Mengenal 10 Jenis-Jenis Metodologi Penelitian Ilmiah - INIRUMAHPINTAR.com

Mengenal 10 Jenis-Jenis Metodologi Penelitian Ilmiah

INIRUMAHPINTAR.COM - Metodologi penelitian merupakan metode dan teknik yang digunakan untuk menyajikan penelitian. Terdapat berbagai jenis metodologi penelitian dalam lingkup ilmiah. Setiap peneliti menentukan metodologi penelitian yang tepat sesuai jenis penelitian yang dilakukan. Metodologi penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ide-ide dan temuan dalam penelitian agar hasilnya benar-benar tepat. Namun, bagi peneliti pemula terutama mahasiswa yang sedang menjalani proses penelitian, artikel ini tentu saja sangat penting untuk dipelajari.

Jenis-Jenis Metodologi Penelitian

Metode penelitian diklasifikasikan berdasarkan kriteria yang berbeda. Klasifikasi tersebut meliputi kategori umum, sifat penelitian, tujuan penelitian, dan desain penelitian. Juga, ada wawancara dan studi kasus berdasarkan metodologi penelitian. Dalam beberapa penelitian, dua atau lebih metode dapat digabungkan.

Berdasarkan Kategori Umum,


1. Penelitian Kuantitatif

Seperti namanya, kuantitatif mengacu pada angka-angka di mana data dikumpulkan berdasarkan angka, dan ringkasan diambil dari angka-angka ini. Grafik membantu untuk mengukur hasil dalam penelitian kuantitatif.


2. Penelitian Kualitatif


Kualitatif mengacu pada unsur-unsur non numerik dalam penelitian. Ketika informasi atau data tidak dapat dipahami dalam bentuk angka, penelitian kualitatif datang untuk menyelamatkan. Meskipun tidak dapat diandalkan sebanyak kuantitatif, penelitian kualitatif membantu membentuk ringkasan yang lebih baik dalam hal teori dalam data.

Berdasarkan sifat penelitiannya, 

 

3. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang digunakan untuk menggambarkan karakteristik suatu populasi. Tujuan penelitian ini adalah mengumpulkan data yang digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang apa, kapan, dan bagaimana yang berkaitan dengan populasi atau kelompok tertentu. Misalnya, studi deskriptif dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan seperti: Berapa persentase guru yang memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi?


Penelitian deskriptif tidak menjawab pertanyaan tentang mengapa suatu fenomena tertentu terjadi atau apa penyebabnya. Jawaban atas pertanyaan semacam itu paling baik diperoleh dari studi acak dan eksperimen semu. Namun, data dari studi deskriptif dapat digunakan untuk menguji hubungan (korelasi) antar variabel. Sementara temuan dari analisis korelasional bukanlah bukti kausalitas, melainkan membantu membedakan variabel yang mungkin penting dalam menjelaskan suatu fenomena. Dengan demikian, penelitian deskriptif sering digunakan untuk menghasilkan hipotesis yang harus diuji menggunakan desain yang lebih ketat.

4. Penelitian Analitis 


Penelitian analitik menggunakan fakta-fakta yang telah dikonfirmasi untuk menjadi dasar penelitian dan evaluasi kritis terhadap materi dilakukan dalam metode ini. Metode analitik juga menggunakan metode kuantitatif.

Berdasarkan tujuan studi jenis penelitian terbagi:

5. Penelitian Terapan


Penelitian terapan adalah penelitian tindakan di mana hanya satu domain yang dipertimbangkan dan sebagian besar fakta digeneralisasikan. Variabel dianggap konstan dan peramalan dilakukan agar metode dapat ditemukan dengan mudah dalam penelitian terapan. Bahasa teknis digunakan dalam penelitian dan ringkasannya didasarkan pada fakta teknis.

6. Riset Dasar

Penelitian fundamental adalah penelitian dasar atau murni yang dilakukan untuk mengetahui suatu unsur atau teori yang belum pernah ada di dunia. Beberapa domain terhubung dan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana hal-hal tradisional dapat diubah atau sesuatu yang baru dapat dikembangkan. Ringkasan ini murni dalam bahasa umum dan temuan logis diterapkan dalam penelitian.


Berdasarkan desain penelitian, 

 

7. Penelitian Eksplorasi

Studi eksplorasi didasarkan pada teori dan penjelasannya dan tidak memberikan kesimpulan apa pun tentang topik penelitian. Strukturnya tidak tepat dan metodenya menawarkan pendekatan studi yang fleksibel dan investigasi. Hipotesis tidak diuji dan hasilnya tidak akan banyak membantu dunia luar. Temuan akan menjadi topik terkait yang membantu dalam meningkatkan penelitian lebih lanjut.

8. Penelitian Konklusif

Penelitian konklusif bertujuan untuk memberikan jawaban atas topik penelitian dan memiliki desain metodologi yang tepat. Struktur yang dirancang dengan baik membantu dalam merumuskan dan memecahkan hipotesis dan memberikan hasil. Hasilnya akan umum dan membantu dunia luar. Peneliti akan memiliki kesenangan batin untuk memecahkan masalah dan membantu masyarakat pada umumnya.

9. Survei

Survei memainkan peran utama dalam metodologi penelitian. Jenis penelitian ini membantu untuk mengumpulkan sejumlah besar data real-time dan membantu dalam proses penelitian. Survei dilakukan dengan biaya rendah dan dapat dilakukan lebih cepat daripada metode lainnya. Survei dapat dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Survei kuantitatif harus lebih diutamakan daripada survei kualitatif karena survei tersebut memberikan keluaran numerik dan datanya nyata. Survei terutama digunakan dalam bisnis untuk mengetahui permintaan produk di pasar dan untuk memperkirakan produksi berdasarkan hasil survei.

10. Studi Kasus

Studi kasus adalah metode lain dari metodologi penelitian di mana kasus yang berbeda dipertimbangkan untuk memilih hasil terbaik. Studi kasus membantu membentuk ide penelitian dan membantu dalam dasar penelitian. Berbagai fakta dan teori dapat dipertimbangkan dari studi kasus yang membantu untuk membentuk tinjauan yang tepat tentang topik penelitian. Peneliti dapat membuat topik umum atau khusus sesuai dengan tinjauan literatur dari penelitian. Pemahaman yang tepat tentang penelitian dapat dibuat dari studi kasus.


Kesimpulan


Setiap penelitian memiliki karakteristik masing-masing. Semakin tepat memilih jenis metodologi penelitian maka semakin besar peluang hasil penelitian menjadi sangat memuaskan. Oleh karena itu, setiap peneliti perlu mempertimbangkan jenis metodologi penelitian yang digunakan, perlunya penggabungan atau hanya menggunakan metodologi tunggal, dan hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan dan waktu yang tersedia. Intinya, penelitian yang baik berawal dari tepatnya pemilihan metodologi penelitian.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!