Pengertian, Fungsi, Tujuan Pokok Sistem Komputer - INIRUMAHPINTAR.com

Pengertian, Fungsi, Tujuan Pokok Sistem Komputer

INIRUMAHPINTAR - Apa sih Fungsi dan Tujuan Pokok dari Sistem Komputer? Sistem Komputer adalah sistem komputer yang saling terhubung yang berbagi sistem penyimpanan sentral dan berbagai perangkat periferal seperti printer, pemindai, atau router. Setiap komputer yang terhubung ke sistem dapat beroperasi secara mandiri, namun memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan perangkat eksternal dan komputer lainnya.

Pengertian Sistem Komputer

Sistem komputer adalah seperangkat perangkat terintegrasi yang menginput, output, proses, dan menyimpan data dan informasi. Sistem komputer saat ini dibangun di sekitar setidaknya satu perangkat pengolah digital. Ada lima komponen perangkat keras utama dalam sistem komputer: Perangkat Input, Pengolahan, Penyimpanan, Output dan Komunikasi.
Pengertian, Fungsi, Tujuan Pokok Sistem Komputer

Penggunaan Komputer di Masyarakat

Komputer pada dasarnya digunakan untuk membuat hidup kita lebih mudah. Komputer digunakan untuk menyimpan sejumlah besar data (misalnya di perusahaan, perpustakaan sekolah atau universitas, sekolah untuk menyimpan catatan siswa), mengelola catatan keuangan (misalnya bank, perusahaan asuransi, departemen penggajian dan departemen akuntansi), melacak pembelian dan penjualan (misalnya supermarket, apotek, toko), mengakses informasi dari Internet (misalnya meneliti tugas berbasis sekolah dan untuk pengetahuan umum), berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman (misalnya obrolan di Facebook, Instant Messengers-MSN, WA, Line, Instagram, Yahoo & Hotmail, Skype), memonitor perangkat & mesin (misalnya di Pabrik Kimia, Pabrik Manufaktur) dan mencari nafkah (misalnya untuk menyediakan layanan online seperti belanja online).

Komputer banyak digunakan karena kemampuan mereka untuk mengolah data dalam jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat dengan akurasi 100% secara konsisten dan menyimpan informasi tersebut untuk penggunaan masa depan. Gambar 1 menunjukkan diagram sistem komputer dasar.

Perbedaan Komputer dan Sistem Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang menerima data (input), memanipulasi data (processing), menyimpan data yang diproses (storage) dan menampilkan hasil atau informasi (output).

Sistem Komputer mengacu pada semua perangkat keras dan perangkat lunak yang bekerja sama untuk memproses data.

Fungsi Dasar Sistem Komputer

Setiap sistem komputer dirancang untuk melakukan 4 fungsi dasar sebagai berikut:

1. Input

Input merupakan proses transfer informasi ke dalam sistem. Proses ini mungkin melalui perangkat input pengguna seperti keyboard, mouse, pemindai (scanner), dll. Bisa juga melaluit perangkat lunak seperti CD atau flashdisk/hardisk.

2. Output

Output adalah kebalikan dari input. Output adalah fungsi yang memungkinkan komputer menampilkan informasi, dari sistem, untuk pengguna. Hal ini bisa dilakukan melalui monitor (atau display grafis lainnya), printer, speaker dll.

3. Processing (Olah Data)

Di sinilah komputer benar-benar melakukan pekerjaannya yaitu memanipulasi dan mengendalikan data dari keseluruhan sistem.

4. Storage (Penyimpanan)

Sebagian besar komputer mampu menyimpan data baik sementara (dalam proses), tetapi juga jangka panjang (yaitu, secara permanen). Penyimpanan terjadi pada hard drive atau perangkat penyimpanan eksternal.

Tujuan Pokok dari Sistem Komputer

Secara mendasar, tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data dalam rangka menghasilkan sejumlah informasi melalui dukungan-dukungan berbagai elemen yang terdiri atas perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware (manusia atau operator).

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Fungsi, Tujuan Pokok Sistem Komputer. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Tujuan Pokok Sistem Komputer"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!