Pengertian dan Cara Melakukan Parafrase dalam 5 Langkah - INIRUMAHPINTAR.com

Pengertian dan Cara Melakukan Parafrase dalam 5 Langkah

INIRUMAHPINTAR.COM - Parafrase adalah mengungkapkan informasi atau ide dari sumber lain dengan kata-kata sendiri dalam jumlah kata yang sama atau lebih dari teks sumber. Parafrase bukan hanya sekadar mengganti kata dengan sinonim atau menata ulang struktur kalimat tetapi melibatkan pengulangan teks secara substansial sambil mempertahankan makna aslinya. Parafrase memuat pengakuan atas sumber asli dengan referensi yang tepat.

Bagaimana memparafrasekan?

1.       Baca teks aslinya sampai benar-benar memahami artinya; lalu pilah dengan hati-hati.

2.       Dengan menggunakan ingatan Anda, tuliskan poin –poin penting dari teks yang telah dibaca.  Jangan menyalin teks kata demi kata.

3.       Saat membaca sebuah bagian, cobalah untuk memahaminya secara keseluruhan, sambil berhenti sejenak untuk menuliskan ide atau frasa tertentu.

4.       Jadilah selektif. Ada kalanya sebuah poin dari teks yang dibaca dapat diparafrase keseluruhan, ada kalanya hanya sebagian.

5.       Pikirkan dan gunakan "kata-kata Anda sendiri" dalam melakukan parafrase.

6.       Ingatlah bahwa Anda dapat menggunakan kutipan langsung dari frasa dari aslinya di dalam parafrase Anda.

7.       Periksa catatan Anda dengan aslinya untuk memastikan tidak menjiplak secara tidak sengaja.

 

Bagaimana memparafrasekan dalam lima langkah?

1.       Bacalah bagian itu beberapa kali untuk memahami artinya sepenuhnya.

2.       Catat konsep-konsep penting dari teks yang dibaca.

3.       Tulis versi teks Anda tanpa melihat aslinya.

4.       Bandingkan teks parafrase Anda dengan bagian asli

5.       Buat sedikit penyesuaian pada frasa yang tetap terlalu mirip untuk menghindari plagiasi.

 

Sebutkan 5 langkah parafrase dalam versi singkat?

 1.       Langkah 1: Baca teks.

2.       Langkah 2: Hapus teks.

3.       Langkah  3: Jelaskan teks dengan lantang. (ulangi langkah 1 dan 2, jika perlu.)

4.       Langkah 4: Tuliskan parafrase Anda.

5.       Langkah 5: Konfirmasikan fakta, statistik, dan ejaan dengan teks asli untuk menghindari plagiasi

 


Apa saja unsur-unsur yang diperlukan untuk parafrase yang efektif?

Parafrase yang baik mencakup unsur-unsur berikut: kata-kata dan struktur kalimat yang sama sekali berbeda dari aslinya. nama penulis asli dan teks. kutipan halaman (kecuali jika Anda juga menyajikan kutipan langsung – dalam hal ini, Anda bisa mengutip kutipan itu sendiri)

 

Apa yang membuat parafrase yang baik?

Parafrase yang efektif adalah…

1.       Asli—parafrase harus menggunakan kosakata, frasa, dan struktur kalimat Anda sendiri yang segar, bukan struktur kalimat, frasa, dan kata-kata sumber Anda.

2.       Akurat—parafrase harus secara tepat mencerminkan gagasan, nada, dan penekanan sumber Anda.

 

Apa perbedaan antara meringkas dan parafrase?

Parafrase adalah menulis teks tertentu dengan kata-kata Anda sendiri sementara meringkas hanya menyebutkan poin-poin utama dari setiap karya dengan kata-kata Anda sendiri. Parafrase hampir sama dengan atau agak kurang dari teks asli sementara meringkas secara substansial lebih pendek dari aslinya. Apa itu parafrase dan tujuannya? Tujuan parafrase adalah untuk membangun karya orang lain dengan cara yang orisinal. Dengan memparafrasekan dengan benar, Anda menunjukkan bahwa Anda telah memahami ide-ide penulis, dan bahwa Anda dapat menganalisis dan menyatakannya kembali tanpa mengubah makna penulis.

 

Bisakah Anda memparafrasekan dalam ringkasan?

Ringkasan dibuat dengan kata-kata Anda sendiri, tetapi beberapa kata kunci mungkin tidak dapat diubah. Namun, ringkasan dapat berisi kutipan singkat dari bahasa yang signifikan. Parafrase menggunakan kata-kata Anda sendiri, tetapi Anda harus mengubah kata-kata dan struktur kalimat dari bagian aslinya.

 

Apa yang dimaksud dengan meninjau kembali saat memparafrase?

A. mengesampingkan sumber sehingga Anda dapat membentuk opini tentang informasi yang disajikan penulis.

B. menyisihkan sumbernya sehingga Anda dapat memeriksa untuk memastikan bahwa Anda tidak menyalin kata-kata penulis. menyisihkan sumber untuk menguji seberapa banyak informasi yang dapat Anda pahami.

 

Bagaimana saya bisa meringkas sumber tanpa menjiplak?

Tulis ringkasan sepenuhnya dengan kata-kata Anda sendiri dengan memparafrasekan ide-ide penulis. Kutip sumber dengan kutipan dalam teks dan referensi lengkap sehingga pembaca Anda dapat dengan mudah menemukan teks aslinya.

 

Apakah ilegal memparafrasekan?

Terkadang Anda menyukai isi paragraf atau bagian dari sesuatu yang Anda baca, dan ingin memparafrasekan, atau menyatakan kembali dengan kata-kata Anda sendiri untuk makalah Anda. Meskipun tidak ilegal, parafrase dalam makalah ilmiah harus dikutip sebagai kesopanan profesional. 

 

Apakah ada situs web yang merangkum untuk Anda? 

Scholarcy, alat peringkas artikel online, membaca artikel penelitian, laporan, dan bab buku Anda dalam hitungan detik dan memecahnya menjadi beberapa bagian kecil – sehingga Anda dapat dengan cepat menilai seberapa penting dokumen apa pun untuk pekerjaan Anda.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!