Arti dan Makna Terkandung dari Lagu Lose You to Love Me - INIRUMAHPINTAR.com

Arti dan Makna Terkandung dari Lagu Lose You to Love Me

INIRUMAHPINTAR - Halo sahabat pintar, apa kabar semuanya? Sudah lama kita tidak bersua lagi. Nah, di kesempatan kali ini, saya akan mengajak sahabat semuanya untuk menelusuri arti dan makna yang terkandung dalam lirik lagu Lose You to Love Me, yang dipopulerkan oleh Selena Gomez. Namun, sebelum mengutarakan sudut pandang tentang lirik lagu ini, saya akan membeberkan alasan  mengapa lagu ini terpilih sebagai objek pengamatan. Usut punya usut, ternyata saya kepincut pamor lagu Lose You to Love Me di trending YouTube. Entah mengapa, lagu ini begitu memikat netizen, kaum millenial, dan para penikmat lagu. Ada apa? Nah, itulah yang mendasari hati kecilku untuk mengungkap fenomena ini setajam-tajamnya dalam torehan penaku kali ini.

#1 Menggali Arti Lirik Lagu Lose You to Love Me

Di tahapan ini, tidak terlalu sulit untuk menemukan terjemahan dan arti dari lirik lagu Lose You to Love Me. Saya searching di Google dan menemukan sejumlah versi terjemahan. Karena alasan itu, makanya saya tidak lagi terlalu tertarik untuk menulis ulang terjemahan itu. Nanti malah dianggap plagiat.

Jadi, singkat cerita, jika kalian belum tahu arti dari lagu Lose You to Love Me dalam bahasa Indonesia, searching aja deh. Banyak kok hasilnya.

Dan karena itu, kita skip ajah proses translation ini ke tahap berikutnya.

#2 Menggali dan Menganalisis Makna dari Lagu Lose You to Love Me


Judul

Saya mulai dari judul ya. Lose You to Love Me adalah judul yang cukup tricky sebagai judul lagu. Mengapa demikian? Pertama, karena judul tersebut jika diartikan biasa maknanya jadi aneh. Lose artinya kehilangan, You artinya kamu, to Love artinya untuk mencintai, Me artinya diriku. Jika diterjemahkan biasa maka susunannya adalah kehilanganmu untuk mencintai diriku. Kedua, judul ini mengandung tanda tanya, mengapa harus kehilanganmu untuk bisa mencintai diriku sendiri? mengapa bukan judul "kehilangan dia untuk mencintaimu", jika di-bahasaInggris-kan menjadi "Lose Him to Love You".

Yah, bagi otak Indonesia, terutama yang agak lemot, udah sih, kelar, judul ini bikin mumet bin penasaran. Namun, bagi orang bule, atau native speakers, memahami makna judul ini tentu tidak sesulit kita-kita orang Indonesia, sebagian orang Indonesia maksudnya. hehehe

Terus, apa makna judul ini apa sebenarnya?

Lose You to Love Me ternyata didahului kata I needed to lose you to love me, yang artinya saya perlu kehilanganmu untuk mencintai diriku. Maknanya adalah, sang pencipta lagu merasa bahwa dirinya justru kehilangan jati diri ketika bersama sang pujaan hati sehingga ia perlu melepas kepergian sang doi untuk bisa menemukan jati diri dan menyayangi dirinya sendiri.

Bisa jadi ketika ia bersama kekasihnya, ia malah terpuruk, hidupnya hancur, ia ikut-ikutan melakukan hal yang tidak seharusnya. Namun, ketika ia ikhlas melepaskan sang doi, pelan-pelan ia bisa merangkul dirinya, menyayangi hidupnya, dan lebih plong menghadapi gerbang masa depan dan hidup yang lebih baru.

WOW...ternyata makna judul lagu Lose You  to Love Me ini ajah mengandung makna filosofis yang mendalam. Saya belum membahas isi liriknya secara full loh. ckckckkck.

Lirik

Nah, sebagaimana opening dari artikel ini yang mendeskripsikan sudah adanya sejumlah terjemahan lirik lagu Lose You to Love Me, makanya saya tidak akan menulis ulang lagi semuanya. Saya hanya akan memilih bagian-bagian lirik yang menarik untuk diungkap terus saya paparkan sudut pandang pujangga dan filosofisnya. OK!!

