Cara Melakukan Teknik Pukulan, Elakan, dan Tangkisan dalam Pencak Silat - INIRUMAHPINTAR.com

Cara Melakukan Teknik Pukulan, Elakan, dan Tangkisan dalam Pencak Silat

INIRUMAHPINTAR - Bagaimana Cara Melakukan Teknik Pukulan, Elakan, dan Tangkisan dalam Pencak Silat? Banyak adik-adik yang meminta agar diberikan penjelasan yang lengkap tentang pertanyaan ini. Untuk itu, pada kesempatan ini materi tersebut akan dibahas tuntas. Perlu diketahui bahwa, materi ini merupakan bagian dari materi Pendidikan Olahraga dan Jasmani. Ini penjelasannya!

Cara Melakukan Teknik  Dasar Pukulan

Pukulan   merupakan   bentuk   serangan   dengan   menggunakan tangan. Pukulan  di  antaranya  terdiri  dari  pukulan  atau  sorongan  depan;  pukulan  ke  arah  samping;  pukulan  ke  arah  bawah;  dan  pukulan  ke arah atas.

1) Pukulan    depan
Pukulan ke arah depan dapat dilakukan dengan cara tinju, totok, dan sodok

2) Pukulan ke samping
Pukulan ke samping terdiri dari pedang dan bandul.

3) Serangan/pukulan bawah
Pukulan ini mengarah ke bawah (sekitar perut ke bawah)

4) Serangan/pukulan atas
Pukulan ini mengarah ke atas, terutama bagian muka dan sekitarnya.

Cara Melakukan Serangan siku

Serangan siku terdiri dari serangan siku ke arah depan, samping, belakang, serong, atas, dan bawah. Serangan ini menggunakan siku dengan mengarahkannya ke badan lawan pada saat yang tepat.

Cara Melakukan Teknik   Elakan

Elakan merupakan suatu pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki  yang  tidak  berpindah  tempat  tumpuan  atau  kembali  ke  tempat semula.

1) Elakan

Elakan  terdiri atas  mengelakkan diri dari  serangan lurus depan dan   samping; gerakan   dimulai dari sikap kuda-kuda depan memindahkan berat badan ke belakang; sikap tubuh dan tangan selalu waspada.

a) Elakan belakang berputar
Cara melakukan elakan belakang berputar adalah sebagai berikut:
  • Cara mengelakkan diri dari tangan lurus depan samping.
  • Gerakan dimulai dari sikap kuda-kuda depan  memindahkan  berat  badan  ke  belakang  disertai  sikap tubuh dan tangan selalu waspada.

b) Elakan bawah
Cara melakukan elakan bawah adalah sebagai berikut:
  • Mengelakkan diri dari serangan pada bagian tubuh bagian atas.
  • Rendahkan diri dengan   cara   menekuk   lutut,  tanpa  memindahkan tumpuan kaki.
  • Sikap tubuh dan sikap tangan selalu waspada.

c) Elakan atas
Cara melakukan elakan atas adalah sebagai berikut.
Mengelakkan  diri  dari  serangan  pada  badan  bagian  bawah  dengan cara mengangkat kedua kaki, posisi tungkai ditekuk, sikap  tubuh  dan  tangan  selalu  waspada,  diakhiri  dengan mendarat dengan kaki silang disusul dengan kedua kaki.

d) Elakan samping
Cara  melakukan  elakan  samping,  yaitu  mengelakkan  diri dari  serangan  lurus  depan  dan  atas,  dari  sikap  kangkang  memindahkan  badan  ke  samping  dengan  mengubah  sikap tungkai/kuda-kuda, sikap tubuh dan tangan selalu waspada.

Cara Melakukan Teknik Tangkisan

Selain elakan yang perlu dipelajari dalam pencak silat, tangkisan pun perlu dipelajari karena tangkisan merupakan usaha pembelaan dengan   kontak   langsung   terhadap   serangan lawan.  Kontak langsung  mempunyai  tujuan  untuk  membendung  atau  menahan  serangan dan untuk mengalihkan serangan dari lintasan.

Sikap tangkisan selalu disertai dengan sikap kuda-kuda dan posisi tubuh dengan menggunakan tangkisan satu lengan; tangkisan dua lengan; tangkisan siku; tangkisan dengan kaki. Untuk menghadapi serangan yang memiliki bentuk dan arah atau  lintasan yang bervariasi, tangkisan mempunyai variasi, antara lain, posisi tinggi atau rendah; dengan tangan terbuka atau mengepal; arah ke dalam atau ke luar.

Unsur  lain  dalam  tangkisan  yaitu  sikap  tangan  atau  kaki,  sikap kuda-kuda, dan sikap tubuh.

a) Tangkisan satu lengan
Tangkisan  satu  lengan  terdiri  atas  tangkisan  luar,  tangkisan  dalam, tangkisan atas, dan tangkisan bawah.

b) Tangkisan dengan siku
Ada beberapa jenis tangkisan siku, antara lain, tangkisan siku dalam dan tangkisan siku luar.

c) Tangkisan dua lengan
Ada  beberapa  tangkisan  dua  lengan,  antara  lain  sejajar  dua  tangan,  belah  tinggi  dan  rendah,  silang  tinggi  dan  rendah,  serta buang samping.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Cara Melakukan Teknik Pukulan, Elakan, dan Tangkisan dalam Pencak Silat. Semoga bermanfaat!☺️

0 Response to "Cara Melakukan Teknik Pukulan, Elakan, dan Tangkisan dalam Pencak Silat"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!