Mana Terbaik, Menjadi Blogger atau YouTuber? - INIRUMAHPINTAR.com

Mana Terbaik, Menjadi Blogger atau YouTuber?

INIRUMAHPINTAR.COM - Apakabar sahabat? Semoga di bulan Ramadhan ini, puasa kalian tetap lancar meski kita masih diselimuti rasa was-was karena pandemi Corona. Oia, sahabat, di kesempatan ini saya ingin bahas tentang blog dan youTube. Adakah di antara kalian yang baru mendengar dua hal ini? Atau ada yang telah mencoba-coba memulainya? Atau sudah memulai tetapi hingga saat ini belum juga mendapatkan hasil terbaik?

Nah, mari kita bahas ini sama-sama.

Mengapa orang mau menjadi Blogger atau YouTuber?

Pertama, mari kita bedah dulu tentang dua hal ini. Mengapa orang mau menjadi Blogger atau YouTuber? Niat paling utama tentu saja adalah mencari penghasilan. Tidak bisa dipungkiri, kita memang butuh uang, bukan. Dan melalui dua platform ini, kita bisa hidup meski bekerja dengan cara tidak konvensional layaknya kerja di perusahaan sebagai karyawan atau di kantoran sebagai pegawai pemerintah.

Namun, selain mengejar pundi-pundi dollar, niat lainnya adalah mengejar passion dan menjalani hidup sesuai hobby. Orang-orang seperti inilah yang disebut-sebut punya peluang besar bertahan di dunia blog atau YouTube karena mereka berkarya bukan semata-mata karena uang, tetapi memang karena kebahagiaannya ada di dua platform itu, yakni berbagi kebaikan melalui konten.

Terus, apa perbedaan menjadi Blogger atau YouTuber?

Blogger dan YouTuber adalah sama-sama content creator, tetapi blogger fokus untuk konten berbentuk tulisan yang dipublish melalui blog atau web sendiri sedangkan youtuber fokus untuk menghasilkan konten video yang dipublish melalui platform youTube. 

Jika kalian sering mencari informasi melalui pencarian google dengan mengetikkan beberapa kata, lalu membuka link yang ditampilkan halaman google, itu namanya blog atau web. Contoh yang paling simpel adalah ketika kalian pernah membuka link berita seperti detik.com, tribunnews.com, kompas.com, inirumahpintar.com, dsb. Maka itulah yang dinamakan website atau blog. Platform ini bisa dinikmati dalam bentuk sajian tulisan. 

Berbeda jika kalian membuka YouTube.com dan mencari video-video yang kalian sukai. Platform ini khusus untuk konten video yang bisa kalian nikmati secara audio visual. 

Lalu, mana terbaik, menjadi blogger atau YouTuber?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya sih menyarankan kalian untuk menentukan dulu passion dan skill kalian. 

Jika kamu suka menulis atau menghasilkan karya berupa tulisan, saya merekomendasikan untuk mendalami dunia blog. Namun, jika kamu lebih suka membuat karya berupa video, saya sarankan kamu berjuang di dunia youtube. 

Bagaimana jika tidak memiliki skill?

Mudah bro, asalkan kamu bukan tipe orang pemalas, semua masih possible. Skill itu bisa dipelajari. Semua telah tersedia di Google. Tinggal cari apa yang kamu butuhkan. 

Intinya, menjadi seorang blogger atau youtuber itu butuh mental baja dan keuletan. Jika kamu mudah menyerah dan ingin hasil instan tanpa rela melalui prosesnya maka lebih baik hentikan niatan kamu menjadi blogger atau youtuber sukses.

Bagaimana menghasilkan uang melalui blog atau youtube?

Setelah kamu memiliki blog dengan domain premium (misalnya dot com, atau dot.co.id, dsb) dengan jumlah tulisan karya sendiri (bukan duplikat) yang memadai, minimal 10 tulisan, silahkan daftarkan ke google adsense sebagai partner ketiga yang memungkinkan blogmu dipasangi iklan. Melalui iklan inilah, blog kamu punya penghasilan.

Begitupun dengan youtube. Setelah memiliki channel youtube dan video-video karya sendiri yang baik. Terus kembangkan channelmu hingga memenuhi syarat monetisasi, yakni mencapai minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. 

Intinya, jika kamu ingin hidup melalui blog atau youtube, teruslah belajar dan gali potensi dirimu. 

Mulailah dari nol dan segera mulai, karena hanya dengan memulai kamu akan tau apa yang kurang dalam dirimu. Tidak ada yang tidak mungkin asal kamu mau terus mencoba.

____
Jika kamu masih pertanyaan yang belum jelas, silahkan komen di bawah ini ya! Insya Allah akan saya bantu jawab semampu saya, guys. Tentunya sesuai pengalaman saya selama menggeluti dunia blog dan youtube. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!