Perkembangan Ansambel Musik Sekolah dan Hubungannya dengan Pendidikan Sekolah - INIRUMAHPINTAR.com

Perkembangan Ansambel Musik Sekolah dan Hubungannya dengan Pendidikan Sekolah

INIRUMAHPINTAR.COM - Ansambel adalah sekelompok orang yang bermain musik bersama-sama. Ansambel terbagi menjadi dua jenis, yakni ansambel sejenis dan gabungan. Ansambel sejenis yaitu ansambel yang memainkan satu jenis alat musik. Ansambel gabungan adalah ansambel yang memainkan beragam alat musik.




Perkembangan Ansambel Musik Sekolah

Di lingkup sekolah, ansambel musik dapat terbentuk sebagai bagian dari program ekskul atau program khusus yang memang disiapkan oleh guru seni budaya. 

Dalam perkembangannya, ansambel musik yang ada di sekolah memiliki ciri khas bergantung format kelompok musik yang dibentuk.

Di pesantren, ansambel musik dapat berupa grup musik gambus, nasyid, atau grup musik Islami lainnya.



Sementara, di lingkup sekolah umum, biasanya ansambel dapat berupa grup band, grup musik mix tradisional, grup musik modern, atau grup instrumental yang memadukan alat musik modern dan tradisional.

Yang paling populer adalah ansambel berupa grup drum band. Banyak sekolah menjadikan kegiatan ekskul ini sebagai aktivitas andalan yang dapat menarik minat siswa dalam berkreasi.

Hubungan Ansambel Musik dengan Pendidikan Sekolah

Keberadaan Ansambel musik dalam pendidikan sekolah dapat bernilai positif.

Ansambel musik dapat menjadi ruang kreasi seni bagi anak-anak yang memiliki bakat di bidang musik.

Selain itu, ansambel musik di lingkup sekolah juga dapat menjadi wadah untuk melatih kekompakan dan kerja sama untuk menghasilkan karya yang baik.

Hal tersebut sejalan dengan tujuan pendidikan di sekolah yakni menciptakan generasi yang kreatif dan mandiri. 

Apalagi di zaman seperti sekarang, industri kreatif semakin berkembang. Sehingga membutuhkan orang-orang yang punya inovasi dalam berkarya termasuk di bidang musik.

Coba kalian perhatikan ansambel musik sekolah yang berhasil sukses di dunia konten kreator - YouTube, putih abu-abu, mereka berhasil mendapatkan tempat berkarya yang dapat ditonton banyak orang sekaligus menjadi sumber penghasilan yang fantastis. 

Begitulah pentingnya sebuah proses di lingkup sekolah, seperti dengan menghadirkan pembinaan ansambel musik yang benar-benar terencana.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!