Penyebab Galat di SSCASN BKN - Ini Solusinya - INIRUMAHPINTAR.com

Penyebab Galat di SSCASN BKN - Ini Solusinya

 


INIRUMAHPINTAR.COM - Pendaftarann CASN yang terdiri dari CPNS dan PPPK tahun 2023 telah dimulai lagi tahun ini. Para pendaftar diharapkan membuat akun https://daftar-sscasn.bkn.go.id/. Setelah membuat akun dengan memasukkan data-data seperti NIK dan data-data lain yang dipersyaratkan, maka tibalah saatnya memasukkan pengalaman kerja dan mengunggah dokumen-dokumen,seperti surat lamaran, surat pernyataan, surat aktif bekerja, surat pengalaman kerja, ijazah, transkrip nilai, foto, dan berkas lainnya sesuai syarat formasi setiap instansi yang didaftar. 

Hanya saja, ketika membuka akun SSCASN BKN di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/ seringkali para pendaftar baik CPNS maupun PPPK mengalami kendala, seperti situs tidak dapat diakses, proses loading sangat lama, kolom pengisian kosong, atau masalah lain yang ditandai dengan pesan notifikasi "Galat". 

 

Apa penyebabnya?

Galat ketika mengakses sebuah situs, termasuk situs SSCASN ketika membuat akun atau proses pemberkasan dapat terjadi karena situs tersebut mengalami gangguan. 

Gangguan pada sebuah web sendiri disebabkan oleh bermacam-macam alasan. Salah satunya adalah keterbatasan server.

Penjelasannya seperti ini. Server ini diibaratkan sebuah rumah dan para pendaftar CPNS dan PPPK adalah orang yang ingin memasuki rumah. Ketika beberapa atau banyak orang bersamaan memasuki satu pintu rumah, maka terjadi hambatan, karena ukuran pintu hanya memuat satu atau dua orang saja. Seperti itulah server SSCASN, ketika semua pendaftar membuka situs SSCASN dalam waktu bersamaan dengan jumlah yang melebihi volume server yang disediakan, saat itulah server akan mengalami Galat atau gangguan koneksi. 

Penyebab lain adalah server SSCASN yang dapat diakses di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/ mengalami gangguan internal. Entah itu berkaitan dengan penginputan data, validasi formasi, atau adanya perbaikan sistem yang dilakukan oleh BKN sebagai pemilik domain pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2023.
 

Bagaimana Mengatasinya?

Ketika masalah Galat tampil di layar situs SSCASN, silakan cek browser yang digunakan. Pastikan menggunakan browser Mozilla Firefox atau Google Chrome versi terbaru. Lalu, hapuslah data-data yang terdapat di history untuk membersihkan data-data sampah yang dapat menganggu kelancaran kinerja browser.

Cek juga jaringan internet yang digunakan ketika mengakses situs SSCASN di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/. Boleh jadi internet mengalami gangguan atau sibuk. 

Jika kedua hal tersebut telah dilakukan, tetapi proses akses situs SSCASN masih mengalami Galat atau gangguan, maka yang perlu dilakukan tiada lain hanyalah "Sabar".

Tunggulah BKN memperbaiki sistemnya atau silakan akses kembali situs SSCASN di waktu-waktu sepi pengunjung, misalnya di waktu tengah malam, dini hari, subuh, atau di hari-hari lengang seperti waktu istirahat menjelang tengah hari dan jadwal makan siang. 

Jangan mengeluh ya! Jadikan masalah ini sebagai bagian dari proses. Bersabarlah dan jangan putus aja. Sambil menunggu situs SSCASN tidak Galat lagi, silakan cek kembali dan siapkan dokumen-dokumen yang akan kalian upload. Pastikan telah memenuhi ukuran file yang ditetapkan (sebaiknya di bawah 1 MB). Termasuk ketersediaan E-Materai, pastikan telah membeli dan menempelnya di samping tanda tangan sebelum diunggah ke laman SSCASN. 

Rezeki tidak akan tertukar, tetapi perlu usaha untuk menjemputnya. Semangat dan semoga lulus ya!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!