Pengertian Ginjal, Anatomi Ginjal, Struktur, Fungsinya - INIRUMAHPINTAR.com

Pengertian Ginjal, Anatomi Ginjal, Struktur, Fungsinya

INIRUMAHPINTAR - Kali ini kita akan menjelaskan materi biologi tentang Pengertian Ginjal, Anatomi Ginjal, Struktur, Fungsinya secara lengkap. Materi ini tentu saja sangat penting bukan hanya bagi pelajar tapi juga buat semua orang yang ingin menambah wawasan tentang ginjal.

Tentu kita udah tahu bahwa ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting dalam metabolisme manusia. Namun, untuk memahami pengertian, anatomi, struktur, dan fungsi ginjal secara detail tentu kita butuh referensi yang lebih lengkap. Nah, itulah yang mendasari mengapa saya ingin membahas materi ini dengan menyimpulkan sejumlah bacaan tentang ilmu biologi. Yuk, mari kita simak secara tuntas penjelasannya!

Pengertian Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh penting manusia yang berada pada dinding posterior abdomen, yakni di daerah lumbal, di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, dibungkus lapisan lemak yang tebal, di belakang peritoneum, dan sebab itu di luar rongga peritoneum.

Kedudukan ginjal dapat diperkirakan dari belakang, mulai dari ketinggian vertebrata torakalis terakhir sampai vertebrata lumbalis ketiga. Ginjal kanan sedikit lebih rendah dari kiri, karena hati menduduki ruang banyak di sebelah kanan.

Setiap ginjal panjangnya 6 sampai 7 setengah cm, dan tebalnya 1 setengah sampai 2 setengah cm. Pada orang dewasa beratnya kira-kira 140 gr.

Bentuk ginjal seperti biji kacang dan sisi dalamnya atau hilum menghadap ke tulang punggung. Sisi luarnya cembung. Pembuluh-pembuluh ginjal semuanya masuk dan keluar pada hilum. Di atas setiap ginjal menjulang sebuah kelenjar suprarenal. Ginjal kanan lebih pendek dan lebih tebal dari yang kiri.

Anatomi Ginjal Manusia 

Secara singkat, anatomi ginjal tersusun dari 3 bagian utama, yakni:

1. Korteks atau bagian kulit

Di bagian korteks ini :
  • terdapat jaring-jaring pembuluh darah, aferen atau pembuluh darah masuk, dan eferen atau pembuluh darah keluar
  • berisi badan Malpighi, yang tersusun dari kapsula bowman dan glomerulus
  • adalah tempat berlangsungnya proses inti penyaringan darah

2. Medula atau bagian dalam

Medulla biasa juga disebut sumsum ginjal yang merupakan tempat dari tubulus ginjal.

3. Pelvis renis atau rongga ginjal


Pelvis renalis ini adalah rongga yang berfungsi sebagai tempat penampung urine ginjal

Deskripsi tentang anatomi ginjal lebih lengkap dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

inirumahpintar - Pengertian Ginjal, Anatomi Ginjal, Struktur, Fungsinya

Struktur Ginjal

Setiap ginjal dilingkupi kapsul tipis dari jaringan fibrus yang rapat membungkusnya, dan membentuk pembungkus yang halus. Di dalamnya terdapat struktur-struktur ginjal. Warnanya ungu tua dan terdiri atas bagian kortex di sebelah luar, dan bagian medula di sebelah dalam. Bagian medula ini tersusun atas lima belas sampai enam belas massa berbentuk piramid, yang disebut piramis ginjal. Puncak-puncaknya langsung mengarah ke hilum dan berakhir di kalises. Kalises ini menghubungkannya dengan pelvis ginjal.

Fungsi Ginjal

Fungsi utama ginjal adalah sebagai alat penyaring darah atau merupakan bagian organ tubuh manusia yang berperan dalam sistem eksresi atau pengeluaran zat sisa metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh. Singkatnya, proses penyaringan darah yang berlangsung di ginjal inilah yang membentuk hadirnya urine atau air kencing. 

Secara umum, fungsi ginjal ada 3, yaitu:

1. Mengendalikan komposisi cairan tubuh
2. Menyaring darah agar tetap bersih
3. Membentuk urine atau air seni hasil sisa metabolisme untuk dikeluarkan dari tubuh

Penjelasan tambahan tentang fungsi ginjal:

Pada pria, ginjal merupakan sumber energi vital sistem reproduksi sedangkan pada wanita ginjal merupakan energi vital memelihara rahim. Jadi, sebenanya ginjal adalah pondasi energi dan kekuatan manusia. Makanan dan minuman yang diolah oleh lambung dan dibantu organ pasangan limpa diangkut ke paru-paru dan disebarkan ke seluruh tubuh dan sisanya disimpan di ginjal.

Ginjal punya kuasa atas tulang. sumsum tulang mempunyai hubungan dengan otak. Otak adalah samudra sumsum tulang. Dengan demikian. otak di bawah pengaruh ginjal. Jika ginjal berfungsi dengan baik, sumsum dan otak akan menjadi baik juga. Begitu pula sebaliknya, melernahnya fungsi ginjal menyebabkan sering terjadinya sakit kepala atau pusing, cepat lupa, dan daya kerja otak menurun.

