5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Bagi Pemula

INIRUMAHPINTAR - Memiliki keahlian berbahasa asing adalah sebuah modal penting di era globalisasi seperti saat ini. Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa lebih mudah mendapat pekerjaan yang berkelas, memperoleh beasiswa studi ke luar negeri, atau melakukan travelling keliling dunia. 

Sayangnya, proses pengajaran bahasa Inggris di Indonesia masih berstatus sebagai Foreign Language atau bahasa asing, sehingga para pelajar lulusan SMA umumnya masih terbata-bata dan kurang percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Bahkan lulusan jurusan pendidikan bahasa Inggris di perguruan tinggi sekalipun masih banyak yang belum mampu mencapai skor ideal dalam tes standar bahasa asing misalnya TOEFL, IELTS, TOEIC, dsb. 

Hal tersebut tentu sangat mencengangkan. Bagaimana mungkin bangsa ini bisa bersaing dengan negara-negara lain jika kebutuhan skill bahasa asing ini masih belum dirumuskan secara mendalam dan sistemik. 

Sebagian siswa atau mahasiswa yang ingin memperdalam kemampuan berbahasa Inggris akhirnya memilih untuk mendaftar di kursus-kursus dalam negeri atau mengikuti program pelatihan intensive (short course) di negara berbahasa Inggris seperti di Amerika, Australia, Canada, atau di Singapura.

Namun, biaya kursus bahasa Inggris cukup mahal bagi sebagian besar pembelajar. Oleh karena itu, belajar otodidak adalah satu-satunya pilihan. Lalu bagaimana memulainya? Mungkin ada di antara Anda pernah mencoba belajar sendiri tetapi gagal dan berakhir dengan kekecewaan. 

Saya pikir proses itu adalah bagian dari keberhasilan yang tertunda. Untuk itu, teman-teman yang sangat ingin belajar dan lancar ber-Bahasa Inggris, ada baiknya membaca dan mengikuti tips-tips yang saya bagikan berikut ini:

1. Tentukan dulu alasan Anda mengapa ingin belajar bahasa Inggris!

Langkah pertama yaitu temukanlah hal-hal yang memotivasi Anda ingin mempelajari bahasa Inggris. Entah itu karena ingin lancar berkomunikasi, ingin memperoleh beasiswa dan belajar di luar negeri, atau ingin lebih mudah memahami teks-teks ber-bahasa Inggris. Langkah pertama ini sangat penting dan menjadi pondasi awal menentukan langkah-langkah berikutnya.

2, Tentukan skill apa yang Anda ingin Permahir!

Setelah mengetahui alasan mempelajari bahasa Inggris, langkah selanjutnya yaitu memetakan skill yang dibutuhkan. Misalnya Anda ingin lancar berkomunikasi, berarti Anda perlu melatih dan mempermahir skill speaking dan listening Anda. Jika Anda hanya fokus untuk memahami teks berbahasa Inggris, maka cukup kuasai skill reading (grammar+vocabulary). Lain lagi jika Anda menargetkan memperoleh skor ideal pada tes TOEFL dan IELTS, perlu kerja keras menguasai seluruh skill bahasa Inggris secara komprehensif. 

3. Belajarlah bahasa Inggris secara Alami!

Belajar secara alami lebih menyenangkan dibandingkan belajar dalam nuansa kelas yang kaku. Begitupun dalam mempelajari bahasa Inggris. Apalagi bahasa itu sejatinya memang tumbuh secara alami dengan kehidupan manusia. Jadi, jika Anda mampu hidup bersama bahasa Inggris tanpa beban, maka kesempatan untuk berhasil jauh lebih besar. 

Bagaimana caranya? Sinergikan hobby Anda dengan nuansa bahasa Inggris. Jika Anda senang menonton film misalnya, biasakanlah menonton film barat, dengarkan baik-baik pengucapan aktor/aktrisnya, bacalah subtitle-nya, lalu seraplah bahasanya setahap demi setahap. Lain lagi jika Anda senang mendengarkan musik, carilah lagu-lagu berbahasa Inggris, putarlah berulang-ulang dan bandingkanlah dengan liriknya, lalu seraplah satu persatu ungkapan-ungkapan kalimat yang terkandung dalam lagu tersebut. 

4. Carilah sumber belajar yang tepat!

Saat ini, tidaklah sulit menemukan sumber belajar. Ada banyak materi bahasa Inggris yang tersedia di YouTube. Ada juga di situs-situs tutorial bahasa Asing lainnya. Berselancarlah di mesin pencari Google dan temukan yang cocok dengan kebutuhan Anda. 

5. Bergabunglah dengan komunitas Pembelajar bahasa Inggris!

Saat ini, ada banyak komunitas pembelajar bahasa Inggris siap berbagi dan berkomunikasi dengan Anda kapanpun dan dimanapun. Anda bisa melakukan video call baik berduaan maupun berkelompok. Di beberapa situs malah disediakan Online Class baik premium maupun gratis. 

Namun, jika Anda terhalang oleh jaringan Internet, jangan berkecil hati. Ajaklah teman-teman Anda yang memiliki visi misi sama untuk mempelajari bahasa Inggris. Buatlah meeting club! lalu undanglah guru atau pengajar kompeten di lingkungan Anda untuk berbagi ilmu. 

Tidak sedikit dari mereka rela tidak dibayar lho. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan tersebut! Jadikan kegiatan ini sebagai aktivitas positif yang berkesinambungan, agar skill ber-bahasa Inggris Anda berkembang pesat sembari memperkuat jalinan persahabatan dengan banyak orang. 

Demikianlah informasi tentang 5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Bagi Pemula. Jangan lupa like dan share agar banyak teman atau kenalan Anda yang juga memperoleh manfaat dari tulisan ini! Terima kasih.

0 Response to "5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak Bagi Pemula"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!