Inilah Alat-Alat yang Digunakan dalam Senam Ritmik - INIRUMAHPINTAR.com

Inilah Alat-Alat yang Digunakan dalam Senam Ritmik

INIRUMAHPINTAR - Mungkin ada di antara sobat yang ingin tahu tentang senam ritmik dan alat-alat apa saja yang digunakan ketika melakukan senam tersebut. Nah, pada kesempatan ini, saya akan membagikan informasi terkait hal tersebut. Pertama, apa senam ritmik itu? Senam ritmik adalah perpaduan antara olahraga dan seni, dimana terdapat gerakan-gerakan tari ekspresif dengan tambahan alat-alat tambahan seperti bola, tali, pita, lingkaran atau tongkat yang menghasilkan gerakan melempar, berputar, menyerupai spiral, menggulung, atau menangkap.

Senam ritmik dapat dilakukan oleh wanita dewasa dan anak-anak perempuan dari segala usia. Senam ritmik bisa dilakukan oleh segala usia karena senam ini dapat menghasilkan rasa percaya diri dan meningkatkan kreativitas. Setelah Anda menemukan klub dan belajar dasar-dasar, Anda dapat mengembangkan keterampilan Anda untuk menghasilkan gerakan lebih unik sembari bersenang-senang atau menantang diri Anda lebih jauh dengan ikut serta dalam kompetisi mulai dari tingkat lokal hingga nasional, atau bahkan hingga ke tingkat internasional.

Ini Manfaat Senam Ritmik:


  • Mengembangkan postur dan gerakan tubuh yang percaya diri, untuk olahraga dan kehidupan
  • Meningkatkan koordinasi dan kelincahan, untuk kesadaran dan keseimbangan tubuh
  • Meningkatkan kreativitas dan membangun kepercayaan diri
  • Meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan dan mempersiapkan tubuh untuk tantangan hidup
  • Mengembangkan pikiran dan tubuh yang sehat untuk kehidupan sekarang dan nanti

Senam ritmik dapat dilakukan secara individual atau dalam team yang berjumlah 5 orang pesenam. Dalam melakukan gerakan-gerakan indah dalam senam ritmik, terkadang pesenam menggunakan alat-alat atau aparatus yang bervariasi. Untuk itu mari kita kenali alat-alat tersebut:

1. Tali (Roop)

Tali yang digunakan yaitu tali berbahan rami atau berbahan sintetis yang teksturnya ringan dan lentur. Tali digunakan saat melompat atau sambil melompat, terkadang ditambahkan ayunan, lemparan, lingkaran, rotasi dan variasi angka delapan.

2. Hoop

Hoop terbuat dari plastik atau kayu. Hoop digunakan memutar di sekitar tangan atau tubuh, terkadang juga disertai variasi gulungan, ayunan, lingkaran, angka delapan, lemparan, atau melewati lingkaran.

3. Bola

Bola terbuat dari karet atau bahan sintetis dan berdiameter 18 - 20 cm. Cara penggunaannya, bola diletakkan di tangan lalu dilempar, dilambungkan atau digulung.

4. Klub (Clubs)

Klub terbuat dari kayu atau bahan sintetis;. Klub digunakan untuk mengetuk ritmis disertai variasi  lingkaran kecil, gerakan asimetris, lempar dan tangkap.

5. Pita (Ribbon)

Pita biasanya memiliki panjang 6 meter. Pita adalah alat yang sering digunakan dalam senam ritmik. Cara penggunaanya,  pita digerakkan mengikuti gerak tangan, mengalir dan mengayun santai, mulus untuk membuat lingkaran dan spiral, terkadang ditambahkan variasi berbentuk ayunan, lingkaran, dan ular.

6. Tongkat berbahan Pita (Ribbon Sticks)

Tongkat ini sebagaimana namanya terbuat dari pita, baik berbahan rami maupun sintesis. Tongkat juga dapat digunakan sebagai alat bantu membuat variasi gerakan yang indah dalam senam ritmik, seperti gerak mengayun, melingkar, dan membentuk angka 8.

7. Sepatu Ritmik (Half Shoes)

Sepatu ini adalah sepatu khusus yang digunakan dalam senam ritmik. Disebut sebagai half shoes karena sepatu ini memang secara fisik terlihat seperti sepatu setengah jadi. Tidak menutup seluruh bagian kaki layaknya sepatu biasa. Bahannya pun sangat tipis, transparan, dan halus. Tujuannya agar pesenam merasa nyaman dan tidak terganggu untuk melakukan berbagai gerakan dalam senam ritmik.

Selain alat-alat di atas, sebenarnya masih banyak aksesoris lain yang bisa menjadi pendukung penampilan para pesenam ritmik. Silahkan kunjungi toko olahraga di kota Anda atau silahkan searching di situs jual-beli online langganan Anda untuk mengeceknya lebih detail. Makasih udah membaca! See you guys!

0 Response to "Inilah Alat-Alat yang Digunakan dalam Senam Ritmik"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!