Apa Pengertian ODHA? Ini Penjelasannya - INIRUMAHPINTAR.com

Apa Pengertian ODHA? Ini Penjelasannya

INIRUMAHPINTAR - Apa Pengertian ODHA? Ini Penjelasannya. ODHA adalah singkatan dari Orang dengan HIV/AIDs. Dengan kata lain, ODHA adalah sebutan bagi orang-orang yang telah terjangkit penyakit HIV/AIDS. ODHA pada umumnya kurang mendapat tempat yang layak di masyarakat. Mereka dikucilkan di masyarakat atau bahkan dikecam.

Bahkan tidak sedikit ODHA dikucilkan oleh keluarganya sendiri. Mereka terpinggirkan dan seakan telah mati sebelum nyawanya berpisah dengan tubuh.

Dan memang sulit dipungkiri, respon masyarakat terhadap ODHA sangat negatif. Masyarakat menganggap adanya ODHA di lingkungan mereka membahayakan. Jangan sampai menulari keluarga mereka.

ODHA atau orang-orang yang telah terkena virus HIV/AIDS sebaiknya mendapat pendampingan dari keluarga agar mereka tidak minder, atau depresi. Lagipula, harapan hidup mereka tidak sama lagi dengan orang-orang normal pada umumnya.ODHA mestilah tetap dimanusiakan agar mereka bisa kembali bersemangat menghadapi sisa-sisa hidupnya.
Apa Pengertian ODHA? Ini Penjelasannya

Pendampingan untuk ODHA

Orang yang terinfeksi HIV membutuhkan perawatan dan dukungan dari teman, keluarga, dan komunitas mereka, terutama ketika mereka sakit.

Teman dan anggota keluarga terkadang khawatir bahwa mereka mungkin terinfeksi ketika merawat orang dengan HIV. Perlu diketahui bahwa HIV tidak dapat menular dengan menyentuh, memeluk, batuk, atau berbagi alat makan. HIV hanya dapat ditularkan:

  • dengan melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi, terutama hubungan zina.
  • melalui kontak dengan darah yang terinfeksi
  • dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya yang belum lahir atau yang baru lahir (tetapi hanya beberapa bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi terinfeksi HIV)

Mungkin bagi orang yang terinfeksi HIV untuk menjalani hidup yang panjang dan sehat. Anda dapat membantu mereka yang terinfeksi oleh:

  • menunjukkan cinta, hormat, dan dukungan
  • mengetahui fakta tentang HIV / AIDS dan berbicara secara terbuka tentang penyakit ini
  • membantu mengurangi stres dan situasi yang menekan
  • membantu menyediakan makanan yang seimbang dan bergizi
  • mendorong mereka untuk mendapatkan perawatan jika mereka sakit. Sebagian besar infeksi mudah diobati dan disembuhkan, bahkan jika seseorang positif HIV.

Mungkin ada situasi di mana Anda perlu membersihkan cairan tubuh darah seseorang yang terinfeksi HIV. Penting untuk menggunakan sarung tangan karet atau plastik atau penghalang lain seperti kantong plastik atau kain tebal untuk mencegah kontak langsung. Pastikan bahwa Anda menyiapkan ini setiap saat.

0 Response to "Apa Pengertian ODHA? Ini Penjelasannya"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!