You pr0m1sed the w0rld and I fell f0r it
I put y0u first and y0u adored it
Lirik di atas adalah sentuhan pertama yang begitu mengesankan. Selena Gomez seakan memberikan pesan tersembunyi bahwa ia telah tenggelam dengan janji-janji manis sang doi di masa silam. Ia bisa dibilang telah menuhankan doi-nya dan lupa segalanya.

L0se Y0u to L0ve MeSang 0ff-key in my ch0rus
'Cause it wasn't y0urs
I saw the signs and I ign0red it
Selanjutnya, di lirik di atas Selena tampak begitu terpukau dan semakin tenggelam dalam kisah asmaranya. Parahnya, ia mengabaikan dan membiarkan kesalahan-kesalahan terus terjadi. Sang doi seakan diberi hak sebebas-bebasnya untuk berbuat suka-suka hati, meski itu tak sejalan dengan prinsip sendiri, demi keutuhan kisah cinta bersama. Selena merelakan itu terjadi, tuk buat sang doi bahagia. Bahagia yang ternyata fana, karena ia berurai air mata di dalamnya. Meski tak terlihat.

You got off on the hurtin'
When it wasn't yours, yeah
We'd always go into it blindly

Lanjutan penggalan lirik di atas semakin mengungkap apa yang terjadi. Selena menyadari bahwa sang doi seringkali menyakiti apa yang ia tidak miliki, kemungkinan yang dimaksud adalah menyakiti hatinya, atau melakukan hal senonoh atau perlakuan berlebihan terhadap dirinya, padahal belum waktunya itu terjadi. Bodohnya, Selena dan sang doi justru kerap melakukan kesalahan besar itu, meski telah tau itu adalah kesalahan...aneh juga yaa! mungkin karena nafsu cinta dan api asmara kali ya! hehehe

I needed to lose you to find me
I needed to hate you to love me
I needed to lose you to love me

Nah, inti lagunya ada di penggalan lirik di atas. Selena menyadari meski terlambat bahwa ia butuh untuk kehilangan sang doi, ia butuh untuk membenci sang doi, hingga kehilangan sang doi sama sekali agar ia mampu untuk menemukan jati diri dan menyayangi dirinya sendiri.

Dengan kata lain, ia mesti merelakan untuk melepaskan seseorang yang begitu ia cintai demi memiliki hidup yang lebih baik, memulai dari awal demi menumbuhkan serta memekarkan kembali bunga kehidupannya yang layu dan hampir mengering karena dibutakan oleh cinta, tepatnya cinta palsu, atau cinta sebelum waktunya. Karena cinta terbaik yang diridhoi Tuhan itu adalah cinta setelah adanya akad nikah.

#Kesimpulan

Berdasarkan analisis singkat pada lirik lagu Lose You to Love Me, yang dinyanyikan Selena Gomez, saya menemukan sejumlah catatan.

Pertama, lagu Lose You to Love Me adalah lagu bukan sembarang lagu. Selain aransemennya begitu wow, makna terkandung dan story di balik lagu tersebut mengundang banyak mata dan telinga tuk menikmati. Sehingga tidak salah, pada saat penulisan artikel ini, lagu Lose You to Love Me masih saja bertengger pada tangga trending 1 di YouTube untuk genre musik.

Kedua, pesan lagu ini adalah jangan biarkan dirimu terjatuh dalam dunia bucin (budak cinta) sebelum waktunya apalagi berbuat di luar batas normal sehingga menyebabkan kehormatan dan harga dirimu hancur lebur. Karena jika itu terjadi, semangat hidupmu akan mengurai menjadi keping-keping penyesalan tiada tara, mungkin sampai melemahkan mental dan akal sehat.

Jadi, sebelum hal buruk terjadi, no bucin before marriage, terlebih-lebih jika kamu seorang muslimah, sangat wajib menjaga kehormatan sebelum dipersunting lelaki pujaanmu. Jangan berikan permatamu pada lelaki manapun, meski ia mengaku mencintai, sebelum ia menghalalkan dirimu. Islam telah mengaturnya, agar hidup lebih indah, bercinta dapat pahala, hidup berkah dibawah naungan ridho dan kasih sayang-Nya. 

0 Response to "Arti dan Makna Terkandung dari Lagu Lose You to Love Me"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!