Tips dan Trik Menyelesaikan Kuliah Tepat Waktu - INIRUMAHPINTAR.com

Tips dan Trik Menyelesaikan Kuliah Tepat Waktu

INIRUMAHPINTAR.COM - Bagi yang sedang kuliah saat ini, dan lagi menyiapkan rencana untuk selesai kuliah tepat waktu, artikel ini tepat untuk dibaca. Perkuliahan terkadang membuat mahasiswa menjadi stress. Bagaimana tidak? Tugas menumpuk, beban kuliah banyak, dan ditambah gejolak asmara yang kadang mengganggu di sela-sela kuliah. Oleh karena itu, perlu ada tips dan trik yang dijadikan sebagai pedoman agar dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu. Apakah benar-benar ada cara rahasia seperti itu? Bukan rahasia sebenarnya, tetapi terkadang kepintaran atau kecerdasan yang dimiliki membuat lupa untuk mengaktifkan kecerdikan dan potensi terbaik sebagai mahasiswa.

Langsung saja ya, berikut ini tips dan trik yang wajib kalian ikuti jika ingin selesai kuliah tepat waktu tanpa ada masalah berarti:

1. Buat catatan jadwal kuliah dan tempel di dinding kamar

Tips pertama ini adalah hal paling sederhana tetapi sangat mempengaruhi performa. Sekaligus menjadi pengingat jika sewaktu-waktu lupa, karena lupa itu sifat lumrah manusia. Jadi, siapkan catatan jadwal kuliah ini dan tempel di bagian terbaik di dinding kamar kamu agar mudah terlihat.

 

2. Jangan menunda-nunda mengerjakan tugas kuliah

Perkuliahan itu sangat akrab dengan tugas yang banyak, terkadang numpuk dan butuh tenaga ekstra. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak menunda mengerjakan tugas kuliah. Selesaikan yang menjelang deadline terlebih dahulu. Jika kamu tipe multitasking, fokuslah menyelesaikan satu tugas, sembari mengumpulkan referensi untuk tugas lain jika memungkinkan. 

Camkan untuk selalu disiplin mengerjakan tugas tepat waktu. Jika tidak, maka ada banyak masalah yang muncul. Tugas lain bisa jadi ikut-ikutan berantakan. Presentase di depan dosen juga berpotensi memburuk karena kurangnya persiapan dan bahan.

3. Pandai-pandailah menemukan teman kuliah

Mengerjakan tugas secara bersama dengan teman kuliah yang benar-benar nyaman dan kompak tentu saja terasa lebih menyenangkan ketimbang bekerja sendiri. Oleh karena itu, temukan circle pertemanan yang benar-benar cocok dengan karakteristik masing-masing. 
 
Jangan sampai salah pergaulan ya! Karena umumnya kuliah gak kelas-kelar disebabkan oleh pengaruh teman yang acuh tak acuh terhadap kuliah. Dahulukan kuliah baru urusan jalan-jalan atau kumpul-kumpul yang tidak penting. Toh, ada waktunya kok nanti kamu senang-senang, ketika kuliah udah kelar dan kamu telah menemukan kemapanan, buah hasil perjuangan menempuh pendidikan dengan baik.


4. Selektiflah memilih organisasi

Berorganisasi adalah bagian dari dunia perkuliahan. Sebagai mahasiswa yang sedang mencari jati diri dan memiliki rasa ingin tahu sangat tinggi, berorganisasi adalah jawaban. Hanya saja, banyak yang terkecoh dan terbuai dengan sisi lain kenikmatan organisasi. Mereka terperdaya hingga lupa masuk kuliah bahkan sampai lupa mengerjakan tugas. 
 
Terlebih pada saat menjelang penyelesaikan tugas akhir dan skripsi. Di momen inilah, ujian terbesar bagi seorang aktivis. Tidak sedikit yang lupa bahwa ia adalah seorang mahasiswa, dibiayai orang tua dengan keringat dan air mata, begitu mudahnya berlenggak lenggok mesra tanpa beban sementara skripsi tak kunjung diselesaikan.

Jadi, jika merasa kurang yakin dapat menjalankan kuliah sembari berorganisasi, fokuslah kuliah. Organisasi nanti kalau sudah bisa mengatur waktu. 

5. Bangunlah interaksi baik dengan dosen

Kepintaran dan kecerdasan bukanlah semata-mata kekuatan dalam dunia perkuliahan. Di satu sisi, hal tersebut memang dapat membantu dalam urusan perkuliahan, tetapi di sisi lain tanpa adanya interaksi baik dengan dosen, perkuliahan berjalan biasa-biasa saja. 

Melalui interaksi yang baik, boleh jadi, Bapak/Ibu dosen memberikan bantuan yang memudahkan urusan perkuliahan, seperti informasi tentang referensi, atau solusi atas penugasan, dan lain sebagainya.
 
Bahkan, menurut bocoran dari kampus seberang, kedekatan dengan dosen mempengaruhi nilai akhir loh? Entah itu mitos atau fakta, tidak ada salahnya dicoba.

--

Demikianlah tips dan trik agar lebih mudah menyelesaikan kuliah tepat waktu. Tulisan berikutnya akan membahas lebih lengkap lagi. Salam mahasiswa!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!