Perbedaan, Unsur, Fungsi, Contoh - Iklan, Slogan, Poster - INIRUMAHPINTAR.com

Perbedaan, Unsur, Fungsi, Contoh - Iklan, Slogan, Poster

INIRUMAHPINTAR - Apa yang kalian ketahui tentang Perbedaan, Unsur, Fungsi, Contoh - Iklan, Slogan, Poster? Coba Jelaskan! Pertanyaan tersebut tentu saja gampang-gampang susah untuk dijawab, bukan? Untuk itu, melalui tulisan kali ini, saya mengajak sobat pembaca sekalian untuk menggali informasi sedalam-dalamnya tentang Perbedaan, Unsur, Fungsi, Contoh - Iklan, Slogan, Poster. Tentu saja, materi ini termasuk bagian dari keseluruhan sub-pembahasan dalam bidang studi bahasa Indonesia, terutama kurikulum 2013. Jadi, biar lebih pintar dan cerdas dalam mengenali seluk-beluk iklan, slogan, dan poster, jangan lewatkan untuk membaca hingga akhir penjelasan berikut ini!

Perbedaan (Pengertian) Iklan, Slogan, dan Poster

Iklan

Iklan adalah salah satu bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini, perorangan ataupun perusahaan-perusahaan menawarkan barang atau jasa yang diproduksi dan dimilikinya melalui iklan. Dengan kata lain, iklan dapat diartikan juga sebagai pemberitahuan atau informasi yang bertujuan membujuk atau mendorong para calon konsumen agar membeli barang atau jasa. Melalui iklan, para produsen terbantu untuk mengenalkan atau meningkatkan angka penjualan produk mereka, entah itu barang atau jasa.

Dengan karakteristik seperti itu, iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti radio, televisi, surat kabar, dan internet. Unsur yang ditampilkan adalah gambar, kata-kata, gerak atau suara.

Contoh Iklan: 
Perhatikan setiap bagian dari blog ini, lihatlah sejumlah iklan yang terpampang. Begitulah contoh iklan yang populer yang ada dalam media-media online yang bekerja sama dengan publisher iklan. Untuk mengetahui lebih banyak informasi dari iklan tersebut, para pengunjung blog tinggal meng-klik bagian gambar atau tulisan dalam iklan tersebut.
Perbedaan, Unsur, Fungsi, Contoh - Iklan, Slogan, Poster

Slogan

Slogan adalah perkataan atau kalimnat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntutan (pegangan hidup); prinsip utama dan suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih nengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

Contoh Slogan:

  1. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
  2. Cintailah saudaramu melebihi cintamu pada diri sendiri
  3. Diam itu emas, berkata baik itu berlian
  4. Jangan mengotori, jika tak mampu membersihkan
  5. Pembeli adalah raja


Poster
Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipaiang di tempat tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap.

Jika tampak dalam hal bentuk, poster tidak jauh berbeda dengan ikian. Isinya mengandung pesan kepada khalayak. Namun, poster lebih tertuju pada tempat pemnasangannya di ruang-ruang terbuka. Misalnya, dinding-dinding aula, tembok-tembok pasar, dan tempat-tempat umum lainnya.

Contoh Poster:

Tujuan dan Fungsi-Fungsi Iklan

Iklan tidak hanya merupakan bagian dari industri berskala besar. Dewasa ini, iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan-kepentingan di bawah ini:

a. Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.

b. Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.

c. Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

d. Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.

Daftar tentang fungsi iklan semakin hari semakin banyak, bertambah dan bertambah luas jaringannya. Hal itu seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan keperluan hidup warga masyarakat itu sendiri.

Namun, dan sekian fungsinya itu, iklan memiliki kesamaan umum, yakni sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang bersifat komersial, sosial, maupun pribadi.

Selain yang disebutkan di atas, ternyata iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk. Iklan juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri
seseorang dan masyarakat. Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.

1. Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang mereka peroleh.

2. Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja. gaya hidup, teknik-teknik mencapai kesuksesan.

Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.

a. Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.

b. Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamnakan unsur kata-kata.

c. Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.

Unsur-Unsur Pembentuk Iklan

Adapun maksud yang terkandung di dalam iklan itu sendiri dapat dipahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks. Berikut penjelasannya!

a. Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.

b. Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.

c. Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.

d. Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.

e. Efek adalah perubahan yang teriadi pada din penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.

f. Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dan penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.

Demikianlah pembahasan tentang Perbedaan, Unsur, Fungsi, Contoh - Iklan, Slogan, Poster. Semoga bermanfaat! ☺️

0 Response to "Perbedaan, Unsur, Fungsi, Contoh - Iklan, Slogan, Poster"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!