Jelaskan Bagaimana Lembaga Sosial dapat Terbentuk? - INIRUMAHPINTAR.com

Jelaskan Bagaimana Lembaga Sosial dapat Terbentuk?

INIRUMAHPINTAR.com - Lembaga sosial adalah suatu wadah atau ruang sosial yang terbentuk dalam lingkup masyarakat didasari karena adanya kesamaan visi-misi, kebutuhan, dan saling ketergantungan satu sama lain sehingga mewujudkan kebersamaan dan kekompakan dalam mengatasi masalah atau menghadirkan suatu terobosan yang berguna untuk orang banyak.

Jelaskan Bagaimana Lembaga Sosial dapat Terbentuk?

Intinya adalah lembaga-lembaga sosial di masyarakat terbentuk karena adanya hal-hal berikut ini:

1. Adanya masalah yang sama

2. Adanya kebutuhan yang sama

3. Prinsip dan kebiasaan yang sama

4. Visi-Misi yang sama

5. Sebagai wadah interaksi manusia sebagai makhluk sosial


 

Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Adanya masalah yang sama

Ketika suatu lingkup masyarakat menghadapi masalah yang sama, timbullah motivasi untuk mengatasinya. Salah satunya adalah membentuk lembaga sosial. 

Contoh, ketika suatu masyarakat memiliki masalah seperti pengangguran, kurangnya keterampilan, dan kemiskinan, lalu ada yang menisiasi membentuk lembaga pelatihan kerja, biasanya terbentuk secara swadaya. 

2. Adanya kebutuhan yang sama

Di lingkup sosial, setiap kelompok masyarakat memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, ketika suatu kelompok kecil memiliki kebutuhan yang sama, lembaga sosial biasanya terbentuk. 

Contoh paling sederhana, kelompok arisan, yang dibentuk karena adanya kebutuhan masing-masing anggota untuk memperoleh uang dengan niat saling membantu, bergilir memperoleh uang patungan, lalu membayar setiap durasi yang ditentukan.

Contoh lainnya, lembaga koperasi, didasari kebutuhan akan bantuan atau modal usaha, dibentuklah koperasi yang beranggotakan orang-orang yang punya kebutuhan sama. Dibentuk dengan iuran wajib anggota, lalu disalurkan ke anggota yang membutuhkan, disertai pengembalian yang tidak memberatkan seperti di bank. 

3. Adanya prinsip dan kebiasaan sama

Di lingkup sosial, setiap masyarakat memiliki kebiasaan yang beragam. Perbedaan umur, hobi, dan teman bergaul mempengaruhi itu semua. Adanya kesamaan kebiasaan ini punya andil lahirnya sebuah lembaga sosial.

Contoh, remaja penggembar motor, membuat komunitas anak motor, atau pemuda-pemuda yang suka memancing membentuk komunitas mancing mania, dsb.

4. Visi-Misi Sama

Visi-misi setiap orang pun beda-beda. Namun, ketika suatu lingkup masyarakat disatukan karena visi-misi sama, biasanya terlahir suatu lembaga sosial.

Misalnya, pemuda-pemuda yang ingin terjun membantu anak-anak jalanan, membentuk komunitas relawan pencinta anak jalanan. Atau kelompok masyarakat yang serumpun membentuk komunitas santri, komunitas pencinta alam, dan komunitas musisi, dsb, berawal dari adanya visi-misi yang sama.

5. Sebagai wadah interaksi manusia sebagai makhluk sosial

Lembaga sosial sejatinya hadir bukanlah sebagai hal yang direncanakan atau disengaja, tetapi murni karena memang manusia sebagai makhluk sosial butuh wadah untuk berinteraksi dan menyalurkan aspirasi meskipun hanya kelompok bincang-bincang di warung kopi. 

Kesimpulan

Lembaga sosial di masyarakat adalah suatu lingkup interaksi yang terbentuk karena adanya kesamaan. Sekalipun ada perbedaan, hal tersebut disatukan dalam satu kesepakatan. 

Bukan hanya dalam lingkup nyata, di era digital seperti sekarang lembaga sosial pun terbentuk di dunia maya. Contohnya, komunitas dagang online, pencinta subuh, komunitas anti pacaran, dsb.

Intinya adalah pandai-pandailah menemukan circle pergaulan sosial yang tepat karena lingkungan punya andil terhadap bagaimana kamu menjalani kehidupan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!