Julukan apa yang diberikan kepada Ir. Soekarno? Mengapa dijuluki seperti itu? - Jawaban Pintar - INIRUMAHPINTAR.com

Julukan apa yang diberikan kepada Ir. Soekarno? Mengapa dijuluki seperti itu? - Jawaban Pintar

INIRUMAHPINTAR.COM -  Ini adalah sesi jawab pintar ala inirumahpintar.com. Ada 10 pertanyaan acak yang akan dijawab dengan singkat, jelas, dan padat. Tentu saja, bukan jawaban ngasal, tetapi boleh dipertanggungjawabkan. Yuk, langsung saja!


Julukan apa yang diberikan kepada Ir. Soekarno? Mengapa dijuluki seperti itu?

Ir. Soekarno dijuluki Bapak Proklamator bersama Moh. Hatta, wakil presiden pertama Republik Indonesia. Ia disebut Bapak Proklamator, karena ia-lah yang memproklamirkan pidato kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Selain itu, Ir. Soekarno juga dijuluki Macan Podium - karena ia lihai dalam berpidato dan menyuarakan suara rakyat. Tidak planga-plongo di atas podium, dan juga cakap menggunakan beberapa bahasa asing. Sangat lancar berpidato tanpa teks, bahkan dalam wawancara dengan media asing.  

Tuliskan 8 provinsi yang dibentuk sebagai hasil sidang ppki pertama!

  1. Provinsi Sumatra, 
  2. Provinsi Jawa Timur
  3. Provinsi Jawa Barat, 
  4. Provinsi Kalimantan
  5. Provinsi Jawa Tengah
  6. Provinsi Sunda Kecil
  7. Provinsi Sulawesi
  8. Provinsi Maluku

Kapan BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk?

BKR adalah singkatan dari Badan Keamanan Rakyat. BKR dibentuk di awal kemerdekaan, 
Pembentukan Badan Keamanan Rakyat diputuskan oleh PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945 , selang 5 hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Tanggal 5 Oktober 1945 BKR dibubarkan dan diganti menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat).

Anggota BKR diambil dari berbagai kalangan, dari PETA, Heiho, barisan jihad Hizbullah, sabilillah, dan barisan pemuda. Salah satu tokoh komandan BKR, Soeharto, kemudian menjadi presiden di masa orde baru. BKR inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya ABRI lalu mengerucut menjadi TNI dan POLRI hingga saat ini.



Mengapa globalisasi bisa menjadi ancaman bagi bangsa Indonesia?

Sebenarnya globalisasi tidak tepat jika hanya dipandang sebagai ancaman bagi bangsa Indonesia. Di satu sisi, globalisasi juga melahirkan peluang. Semua bergantung pada masyarakat Indonesia dalam menyikapinya. 

Globalisasi bisa menjadi ancaman ketika masyarakat Indonesia sudah terlena, terbuai, dan berhenti belajar sehingga tidak mampu berkompetisi dengan negara lain. 

Ancaman yang terjadi dapat berupa, 
  1. pergeseran budaya, budaya asing makin dipuji, budaya lokal dijauhi
  2. menjadi hedonis - pemuja kesenangan sehingga hidup sangat konsumtif
  3. lebih cinta produk luar ketimbang produk asli Indonesia, 
  4. ada sumber daya alam tapi justru dikelola asing, 
  5. terperdaya untuk terus berutang lalu terjerat sehingga tidak punya kekuatan tawar dalam diplomasi, 
  6. lebih mudah diprovokasi asing, 
  7. produsen dalam negeri makin tersisih; 
  8. ditarget untuk tetap menjadi pasar atau market produsen global; 
  9. sektor pendidikan, kesehatan, politik, keamanan, dan hampir semua sektor mengalami perlemahan, 
  10. jika tidak dipimpin oleh tokoh yang idealis dan kompeten negara akan makin amburadul.

Mengapa kita dianjurkan untuk hidup sederhana?

