Apa Arti Tuman yang Viral Itu? Ini Penjelasannya - INIRUMAHPINTAR.com

Apa Arti Tuman yang Viral Itu? Ini Penjelasannya

INIRUMAHPINTAR - Apa sih arti Tuman itu? Apa ya kira-kira? Mengapa banyak orang ingin mencari tau artinya. Ternyata kata "Tuman" atau tagar "Tuman" adalah sebuah istilah yang baru saja viral atau mungkin diviralkan ke permukaan khalayak ramai. Kata tersebut seringkali dihadirkan dalam meme kocak di media sosial. Usut punya usut ternyata kata "tuman" bukanlah kata baru dalam kancah kosakata bahasa Indonesia. Bahkan kata "tuman" ini pun ada dalam bahasa Jawa. Lalu, apa artinya? Yuk, kita bedah secara tuntas.

Arti Tuman dalam kamus Bahasa Indonesia

1. tuman
memiliki arti sama dengan kata "toman".

2. tuman
a (artinya kata tersebut adalah kata sifat) yang berarti menjadi biasa (gemar, suka, & sebagainya) setelah merasai enaknya, senangnya, & sebagainya.

Contoh kalimat: Agar tidak "tuman" berbuat begitu, hajarlah ia jika kau dapati sedang berkata toxic dan kurang sopan.

Arti Tuman dalam Bahasa Sunda

Dalam Kamus Bahasa Sunda yang ditulis R. Hardjadibrata, Tuman berartri sesuatu yang dikenal, familiar, & jadi kebiasaan".

Arti Tuman dalam Bahasa Jawa

Selanjutnyaa menurut kamus Bahasa Jawa karya W.J.S. Poerwadarminta  Tuman berarti terbiasa, selalu senang akan, ingin mengulangi lagi (karena telah merasakan enaknya).

Arti Persepsi Lain

Tuman dalam penggunaannya sering mengundang gelak tawa atau kocak. Meme yang viral karena kata tuman pun dicari-cari arti pasnya. Makanya, tidak sedikit netizen mengartikan tuman dengan persepsinya. Salah satunya tuman diartikan "tuh makan!!!"

Dalam bahasa daerah tertentu, tuman ternyata juga sebutan bagi orang yang kutuan, atau punya banyak kutu.

Arti Singkat dari Tuman

Menurut penulis, setelah menganalisa sejumlah meme, kata "tuman" dapat diartikan "kebiasaan". Pemaknaan itu sangat pas jika disubtitusikan dengan kata"tuman" dalam berbagai meme yang viral baru-baru ini. Nih, contohnya:


Nah, itulah tadi berbagai versi arti "Tuman" yang berhasil dihimpun oleh redaksi INIRUMAHPINTAR. Bagamana menurut kamu, guys?

0 Response to "Apa Arti Tuman yang Viral Itu? Ini Penjelasannya"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!