penggunaan Hand Sanitizer

Walaupun hand sanitizer dipercaya dapat mencegah pertumbuhan kuman, bakteri, atau virus, tetapi kehandalan hand sanitizer terutama yang dibuat sendiri masih diragukan para ahli. Oleh karena itu, di samping menggunakan hand sanitizer yang dibuat sendiri, direkomendasikan untuk tetap menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencucinya menggunakan sabun anti kuman dan air bersih.

Mencuci tangan dengan sabun anti kuman + air bersih adalah cara terbaik dan praktis untuk mencegah penyebaran bakteri, kuman, atau virus melalui tangan, termasuk virus corona. Namun, jika memang terpaksa tidak ada air, gunakanlah hand sanitizer sebagai alternatif.

Dan yang terpenting adalah tetap jaga kebersihan badan, lingkungan, tempat tinggal, jaga kesehatan dengan mencukupkan waktu istirahat, makan teratur dengan gizi seimbang, dan olahraga teratur. Dengan cara itu, ikhtiar untuk menjaga diri dan mencegah diri dari sumber penyakit termasuk corona telah terlaksana dengan baik. Sisanya tinggal berdoa, menjaga wudhu, dan ibadah, semoga Allah SWT memberkati dan melindungi kita dan seluruh masyarakat Indonesia dari wabah corona.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!