Mengapa dalam Memberi Tanggapan Harus Disertai Tanggapan Logis - INIRUMAHPINTAR.com

Mengapa dalam Memberi Tanggapan Harus Disertai Tanggapan Logis

 


INIRUMAHPINTAR.COM - Tanggapan adalah respon terhadap suatu peristiwa atau sesuatu baik berupa pernyataan biasa, saran, kritik, ungkapan setuju, penolakan, dsb. Bentuk tanggapan dapat berupa tulisan maupun lisan. Seringkali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seseorang memberikan tanggapan terhadap sesuatu, entah setuju atau tidak setuju. Bagi para ahli, tanggapan seperti ini dianggap kurang berbobot dan menjadi salah satu pertanda bahwa sang pemberi tanggapan tidaklah memiliki cukup literasi. Meskipun tidak selamanya benar, karena ada juga pemberi tanggapan yang memilih menghemat perkataan dalam menanggapi sesuatu. Namun, tanggapan yang dimaksud dalam tulisan adalah tanggapan yang berkualitas dan berbobot. 

Pentingnya Memberi Tanggapan

Setiap manusia tentu saja secara naluri memiliki keinginan untuk menanggapi segala sesuatu. Bahkan respon berupa tanggapan terhadap segala sesuatu sejatinya merupakan hal lumrah bagi manusia. 

Ketika ia mendapati sesuatu yang kurang sesuai dengan norma, ia akan menilai sesuatu itu salah. Begitupun sebaliknya, ketika ia melihat sesuatu yang sejalan dengan nilai-nilai kehidupan, ia akan menanggapinya secara positif. 

Idealnya seperti itu. Oleh karena itu, peran akal sehat dan keluhuran budi pekerti memiliki peran penting dalam menghasilkan buah tanggapan yang berkualitas.

Seberapa penting tanggapan itu perlu dilakukan. Tentu saja  sangat penting dikarenakan setiap tanggapan menjadi titik tolak apa yang akan dilakukan oleh si pemberi tanggapan. 

Contoh kecil dalam kehidupan sehari-hari. Ada orang yang membuang sampah sembarangan. Ketika ia menanggapi bahwa itu adalah hal yang keliru, ia tentu saja menanggapinya dengan sesuatu yang reaktif agar hal tersebut tidak terjadi lagi. 

Meskipun tidak dapat dipungkiri orang berbeda-beda dalam menghasilkan tanggapan. Ada yang sanggup melakukannya dengan lisan, perbuatan, ataupun hanya tulisan. Bahkan tidak sedikit yang memilih untuk mendiamkan saja. 

Intinya adalah memberi tanggapan terhadap segala sesuatu sangat penting. Hal itu dikarenakan proses tersebut adalah proses berpikir, pembelajaran, dan pendewasaan diri agar lebih baik dalam menyikapi sesuatu. 

Mengapa Memberi Tanggapan Harus Disertai Alasan Logis

Alasan adalah penyempurna dari setiap tanggapan. Tanpa alasan yang masuk akal atau logis, tanggapan hanyalah berupa angin lalu. 

Ketika seseorang tidak sepakat dengan adanya tetangga yang buang sampah sembarangan, lalu ia menanggapinya dengan nasehat kepada si pembuang sampah agar tidak melakukannya lagi, tentu akan lebih berbobot ketika ia menambahkan retorika alasan yang masuk akal. 

Misalnya dengan menyampaikan dampak negatif ketika buang sampah sembarangan itu dilakukan. Dapat menyebabkan banjir dan kerugian bersama, dan lain sebagainya. Si pembuang sampah akhirnya dapat memeroleh suatu pelajaran dan tidak mengulangi perbuatannya, terkecuali ia tidak mengaktifkan akal sehatnya.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!