Puisi Renungan Semangat Hidup - ITU KESALAHAN - INIRUMAHPINTAR.com

Puisi Renungan Semangat Hidup - ITU KESALAHAN

INIRUMAHPINTAR - Pernah kamu merasa tidak bahagia? Saya yakin pernah. Untuk itu, INIRUMAHPINTAR ingin mengajak kalian untuk merenungi kata-kata di bawah ini. Siapa tau, ada ocehan-ocehan yang tepat kena dengan kehidupanmu. Yah, bukan untuk menyinggung atau mendesakmu berubah. Tapi, silahkan baca saja tulisan ini gak jelas tapi bermakna ini. Semoga engkau mengerti dan mau meluangkan waktu untuk membacanya. Siapa tau menjadi awal dirimu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Yuk, inilah persembahan INIRUMAHPINTAR.

Puisi Renungan Semangat Hidup - ITU KESALAHAN
Karya: AY Ryuki


Hey kamu,
Jika kamu pernah tersakiti lalu kamu putus asa dan tidak mau bangkit lagi. Itu kesalahan.

Jika kamu pernah dikhianati, apalagi oleh kawan sendiri, lalu kamu berlarut-larut dalam amarah, lupa diri, dan kehilangan kendali untuk memikirkan masa depanmu lagi.
Itu kesalahan.

Jika kamu gagal dan terus gagal dalam meraih impianmu saat ini, lalu kamu berhenti mengejarnya, berhenti belajar, dan berhenti memantaskan dirimu lebih baik agar impianmu pantas bersamamu. Itu kesalahan.

Jika kamu merasa kehilangan seseorang yang kamu kasihi, entah diselingkuhi atau dia meninggalkan kamu tanpa pesan, lalu kamu justru menyalahkan diri sendiri, tidak mau makan dan minum, menyiksa dirimu, dan bahkan kamu berniat bunuh diri dengan segala macam cara. Itu kesalahan.

Jika kamu ingin internetan, mengakses instagram atau menonton video favoritmu di YouTube, tapi kamu tidak punya kuota, lalu kamu mencari cara membobol wifi tetanggamu, atau selalu nebeng berhari-hari pada hotspot teman sebangkumu tanpa berusaha mencari rejeki untuk beli kuotamu sendiri. Itu kesalahan.

Jika kamu tidak punya uang, padahal kebutuhanmu kian banyak, lalu kamu lebih memilih menumpuk utang, gali lobang tutup lobang, tanpa pernah berjuang lebih giat untuk membayar utangmu segera, sehingga hidupmu terbebani utang, dan bahkan tidurmu dihiasi dengan mimpi tentang utang. Itu kesalahan. 

Jika kamu sudah punya kehidupan yang layak, lalu kamu merasa lebih baik dari teman-temanmu sehingga mereka kau hinakan, ceritakan keburukannya, sehingga rasa bangga dan kesombongan telah membuatmu lupa bahwa itu semua hanya titipan dari Tuhan. Itu kesalahan.

Jika kamu seorang jomblo yang memimpikan jodoh terbaik, lalu kamu tetap saja malas-malasan, kerjanya main game, tidur, makan, sembari buka instagram sambil ketawa ketiwi hahaha hihihi, atau sesekali ikutan menangis menonton kisah sedih YouTuber favoritmu, sampai-sampai begadang, bangun kesiangan, lupa sembahyang. Itu kesalahan. 

Jika kamu sudah menikah, memimpikan keluarga bahagia, tapi kamu tiba-tiba berubah, menghianati kesetiaan pasangan dan berpaling mencintai orang lain hingga mengorbankan masa depan buah hatimu. Itu kesalahan.

Jika kamu seorang wanita, lalu kamu menjual dan menilai kehormatanmu hanya dengan 80 juta, atau bahkan menggadaikannya gratis demi orang yang kamu sayangi, padahal dia belum menjadi suamimu, dan kamu terus menikmatinya hingga lupa bahwa itu dosa dan mengundang murka Allah. Itu kesalahan.

Jika kamu seorang lelaki, lalu kamu tak berhenti menembakkan panah asmara berupa cinta palsu kepada wanitamu, pura-pura mencintai tapi sesungguhnya memperturutkan nafsu dan hanya ingin mengambil untung hingga merenggut kehormatannya sebelum kamu nikahi. Itu kesalahan.

Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa, yang mengimpikan cita-cita terbaik, tapi kamu malas belajar, hanya mengandalkan contekan dari teman, atau copy paste dari om Google dan tante Yahoo, hingga karyamu tak ada sama sekali, hidupmu hanya plagiat, dan otakmu tak dipakai berpikir untuk menghasilkan karya sendiri. Itu kesalahan.

Jika kamu seorang gamer, tapi kamu bermain curang dengan memilih menjadi cheater, lalu kamu bermimpi menjadi top global tanpa usaha murni dari skillmu sendiri sehingga kamu merugikan banyak orang dan menyakiti perasaan gamer-gamer yang lain, padahal mereka hanyalah manusia biasa, biasanya jomblo dan ingin mencari hiburan di kala kesepian. Itu kesalahan. 

Jika kamu telah menonton video ini di YouTube, dan kamu telah mendengarkan ocehan tak jelas tapi bermakna ini, lalu kamu tinggalkan tanpa sedikitpun niat untuk memberikan like, komen positif, share, dan subscribe, padahal itu tidak bayar alias gratis 1000%. Itu bukan kesalahan. Tapi itu Kebangetan.

Jadi, ingatlah, kendalikan saja dirimu, bagaimanapun hidupmu kini, apapun yang kamu miliki, syukurilah, nikmatilah, setiap orang punya waktunya, dan waktu yang tepat itu dariNya. Yang terpenting jangan pernah berhenti memantaskan diri dan berdoa. Mungkin saja hari ini dirimu berpeluh keringat dan air mata, siapa tau esok hari dirimu bermandikan bahagia dan tawa orang-orang yang mencintaimu, 

Salam dari AY Ryuki dalam INIRUMAHPINTAR 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!