PERBEDAAN Negara Maju dan Negara Berkembang (LENGKAP) - INIRUMAHPINTAR.com

PERBEDAAN Negara Maju dan Negara Berkembang (LENGKAP)

INIRUMAHPINTAR - Jelaskan apa perbedaan negara maju dan negara berkembang secara lengkap? Berikut penjelasannya! Negara-negara dibagi menjadi dua kategori utama oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, yakni negara maju dan negara berkembang. Klasifikasi negara-negara didasarkan pada status ekonomi seperti PDB, GNP, pendapatan per kapita, industrialisasi, standar hidup, dll. Negara-negara maju mengacu pada negara yang berdaulat, yang ekonominya telah sangat maju dan memiliki infrastruktur teknologi yang hebat, dibandingkan ke negara lain.

Negara-negara dengan industrialisasi rendah dan indeks pembangunan manusia yang rendah disebut sebagai negara berkembang. Negara-negara maju menyediakan suasana yang bebas, sehat dan aman untuk hidup sementara negara-negara berkembang, tidak memiliki hal-hal ini.

Setelah melakukan penelitian menyeluruh pada keduanya, kami telah mengumpulkan perbedaan antara negara maju dan negara berkembang dengan mempertimbangkan berbagai parameter, dalam bentuk tabel, sebagai berikut:

Ciri-Ciri PERBEDAAN Negara Maju dan Negara Berkembang (LENGKAP)
Dasar Perbedaan Negara Maju Negara Berkembang
Definisi Negara maju adalah suatu negara yang memiliki tingkat industrialisasi dan pendapatan perorangan yang tinggi dan efektif. Negara berkembang adalah negara yang memiliki tingkat industrialisasi yang lamban dan pendapatan per kapita yang rendah.
Angka kemiskinan dan pengangguran rendahtinggi
Angka kematian, kelahiran, dan harapan hidup Angka kematian bayi, angka kematian dan angka kelahiran rendah sementara tingkat harapan hidup tinggi. Angka kematian bayi yang tinggi, tingkat kematian dan kelahiran, bersama dengan tingkat harapan hidup yang rendah.
Kondisi Kehidupan Penduduk Baik Sedang
Sumber penghasilan Kebanyakan dari sektor industri Kebanyakan dari sektor jasa
Pertumbuhan ekonomi Pertumbuhan industri tinggi Pertumbuhan ekonomi bergantung pada negara maju
Standar hidup tinggi rendah
Distribusi pendapatan setara tidak sama
Faktor produksi efektif dimanfaatkan tidak efektif dimanfaatkan
PERBEDAAN Negara Maju dan Negara Berkembang (LENGKAP)

Definisi Negara Maju

Negara-negara maju adalah negara-negara yang dikembangkan dalam hal ekonomi dan industrialisasi. Negara-negara maju juga dikenal sebagai negara-negara maju atau negara-negara dunia pertama, karena mereka adalah negara-negara mandiri.

Statistik Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memeringkat negara-negara berdasarkan perkembangan mereka. Negara yang memiliki standar hidup tinggi, PDB tinggi, kesejahteraan anak yang tinggi, perawatan kesehatan, fasilitas medis, transportasi, komunikasi dan pendidikan yang sangat baik, perumahan dan kondisi hidup yang lebih baik, kemajuan industri, infrastruktur dan teknologi, pendapatan per kapita yang lebih tinggi, peningkatan dalam harapan hidup dll dikenal sebagai Negara Berkembang. Negara-negara ini menghasilkan lebih banyak pendapatan dari sektor industri dibandingkan dengan sektor jasa karena mereka memiliki ekonomi pasca-industri.

Berikut ini adalah nama-nama beberapa negara maju: Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Norwegia, Swedia, Swiss, Amerika Serikat.

Definisi Negara Berkembang

Negara-negara yang sedang melewati tingkat awal pembangunan industri bersama dengan pendapatan per kapita yang rendah dikenal sebagai Negara Berkembang. Negara-negara ini termasuk dalam kategori negara-negara dunia ketiga. Mereka juga dikenal sebagai negara maju yang lebih rendah.

Negara-negara berkembang bergantung pada Negara-negara Maju, untuk mendukung mereka dalam membangun industri di seluruh negeri. Negara ini memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah yaitu negara tidak menikmati lingkungan yang sehat dan aman untuk hidup, Produk Domestik Bruto yang rendah, tingkat buta huruf yang tinggi, pendidikan, transportasi, komunikasi dan fasilitas medis yang buruk, hutang pemerintah yang tidak berkelanjutan, distribusi yang tidak merata pendapatan, tingkat kematian dan kelahiran yang tinggi, kekurangan gizi baik untuk ibu dan bayi yang mana angka kematian bayi yang tinggi, kondisi hidup yang buruk, tingkat pengangguran yang tinggi dan kemiskinan.

Berikut ini adalah nama-nama beberapa negara berkembang: Cina, Kolombia, India, Kenya, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, Turki.

Perbedaan Utama Antara Negara Maju dan Berkembang

Berikut ini adalah perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang

1. Negara-negara yang mandiri dan makmur dikenal sebagai Negara Maju. Negara-negara yang menghadapi awal industrialisasi disebut Negara Berkembang.

2. Negara-negara maju memiliki pendapatan per kapita yang tinggi dan PDB dibandingkan dengan Negara-negara Berkembang.

3. Di Negara maju tingkat melek huruf tinggi, tetapi di Negara Berkembang tingkat buta huruf tinggi.

4. Negara-negara maju memiliki infrastruktur yang baik dan lingkungan yang lebih baik dalam hal kesehatan dan keselamatan, yang tidak ada di Negara Berkembang.

5. Negara-negara maju menghasilkan pendapatan dari sektor industri. Sebaliknya, Negara Berkembang menghasilkan pendapatan dari sektor jasa.

6. Di negara maju, standar hidup masyarakat tinggi, yang moderat di negara berkembang.
7. Sumber daya secara efektif dan efisien digunakan di negara-negara maju. Di sisi lain, pemanfaatan sumber daya yang tepat tidak dilakukan di negara berkembang.

8. Di negara-negara maju, tingkat kelahiran dan tingkat kematian rendah, sedangkan di negara-negara berkembang kedua tingkatnya tinggi.

Kesimpulan

Perbedaan mendasar antara Negara-negara Maju dan Negara Berkembang adalah negara-negara maju sangat mandiri sementara negara berkembang baru berproses menjadi negara maju. Selanjutnya, negara-negara maju memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi dibandingkan dengan Negara-negara Berkembang.

Menurut kamu Indonesia kelak bisa menjadi negara maju atau hanya bisa bertahan menjadi negara berkembang saja?

0 Response to "PERBEDAAN Negara Maju dan Negara Berkembang (LENGKAP)"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!