Pengertian VASEKTOMI - Prosedur, Efek Samping, Pemulihan, Pengaruh - INIRUMAHPINTAR.com

Pengertian VASEKTOMI - Prosedur, Efek Samping, Pemulihan, Pengaruh

INIRUMAHPINTAR - Inilah penjelasan tentang Pengertian VASEKTOMI - Resiko dan Pengaruhnya. Vasektomi adalah bentuk kontrasepsi pria yang bersifat permanen dengan melibatkan pemotongan atau pemblokiran vas deferens, tabung yang membawa sperma dari testikel ke penis.
Sperma diperlukan untuk menyuburkan telur wanita. Dengan memotong tabung, vasektomi mencegah sperma mencapai semen.

Setelah prosedur vasektomi, seorang pria dapat berejakulasi, tetapi tidak akan ada sperma.

Vasektomi adalah cara permanen untuk mencegah kehamilan. Diperkirakan lebih dari 99 persen efektif. Kurang dari 1 dalam setiap 100 tetap bisa hamil pada tahun pertama setelah pasangannya memiliki vasektomi. Dan vasektomi dimungkinkan pada semua usia.

Prosedur, Harapan Setelah Melakukan Vasektomi

Vasektomi adalah pemutusan permanen vas deferens, yang membawa sperma dari testis ke penis.
Vasektomi adalah prosedur rawat jalan. Ini dapat dilakukan di kantor medis, rumah sakit, atau klinik, biasanya di bawah anestesi lokal.

Dokter bisa atau mungkin juga tidak menggunakan pisau bedah dalam melakukan vasektomi

Vasektomi konvensional

Jika vasektomi melibatkan pisau bedah, dokter bedah akan membuat dua sayatan kecil di kedua sisi skrotum.

Ini memungkinkan dokter bedah untuk masuk dan mengeluarkan bagian tabung yang mengangkut sperma, yang disebut vas deferens.

Tabung kemudian disegel, diikat, atau dibakar menggunakan arus listrik, dan potongan ditutup dengan jahitan.

Vasektomi tanpa skalpel

Dalam vasektomi tanpa skalpel, klem kecil menahan vas deferens, dan dokter membuat lubang kecil di kulit skrotum. Lubang terbuka untuk memungkinkan ahli bedah memotong potongan vas deferens sebelum menutupnya. Tidak ada jahitan.

Prosedur ini menjadi lebih umum karena ada risiko komplikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan teknik konvensional.

Cara terbaik adalah berbicara dengan dokter dan menentukan jenis vasektomi yang terbaik.

Sebuah sayatan vasektomi membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk dilakukan, tetapi prosedur non-scalpel biasanya lebih cepat.

Efek Samping Vasektomi

Segera setelah operasi, vasektomi dapat memiliki berbagai efek buruk (samping) pada tubuh, yakni:

  • pembengkakan
  • ketidaknyamanan ringan atau nyeri
  • darah dalam air mani
  • skrotum memar
  • pendarahan dan pembekuan di dalam skrotum


Pemulihan

Berkonsultasilah dengan dokter atau spesialis keluarga berencana untuk mengukur jenis vasektomi yang terbaik.

Prosedurnya minimal invasif, jadi kebanyakan pria tidak mengalami rasa sakit yang signifikan.

Namun, beberapa ketidaknyamanan yang membengkak dan ringan dapat bertahan selama beberapa hari setelahnya. Penggunaan kompres es dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Mungkin ada darah di air mani untuk beberapa ejakulasi pertama setelah operasi.

Para ahli kesehatan merekomendasikan menunggu setidaknya seminggu sebelum ejakulasi, untuk memungkinkan luka sembuh terlebih dahulu.

Setelah operasi, pria disarankan untuk memakai pakaian dalam yang pas, untuk mendukung skrotum. Ia juga harus menjaga area genital sebersih mungkin. Dokter juga akan menyarankan tentang prosedur membersihkan badan atau mandi secara keseluruhan.

Kebanyakan pria dapat kembali bekerja setelah 1 hingga 2 hari, tetapi mereka harus banyak beristirahat dan menghindari angkat berat selama seminggu atau lebih.

Pengaruh Vasektomi terhadap Seks?

Sekitar seminggu setelah prosedur, pasien dapat mulai melakukan hubungan seksual lagi.

Namun, jumlah sperma akan tetap positif pada awalnya. Mungkin diperlukan 15 hingga 20 ejakulasi, atau 3 bulan untuk jumlah sperma mencapai nol, sehingga pengendalian kelahiran tambahan akan diperlukan untuk beberapa waktu.

Pria harus menjalani tes jumlah sperma antara 8 dan 16 minggu setelah operasi, sebelum berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi.

Setelah dua tes air mani yang jelas, umumnya aman untuk melakukan hubungan seksual tanpa harus menggunakan kontrasepsi sekunder.

Dalam jangka panjang, vasektomi seharusnya tidak mempengaruhi hormon. Seharusnya tidak ada dampak pada libido pria, atau dorongan seksual, atau aktivitas seksual. Dan tidak ada risiko kesehatan jangka panjang.

Pendapat Penulis

Vasektomi adalah salah satu alternatif menggunakan teknologi modern yang bertujuan mengendalikan jumlah kelahiran, atau jumlah penduduk dalam skala besar. Bahasa kasarnya, vasektomi adalah cara untuk mensterilisasi atau memandulkan pria normal selamanya.

Bagi penulis, selama masih ada cara lain, vasektomi seharusnya tidak perlu dilakukan. Walaupun telah mendapat jaminan dari para ahli tentang resiko dan harapan setelah melakukan semua prosedur, sesuatu yang normal, anugrah dari Tuhan, diubah-ubah fungsinya, justru akan memiliki dampak negatif.

Ada cerita, seorang pria normal memiliki seorang istri dan 2 orang anak. Keluarga mereka bahagia. Sang suami memutuskan melakukan vasektomi, sehingga secara permanen ia tidak bakalan bisa punya anak. Ia merasa udah cukup dengan 2 orang anak saja. Suatu hari, ketika ditinggal kerja, sang istri dan 2 orang anaknya mengalami musibah kebakaran. Rumah, istri, anak-anaknya meninggal. Singkat cerita, sang suami kehilangan semuanya. Meski ia kini bisa menikah lagi, tetapi ia tidak punya harapan untuk memiliki keturunan. Generasinya terputus! Sungguh miris bukan.

Oleh karena itu, penulis menyimpulkan vasektomi bukanlah gaya hidup yang direkomendasikan. Dan saya yakin, sangat jarang lelaki normal ingin melakukannya. Bagaimana menurut Anda?

0 Response to "Pengertian VASEKTOMI - Prosedur, Efek Samping, Pemulihan, Pengaruh"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!