Menangkap Makna Lirik Lagu Lesti - Kulepas dengan Ikhlas - INIRUMAHPINTAR.com

Menangkap Makna Lirik Lagu Lesti - Kulepas dengan Ikhlas

INIRUMAHPINTAR.com - Lagu baru Lesti Kejora yang berjudul Kulepas dengan Ikhlas kini trending satu di YouTube. Baru satu hari dipublish, jumlah tayangan telah mencapai 5,5 juta. Sungguh suatu pencapaian yang memukau.

Fenomena tersebut tentu saja mengundang perhatian dan tanda tanya. Apakah ini suatu kebetulan, atau memang disetting sedemikian rupa memanfaatkan momen yang pas.

Kisah percintaan Lesti Kejora yang baru saja ditinggal nikah oleh sang mantan Rizki D'Academy, ternyata menjadi jurus ampuh menyatukan pandangan publik ke sang Diva Dangdut jebolan Dangdut Academy tersebut.

Setiap konten atau liputan acara TV yang mengundang Lesti Kejora sebagai bintang tamu akan trending tiba-tiba.

Apalagi kehadiran sosok pria ganteng yang juga digadang-gadang sebagai pengganti sang mantan, selalu hadir menemani Lesti di setiap kesempatan. Entah itu merupakan teknik marketing, pansos atau memang pria berwajah rupawan yang bernama Risky Billar tersebut lagi disetting untuk memanfaatkan kesempatan menaikkan popularitas dengan membuat drama bersama Lesti Kejora sebagai sosok calon pengganti Rizki D'Academy? Hanya waktu yang akan menjawabnya.
___

Mengenai kisah percintaan tersebut, saya sebenarnya tidak terlalu peduli. Intinya, semoga Lesti mendapatkan jodoh terbaik.

Di celotehan sastra kali ini, saya malah tertarik untuk membedah lirik lagu baru Lesti yakni Kulepas dengan Ikhlas. Adakah hal menarik untuk dibedah di sana? Yuk mari kita menyelami dunia sastra dengan kekuatan pujangga untuk menemukan jawabannya.

Menangkap Makna Lirik Lagu Lesti - Kulepas dengan Ikhlas

Bait pertama

Selamat kuucapkan padamu
Wahai orang yang pernah paling aku sayang

Makna Lagu:

Bait pertama terdiri dari 2 baris. Diawali kata ucapan "selamat" dan diakhiri dengan kata "sayang". Sungguh suatu perpaduan yang menarik. Dua kata tersebut memang merupakan inti dari bait pertama.

Kata "selamat" menyiratkan makna sebagai ungkapan rasa turut berbahagia. Dan kata "sayang" begitu tepat mewakilkan perasaan bahwa figur sang mantan yang pernah menemaninya di masa silam adalah sosok yang sulit terlupakan.

Tepatnya kisah mereka dapat menjadi kenangan terindah.

Jika dihubungkan dengan kisah Lesti Kejora dan Rizki D'Academy, maka bait ini adalah perwujudan kasih tak sampai yang tidak menampakkan sisa luka.

Malah justru menunjukkan kepasrahan atas takdir mereka lalu menutupnya dengan rasa bahagia dan optimis untuk menghadapi masa depan yang lebih cerah.

Bait Kedua:

Kulepas dirimu dengan ikhlas
Moga Tuhan jagakan dirimu dan dia

Makna Lagu:

Bait kedua juga terdiri dua baris. Baris pertama diawali dengan kata "kulepas". Ini adalah perwujudan kepasrahan takdir yang terpancar pada diri Lesti. Sedangkan di baris kedua, kata "moga" adalah bentuk serpihan doa yang mengharapkan kebahagiaan untuk sang mantan dan pilihan hatinya.

Kata "dirimu" dan "dia" adalah perpaduan dua kata di akhir kalimat baris kedua yang menandakan ketulusan Lesti atas takdir kisah cinta ia yang tak berujung ke pelaminan.

Bentuknya adalah kerelaan. Bahagia atas kebahagiaan sang mantan dan istrinya.

Karena memang cara itu adalah langkah terbaik menghadapi kenyataan dari kisah cinta yang gagal. Menyikapinya salah justru akan menambah masalah. Dan pilihan Lesti yang terpancar di bait kedua ini menurut saya adalah keputusan terbaik.

