5 Cara / Resolusi Finansial Menjaga Keuangan di 2020, Buktikan! - INIRUMAHPINTAR.com

5 Cara / Resolusi Finansial Menjaga Keuangan di 2020, Buktikan!

INIRUMAHPINTAR - Ada apa di tahun 2020? Ada banyak ahli yang memprediksi bahwa tahun 2020 adalah tahun paling berat dalam menjaga keuangan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menyiapkan resolusi finansial terbaik berdasarkan nurani dan akal sehat Anda. Melalui tulisan ini, silahkan berimajinasi dan berpikir kritis bagaimana membuktikan dan mewujudkan cara-cara pilihan versi inirumahpintar.com dalam menjaga keuangan Anda di tahun 2020 agar tetap stabil dan mentereng.

Yuk, langsung simak tips-tipsnya berikut ini:

1. Stop Utang

Yang pertama harus Anda lakukan agar bisa selamat dari kesulitan keuangan di tahun 2020 adalah berhenti untuk menambah utang, entah itu utang kecil-kecilan di warung atau utang ber-angka besar dari bank atau institusi keuangan sejenis seperti koperasi simpan pinjam atau perusahaan pembiayaan.

Cara ini akan menyelamatkan Anda dari kejamnya tagihan utang yang diprediksi akan semakin mencekik dimana nilai mata uang semakin rendah, sedangkan bunga utang makin naik. Apalagi jika sumber penghasilan Anda masih tetap stagnan alias tanpa ada kemajuan signifikan.

2. Lunasi Utang Sebelumnya

Setelah berhenti tutup lubang gali lubang, jangan lupa untuk berjuang melunasi utang secepat mungkin. Kalau bisa, jadikan tahun 2020 sebagai masa deadline untuk melunasi segala bentuk utang yang Anda miliki. Bekerjalah lebih giat, berusahalah lebih rajin, dan berdoalah lebih khusyuk agar jalan keluar untuk melunasi utang Anda terbuka lebar.

Cara ini akan meringankan beban keuangan Anda bersama keluarga sekaligus menjadi gerbang resolusi keuangan terbaik sebelum Anda membangun pondasi finansial yang kuat.

3. Fokus Kebutuhan Bukan Keinginan

Cara selanjutnya adalah dengan memilah-milah antara kebutuhan dan keinginan. Pandai-pandailah untuk menentukan yang mana benar-benar kebutuhan Anda dan yang mana hanya sekedar keinginan semata. Saran saya, fokuslah untuk memenuhi segala kebutuhan, terutama kebutuhan primer, jauhi keinginan dan nafsu gengsi Anda, kecuali Anda punya uang lebih.

Tahun 2020 diprediksi beban hidup makin berat. Pertama karena pemerintah Indonesia di rezim kedua pak Jokowi mulai menerapkan sistem tagihan wajib baik melalui tagihan listrik, pajak dan paket BPJS yang angkanya akan sangat terasa terhitung mulai Januari 2020. Kedua, sumber penghasilan diprediksi akan tetap stagnan, kecuali Anda mampu bersaing di bisnis kreatif. Ketiga, nilai mata uang Rupiah akan semakin turun dan tercekik mata uang asing.

Jadi, kembali ke resolusi awal, fokuslah memenuhi kebutuhan, bukan keinginan agar Anda bisa menjaga keuangan tetap stabil.

4. Mulailah Bisnis Kreatif

Bisnis paling menjanjikan di tahun 2020 adalah bisnis kreatif dimana setiap kreativitas akan dihargai pantas. Apa itu bisnis kreatif? Bisnis yang tidak lagi menggunakan cara-cara biasa. Contoh jualan pisang goreng! Itu belum bisa dikatakan bisnis kreatif karena semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Akan berbeda ketika Anda mencoba menjual pisang goreng dengan kemasan, toping, atau pelayanan berbeda. Itulah kreativitas. Dan dengan cara inilah, bisnis akan tetap bertahan dan maju.

Bisnis kreatif di dunia entertainment juga diprediksi makin memuncak. Bagi Anda yang punya bakat di bidang ini, silahkan mengeksplor diri menjadi seorang content creator di YouTube, atau di medsos seperti Instagram atau facebook.

Intinya adalah semakin kreatif Anda maka semakin besar peluang Anda untuk berkiprah di bisnis ini. Itu artinya Anda akan punya resolusi finansial dalam menjaga keuangan tetap sehat di tahun 2020

5. Mulai melirik kembalinya Dinar dan Dirham

Banyak orang yang belum tahu, jika mata uang paling stabil sejak zaman dulu hingga zaman sekarang hanyalah ada pada Dinar (emas) atau Dirham (perak). Dinar dan dirham tidak terpengaruh nilai tukar dengan mata uang asing seperti kedudukan uang kertas masa kini. Oleh karena itu, andai saja pemerintah mau mendukung kembalinya Dinar dan Dirham dalam proses jual beli di negeri kita Indonesia, maka dalam waktu cepat, ekonomi bangsa akan tumbuh pesat dan sangat pesat. Bagaimana tidak, potensi SDA Indonesia tentu akan bernilai sangat mahal jika dinilai dengan Dinar dan Dirham, berbeda jika diukur dengan dollar atau mata uang berbentuk kertas.

inirumahpintar.com - 5 Cara / Resolusi Finansial Menjaga Keuangan di 2020, Buktikan! 

Setidak-tidaknya, sebagai masyarakat awam, mari kita mulai dengan melirik tempat-tempat tertentu yang sudah mulai menerapkan sistem muamalah menggunakan Dinar dan Dirham ini. Potensi ini insya Allah akan menghadirkan resolusi finansial menjaga keuangan terbaik di tahun 2020. Asal kita sepakat dan pemerintah mufakat mendukung, Indonesia akan makin kuat.

___

Nah, begitulah pembahasan tentang 5 Cara / Resolusi Finansial Menjaga Keuangan di 2020 yang tinggal menunggu waktu untuk diwujudkan dan dibuktikan? Bagaimana? Anda siap? Mari kita mulai...

0 Response to "5 Cara / Resolusi Finansial Menjaga Keuangan di 2020, Buktikan! "

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!