Penyebab Traffic Pengunjung Blog Turun? - INIRUMAHPINTAR.com

Penyebab Traffic Pengunjung Blog Turun?

INIRUMAHPINTAR - Apa Penyebab Traffic Pengunjung Blog Turun? Naik turunnya traffic atau lalu lintas pengunjung sebuah blog adalah hal biasa dalam dunia digital. Sama halnya dengan naik turunnya nilai CPC (Cost Per Click) atau BPK (Bayar Per Klik) iklan yang bertengger pada blog, yang juga bukan hal aneh dalam hiruk-pikuk peradaban dunia (sebut saja: alam internet). Ketika traffic naik, CPC naik, dan penghasilan melonjak, senyuman pemilik blog dan penyedia iklan pun makin lebar layaknya gurun savana. Namun, ketika traffic pengunjung menurun, CPC turun, dan penghasilan pun mengalami penurunan, muka cemberut dan keringat dingin mulai bercucuran. Itu artinya telah timbul masalah - turunnya penghasilan.

Apa Penyebab Traffic Pengunjung Blog Turun?

Tentu saja banyak faktor yang turut andil dalam fenomena ini. Sebagai contohnya blog inirumahpintar.com, yang dulunya memiliki pengunjung organik aktif puluhan ribu dalam sehari. Namun, sekarang rata-rata traffic pengunjung menurun hingga di bawah 10k hingga 5k dalam sehari. 

Mengapa itu terjadi? Sebagai penulis tunggal di blog inirumahpintar.com, saya menyimpulkan beberapa hal. 



#1 Jarang Menulis Artikel 

Saya akui semenjak masa pandemi hingga kini, rutinitas menulis di blog ini mengalami penurunan produktifitas. Selain fokus membangun blog lain yang menyita banyak waktu, saya pun semakin disibukkan dengan dunia nyata dan interaksi tatap muka tanpa perantara lagi. 

Semoga saya dapat lebih disiplin untuk merawat blog inirumahpintar.com agar dapat populer lagi dan makin bermanfaat bagi banyak orang.

#2 Kompetitor Makin Banyak

Saya juga menyadari makin menjamurnya blog-blog bertema pendidikan hingga kini. Bahkan website berita dan olahraga pun sejak masa pandemi Covid-19 ikut-ikutan mengisi beranda mereka dengan artikel pendidikan. 

Dampaknya, ruang inirumahpintar.com di search engine makin terhimpit. 

#3 Terjadinya Perubahan Indeksasi Google

Dulu ketika saya menulis di blog inirumahpintar.com dan blog-blog yang lain, proses indeksasi di halaman pencarian Google terjadi sangat cepat. Bahkan dalam hitungan detik, artikel-artikel baru dapat terindeks dan mengisi halaman pertama Google. 

Namun kini, semua itu berubah. Butuh waktu beberapa menit hingga jam, artikel baru dapat terindeks dan tampil di mesin pencarian. Hasilnya, tulisan sebagus apapun akan tenggelam oleh website ternama, terutama website berita yang telah memiliki banyak backlink dan peringkat Top 100, meskipun kualitasnya masih berimbang. 

#4 Adanya Perubahan Minat Pengunjung/Pembaca

Perkembangan teknologi semakin pesat seiring berjalannya waktu. Dulu, para pencari info mengandalkan search engine sebagai satu-satunya sumber mencari ilmu. Namun saat ini, sosial media pun telah menjadi sumber informasi yang lebih diminati, terutama oleh generasi Z dan Alpha. 

Sebut saja Tiktok dan Twitter. Kedua platform tersebut dulunya hanya sosial media biasa. Twitter berisikan twit atau tulisan pendek tentang sesuatu kejadian. Sementara itu TikTok hanya berupa video joget-joget erotis yang tidak edukatif. Namun, era berubah. TikTok dan Twitter kini telah berisikan konten-konten edukatif yang dapat diakses dengan bumbu-bumbu daya tarik musik dan interaksi dalam komentar.

Bahkan, saya melihat bahwa kehandalan YouTube dan Facebook kini telah dilampaui oleh TikTok. Hampir sama dengan Nokia yang dulunya dikenal sebagai vendor ponsel ternama, lalu pelan-pelan ditenggelamkan oleh pesaing seperti Samsung, Iphone, Oppo, Vivo, Xiaomi, dsb. 

Begitulah perubahan.

Bagaimana Menyikapi Turunnya Traffic Pengunjung?

Sebagai seorang pemikir yang senang berbagi tulisan, naik turunnya traffic pengunjung bagi saya bukanlah persoalan besar. 

Ada atau tidak adanya pengunjung bukanlah alasan untuk berhenti berbagai kebaikan melalui tulisan. 

Naiknya traffic, CPC iklan, dan total penghasilan hanyalah hadiah dari sebuah karya.

Jika nilainya turun saat ini, maka pasti ada masanya akan naik kembali.

Hanya saja, saya mesti meluangkan lebih banyak waktu untuk mempublikasikan tulisan-tulisan terbaru secara rutin lagi di blog ini. 

Yang terpenting, mensyukuri yang telah diraih, dan bersabar atas harapan yang belum tercapai disertai ikhtiar secara konsisten.

---

*Ada sebuah fenomena dari salah satu partner penyedia iklan inirumahpintar.com yang menarik untuk diangkat dalam tulisan berikutnya. Namun, semua bergantung pada angka-angka di akhir bulan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!