Bait Ketiga:

Kudatang memberikan selamat
Walau langkah kaki Gamang
Untuk kamu aku datang
Semoga dirimu bahagia

Makna Lagu:

Bait ketiga merupakan puncak dari seluruh inti lagu. Gejolak rasa yang berkecamuk dalam dada, antara berat menerima kenyataan, yang berbeda dengan harapan dengan memaksakan keadaan yang justru akan merusak segalanya terukir indah dalam diksi yang begitu tegas dan jelas.

Kebesaran hati seorang Lesti datang ke acara pernikahan sang mantan bukanlah hal yang mudah. Meskipun masih tersisa kecewa namun justru semua ditukar kontan dengan tawa dan lantunan doa bahagia.

Tak semua orang sanggup melakukan ini. Malah justru kebanyakan yang menjauh, memendam duka, dan berlarut-larut terpuruk mengenang masa lalu.

Di bait inilah, para penikmat sastra akan turut merasakan betapa dewasanya seorang Lesti diusianya yang masih tergolong muda.


Bait Keempat

Kulepas dirimu dengan ikhlas
Semoga engkau dan dia bahagia

Makna Lagu:

Bait ini adalah Reff dan sama dengan bait pertama, sehingga pendalaman makna lirik lagu telah cukup terdeskripsikan di celotehan sebelumnya.

Bait Kelima & Keenam

Dulu Kita Pernah berbagi Rasa
Kini kita hanya teman yang biasa

Dulu Kita Bisa berencana
Tapi Tuhanlah yang menakdirkan

Makna Lagu:

Bait kelima dan keenam ini adalah antiklimaks. Bait kelima menyiratkan kisah kenangan di masa lalu yang kemudian berubah 180 derajat. Status berganti dari kekasih menjadi teman biasa.

Selanjutnya bait keenam berisikan penegasan atas kepasrahan Lesti atas takdir yang menimpa kisah percintaannya dengan Riski D'Academy. Rencana mereka yang awalnya ingin terus ke jenjang pernikahan justru berujung pada kisah pertemuan antara mempelai dan tamu undangan.

Bait Ketujuh

Hidup terus berjalan
Engkau tlah ku relakan
Pada Tuhan semua
Ku pasrahkan

Makna Lagu:

Bait ketujuh ini adalah sebuah rangkaian penutup bernuansa eksotik dari sebuah karya sastra yang berbentuk lirik lagu.

Bait ini bukan saja menyiratkan kepasrahan Lesti menerima keadaan. Namun berisi petuah hati untuk menyegerakan hidup lebih optimis menjalani kehidupan selanjutnya.

Bahkan dari bait ketujuh ini terpancar binar-binar keyakinan bahwa tidak penting memikirkan masa lalu yang indah, karena kisah yang lebih indah berupa jodoh yang lebih baik dari sang mantan telah disiapkan Tuhan di masa depan. Hanya saja, waktu dan siapa orangnya hanya Tuhan yang tau.

Paduan kata "Ku pasrahkan" adalah makanan penutup yang sempurna dari hidangan sastra lirik lagu - Kulepas dengan Ikhlas. Luar biasa.

Penutup:

Sebagai kalimat penutup, tak lupa saya haturkan apresiasi kepada sang penulis lagu, Adibal Sharul. Beliau telah menunjukkan kelasnya. Betapa sebuah momen bersejarah dalam kisah asmara seorang Lesti mampu disulapnya menjadi satu paket cerita berbentuk lirik lagu.

Tidak hanya itu, pilihan judul yang pas, yakni kulepas dengan ikhlas, juga mengandung nilai rima yang berkelas papan atas.

Ditambah lagi dengan polesan video klip penuh decak harapan yang menghadirkan Rizky Billar, seorang sosok pria yang digadang-gadang netizen sebagai pengganti sang mantan buat Lesti Kejora.

Wow, sungguh sebuah alur keterpaduan cinta yang mampu menggelitik rasa penasaran. Tidak salah, lirik lagu berjudul Kulepas dengan Ikhlas yang bernuansa dangdut klasik ini trending nomor satu di YouTube hingga celotehan ini saya abadikan dalam sebuah gemerincing pujangga di tahun 2020. 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!