Tips Memilih Jurusan di SBMPTN 2018 Agar Lolos - INIRUMAHPINTAR.com

Tips Memilih Jurusan di SBMPTN 2018 Agar Lolos

INIRUMAHPINTAR - Memilih jurusan di SBMPTN 2018 tentu tidak jauh berbeda dengan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Dalam hal ini, ada sejumlah hal yang patut dipertimbangkan oleh calon-calon mahasiswa (i). Salah memilih dan menentukan jurusan akan berdampak pada masa depan. Dan tentu saja, tidak ada satupun calon maba (mahasiswa baru) yang ingin salah pilih. Untuk itu, peran orang tua dan kerabat juga sangat besar untuk memberikan pertimbangan dan dukungan kepada anak-anak mereka agar tidak salah pilih.

Meskipun kesuksesan setiap orang tidak selamanya bergantung pada jurusan yang ia pilih ketika kuliah. Setidaknya, memilih jurusan yang tepat adalah bagian dari ikhtiar.

Nah, berikut ini adalah Tips Memilih Jurusan di SBMPTN 2018 yang wajib adik-adik calon maba ketahui.

Tips 1. Pilihlah jurusan yang sesuai passion

Memilih jurusan yang sesuai passion artinya memilih jurusan yang disukai, benar-benar diminati, dimana hasrat berjuang di jurusan itu sangat kuat, apapun badai yang akan dihadapi. Wuiihh...

Perlu diketahui bahwa, dunia perkuliahan sangatlah jauh berbeda dengan dunia sekolah di tingkat SMP dan SMA. Untuk itu, jika adik-adik calon maba tidak memilih jurusan yang benar-benar disukai, kemungkinan adik-adik mudah putus asa atau tidak serius mengikuti seluruh proses perkuliahan.

Dunia kampus penuh dengan tantangan, mulai dari tugas yang menumpuk, dosen-dosen yang kadang tidak mudah dihadapi, hingga beban persaingan antar mahasiswa yang menantang, dan masih banyak yang lainnya. Untuk itu, jika jurusan yang dipilih hanyalah setengah-tengah, kekuatan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam perkuliahan bisa cepat rapuh seiring semakin bertambahnya usia semester.

Tips 2. Pertimbangkan Passing Grade

Dalam memilih jurusan, usahakan untuk memilih yang passing grade-nya sesuai dengan performa kamu. Jangan memaksakan diri untuk memilih jurusan yang passing grade-nya tinggi. Bercerminlah pada kekuatan kamu. Petakanlah jurusan-jurusan yang ideal dan sesuai passion kamu, lalu rangkinglah. Kemudian, jadikan jurusan yang memiliki passion grade tertinggi sebagai pilihan pertama ketika mendaftar secara online.

Tips 3. Jangan Terbebani dengan Akreditasi

Banyak calon maba yang kehilangan kesempatan untuk kuliah, hanya karena memaksakan diri untuk kuliah pada jurusan tertentu yang memiliki akreditasi tertinggi, sebut saja A, sementara kemampuannya belum memadai. Untuk itu, jangan terlalu membebani diri apalagi sampai memaksakan diri memilih jurusan yang mesti akreditasi A. Pahamilah bahwa, apapun akreditasinya, kualitas dirimulah yang paling utama. Toh, setiap kampus juga tidak pernah berhenti meng-upgrade akreditasi institusi dan jurusan yang dimilikinya. Jadi, tidak usah khawatir. Fokuslah pada jurusan yang kamu sukai, sesuai passion, dan cocok dengan passing grade yang kamu targetkan.

Tips 4. Belajarlah Sungguh-Sungguh

Setelah mendaftar dan memilih jurusan, jangan lupa untuk terus belajar mempersiapkan diri mengikuti tes SBMPTN. Kamu tidak harus ikut bimbingan belajar di tempat BIMBEL yang mahal. Belajar sendiri juga tidak apa-apa, asalkan buku dan materinya tersedia. Banyak kok yang lulus, hanya dengan mengandalkan proses belajar mandiri ini. Toh materi tes SBMPTN juga tidak jauh-jauh dari materi sekolah saat SMA. Hanya saja, butuh latihan yang banyak agar terbiasa mengerjakan soal-soal dengan tipe beragam.

Tips 5. Berdoa dan Minta Didoakan oleh Orang Tua

Berdoa adalah bentuk perjuangan terakhir ketika ikhtiar atau usaha telah dilakukan secara maksimal. Jangan lupa terus berdoa, minta petunjuk kepada Allah SWT agar impian kamu tercapai. Selanjutnya, jangan lupa juga untuk minta didoakan khusus oleh orang tua kamu, terutama ibu. Doa Ibu sangat makbul lho.

Demikianlah Tips Memilih Jurusan di SBMPTN 2018 Agar Lolos versi INIRUMAHPINTAR. Semoga adik-adik yang membaca ini dan mengucapkan aamiin dalam hati diberikan jalan kemudahan untuk sukses sesuai jurusan yang dipilih. 

0 Response to "Tips Memilih Jurusan di SBMPTN 2018 Agar Lolos"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!