Karena dengan hidup sederhana, hidup akan terasa lebih damai dan nyaman. Banyak uang boleh tapi bukan untuk dihambur-hamburkan. Tetaplah membelajakan uang kebutuhan, bukan untuk memenuhi semua keinginan. Lebih baik untuk memanfaatkan kelebihan uang untuk membantu sesama yang membutuhkan. Dengan membantu, hidup akan lebih indah. Tak perlu menunggu kaya untuk membantu, cukup hidup sederhana, menjalani hidup sesuai fungsi, bukan gengsi. Lagipula, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. 

Dengan kata lain, hidup sederhana itu kuncinya dua, yakni banyak bersyukur dan banyak berbagi. 

Mengapa senam irama membutuhkan kombinasi gerak?


Karena kombinasi gerak merupakan sumber keselarasan antara gerakan anggota badan dalam senam dengan irama musik yang mengiringi. Misalnya ketika menggerakkan tangan, perlu ada kombinasi dengan gerakan kepala atau gerakan kaki, sehingga semuanya sinkron dengan ketukan musik yang mengiringi.

Apa ciri-ciri orang yang hidup sederhana? jelaskan!

Banyak bersyukur, suka berbagi, dan tidak bermewah-mewahan. 

Banyak bersyukur artinya berapapun rejekinya, sedikit atau banyak tetap disyukuri. Syukur adalah langkah awal datangnya berkah. Terkadang sedikit menjadi berkah jika disyukuri. Justru banyak dapat menjadi musibah atau awal datangnya penyakit parah karena tidak disertai rasa syukur.

Selanjutnya, ciri orang sederhana itu suka berbagi. Ia tidak hanya ingin bahagia sendiri. Ia selalu ingin berbagi kebahagiaan. Meski sedikit. Tidak perlu menunggu banyak uang, untuk memulai membantu orang. Membantu tidak mesti pakai uang. Bahkan tersenyum kepada orang pun telah ternilai sebagai ibadah, berbagi bahagia.

Ciri berikutnya tidak bermewah-mewahan. Tidak perlu membeli semua barang yang diinginkan, cukup yang dibutuhkan saja. Apalagi sampai dipamerkan kepada orang lain. 

Apakah tugas PPKI?

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Sebutan lainnya adalah Dokuritsu Junbi Inkai. Dibentuk 7 Agustus 1945 sebagai pengganti BPUPKI - Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, bentukan Jepang.

Tugas utamanya adalah:
  1. Menyiapkan segala yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia
  2. Mengesahkan Undang-Undang Dasar Negara
  3. Memilih, mengangkat, dan menetapkan presiden dan wakil presiden Indonesia
  4. Membentuk komite nasional yang membantu tugas presiden 

Mengapa kita harus lebih menjaga kebersihan saat masa pubertas

Karena di masa pubertas, terjadi proses perubahan dalam masa pertumbuhan. Kaum Adam telah mulai mimpi basah, dan Kaum Hawa telah mulai haid atau datang bulan. Telah muncul perubahan emosional, mulai muncul ketertarikan kepada lawan jenis. Selain itu, telah timbul perubahan bentuk tubuh. Menjaga kebersihan dapat menghindarkan dari penyakit-penyakit pubertas seperti jerawat, bau badan, dan iritasi kulit. 

Lagipula, belajar untuk mencintai kebersihan sedini mungkin, akan membentuk kepribadian yang cinta bersih hingga dewasa. Ala bisa karena biasa, bukan!

Apa ciri-ciri orang yang ikhlas beramal?

Orang yang ikhlas beramal memiliki ciri-ciri berikut ini:
  1. Rela bekerja sepenuh hati meski tanpa digaji
  2. Berbuat kebaikan secara diam-diam
  3. Tetap profesional bekerja dalam kondisi ia digaji sedikit, banyak, atau saat tidak digaji
  4. Tidak mengharapkan pujian
  5. Selalu bersyukur dengan apapun yang ia raih
  6. Tetap rendah hati meski telah berbuat lebih banyak dari orang lain
  7. Niatnya semata-mata karena ibadah

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!