Fungsi utama ginjal yang lain adalah yang berhuhungan dengan masalah kegiatan dan kekuatan kerja seseorang dan juga erat hubungannya dengan masalah kecerdasan. Ginjal penentu kegiatan seseorang dalam arti loyo atau semangat. Ginjal juga punya andil terhadap tulang, sumsum tulang, & otak. 

Vitalitas, kesegaran, kelincahan gerak, semangat, & kuatnya tulang menunjukkan penuh atau cukup tidaknya energi vital yang terkandung. Bila energi vital kurang cukup, orang akan menjadi penakut, bahkan ketakutan tersebut dapat berakibat melukai ginjal. Ginjal juga berhubungan dengan dunia luar melalui telinga. Jika ginjal sehat, telinga akan bagus fungsi pendengarannya. 

Hubungan dengan dunia luar juga melalui anus dan alat kelamin. Bilang ginjal mengalami masalah efek lainnya adalah akan terjadi konstipasi (sembelit), perut kembung atau dapat terjadi impotensi (hubungan ginjal dengan alat kelamin). 

Tumbuh dan berkcmbangnya rambut juga merupakan tanggung jawab dari ginjal. Dalam literatur klasik bahkan diungkapkan tentang fungsi dan pengaruh ginjal terhadap kondisi jiwa raga seseorang. Itulah mengapa, ginjal bisa dikatakan sebagai salah satu sumber kekuatan hidup  (sumange'na)  manusia.

Ginjal Bagi Wanita

Pada usia 7 tahun energi vital ginjal mulai menjadi kuat, rambut mulai panjang. gigi-gigi mulai pergantian. Usia 2 x 7 tahun, energi vital ginjal mencapai kekuatan yang cukup sehingga datanglah masa haid (periode menstruasi). Usia 3 x 7 tahun organ ginjal tclah mencapai kekuatan yang penuh.
gigi lengkap dan kuat, dan tubuh berkembang maksimal. 

Usia 4 x 7 tahun rambut tumbuh sepanjang-panjangnya dan tubuh berkembang sebaik dan seindah mungkin. Usia 5 x 7 tahun rambut mulai rontok, badan mulai kehilangan kebasahannya. Jadi mulai mengering dan muncul keriput kecil. Usia 6 x 7 tahun wajah mulai mengkerut dan rambut memutih. Usia 7 x 7 tahun fungsi ginjal mulai habis, jarang datang haid, alat kelamin tidak mendapatkan pemeliharaan sehingga tidak dapat membuahkan atau melahirkan lagi.


Ginjal Bagi pria

Ginjal mulai menjadi kuat pada usia 8 tahun dan terjadilah pergantian gigi. Usia 2 x 8 tahun organ ginjal berkembang dan mencapai kekuatan penuh. Pada saat ini pria dapat mengalami ejakulasi pertama atau keluar sperma (biasanya melalui mimpi yang biasa disebut mimpi basah). Usia 3 x 8 tahun dalam keadaan sangat imbang, jaringan olot menguat maksimal dan membentuk badan menjadi kekar dan kuat. 

Usia 4 x 8 tahun otot-otot dan tulang tetap membaik dan dalam keadaan penuh, begitu pula daging menjadi gempal. Usia 5 x 8 tahun kerja ginjal mulai menurun, rambut mulai rontok, dan gigi mulai rusak. 

Usia 6 x 8 tahun kejantanan mulai melemah, wajah mulai mengkerut, dan rambut mulai memutih. Usia 7 x 8 tahun fungsi organ mulai menurun, otot-otot kehilangan ketangkasannya dan sperma tidak begitu kuat pancarannya, kemampuan fungsi ginjal menurun dan berakibat fisik juga berkurang kekuatannya. Usia 8 x 8 tahun, rambut dan gigi dapat rontok semua, dan kekuatan membuahi
pun menurun atau menjadi tidak mudah lagi.

Proses kerja atau pembentukan urine

1. Filtrasi atau penyaringan

Proses penyaringan darah terjadi pada glomerulus yang menghasilkan urine primer

2. Reabsorbsi atau penyerapan kembali

Penyerapan kembali zat-zat yang masih bermanfaat pada urine primer yang terjadi pada tubulus ginjal dan mengeluarkan urine sekunder.

3. Augmentasi

Augmentasi adalah proses penambahan zat-zat yang tidak bermanfaat pada tubulus distal dan menghasilkan urine primer.

Setelah proses ini, urine atau air kencing dikeluarkan dari ginjal melalui ureter menuju kandung kemih atau vesica urinaria untuk ditampung sementara sebelum dikeluarkan melalui uretra. 

Urine atau air seni yang normal mengandung air, mineral, dan ammonia. Warna kuning urine berasal dari warna empedu yang ikut dikeluarkan bersama feses dan urine. 

----

Nah, demikianlah penjelasan lengkap tentang Pengertian Ginjal, Anatomi Ginjal, Struktur, Fungsinya. Semoga bermanfaat ya sobat inirumahpintar-ku.

0 Response to "Pengertian Ginjal, Anatomi Ginjal, Struktur, Fungsinya"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!