Contoh Susunan Acara (MC) Upacara HUT Kemerdekaan RI dan Persiapannya

INIRUMAHPINTAR - Dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, seluruh instansi pemerintah serempak melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di lapangan. Mulai dari tingkat pusat hingga tingkat kelurahan/desa menyiapkan diri untuk menyelenggarakan momentum tahunan tersebut.

Termasuk tahun ini, peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 pasti akan diisi dengan upacara pengibaran bendera merah putih. Dan salah satu pendukung kesuksesan dari acara tersebut adalah protokol atau master of ceremony. 

Performa protokol sangat mempengaruhi jalannya upacara. Termasuk bagaimana mempersiapkan susunan acara. Untuk itu, pada kesempatan ini, saya ingin membagikan contoh susunan acara Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia untuk tingkat kecamatan/kelurahan/desa. 

Walaupun sangat sederhana, susunan acara berikut ini moga-moga dapat membantu para calon-calon protokol dalam upacara peringatan HUT RI tahun ini. Siapa tahu Anda terpilih atau dipercayakan oleh atasan Anda.

Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk mencoba. Ala bisa karena biasa. Dengan mencoba sekali, bisa jadi di kesempatan berikutnya Anda terpilih menjadi langganan protokol pemerintah setempat di kota Anda. 

Itu artinya pundi-pundi rupiah akan menjadi milik Anda. heheheh. Yah, Namun intinya bukan di situ. Berusahalah menjadi pembawa susunan acara dengan penampilan terbaik. 

SUSUNAN ACARA
UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE-72
17 AGUSTUS 2017

  1. TIAP-TIAP PEMIMPIN MENYIAPKAN BARISANNYA
  2. KOMANDAN UPACARA MEMASUKI LAPANGAN UPACARA
  3. PENGHORMATAN PESERTA UPACARA KEPADA KOMANDAN UPACARA (OPTIONAL)
  4. LAPORAN PENGATUR (PERWIRA) UPACARA KEPADA INSPEKTUR UPACARA BAHWA UPACARA SIAP DIMULAI
  5. INSPEKTUR UPACARA MENUJU MIMBAR UPACARA, BARISAN DISIAPKAN
  6. PENGHORMATAN UMUM KEPADA INSPEKTUR UPACARA DIPIMPIN OLEH KOMANDAN UPACARA
  7. LAPORAN KOMANDAN UPACARA KEPADA INSPEKTUR UPACARA
  8. PENGIBARAN SANG MERAH PUTIH DIIRINGI LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA
  9. MENGHENINGKAN CIPTA DIPIMPIN OLEH INSPEKTUR UPACARA
  10. PEMBACAAN TEKS PANCASILA OLEH INSPEKTUR UPACARA DIIKUTI OLEH PESERTA UPACARA
  11. PEMBACAAN PEMBUKAAN UUD 1945 DAN PANCA PRASETYA KORPRI
  12. PEMBACAAN SAMBUTAN SERAGAM GUBERNUR SULAWESI SELATAN OLEH INSPEKTUR UPACARA, BARISAN DIISTIRAHATKAN
  13. MENYANYIKAN SALAH SATU LAGU WAJIB NASIONAL
  14. PEMBACAAN DOA SERAGAM
  15. LAPORAN KOMANDAN UPACARA KEPADA INSPEKTUR UPACARA BAHWA UPACARA TELAH SELESAI
  16. PENGHORMATAN UMUM KEPADA INSPEKTUR UPACARA
  17. INSPEKTUR UPACARA BERKENAN MENINGGALKAN MIMBAR UPACARA, KOMANDAN UPACARA MEMBUBARKAN BARISAN



Sebelum upacara berlangsung, Protokol atau MC sebaiknya mengumumkan nama-nama pelaksana upacara dengan contoh format sebagai berikut:

1. MASTER OF CEREMONY (MC):

<<NAMA BERSANGKUTAN>>  (UNIT KERJA:................................)

2. INSPEKTUR UPACARA: 

<<NAMA BERSANGKUTAN>>  (GUBERNUR/BUPATI/CAMAT/LURAH:................................)

3. PERWIRA UPACARA:

<<NAMA BERSANGKUTAN>>  (UNIT KERJA:................................)

4. KOMANDAN UPACARA:

<<NAMA BERSANGKUTAN>>  (UNIT KERJA:................................)

5. PEMBACAAN UUD 1945:

<<NAMA BERSANGKUTAN>>  (UNIT KERJA:................................)

6. PEMBACAAN PANCA PRASETYA KORPRI:

<<NAMA BERSANGKUTAN>>  (UNIT KERJA:................................)

7. PEMBACAAN DOA:

<<NAMA BERSANGKUTAN>>  (UNIT KERJA:................................)

Selain menyiapkan susunan acara, jika Anda terpilih sebagai seorang protokol apalagi tampil untuk pertama kalinya. Jangan lupa memperhatikan persiapan-persiapan lain sebagai berikut:
  1. Kostum - Konsultasikan dengan penyelenggara Upacara di kota Anda tentang kostum yang akan digunakan. Jangan sampai salah kostum! Fatal dan bikin malu tentunya...
  2. Jaga kesehatan terutama kualitas suara - Bak seorang penyanyi, suara adalah aset berharga. Begitupun dengan seorang protokol. Suara adalah aset untuk menghasilkan performa meyakinkan. Jadi, jagalah aset itu sebaik-baiknya sebelum hari H tiba. Jangan sampai kena flu atau batuk karena pasti mengurangi kualitas penampilan.
  3. Periksa Mic atau Pengeras Suara - Sebelum tampil sebagai protokol, jangan lupa untuk mengecek sendiri kualitas Mic yang akan digunakan. Tidak semua Mic cocok dengan karakter setiap protokol lho! Jadi, lakukan setting yang sesuai! Konsultasikan dengan panitia yang mengurus bagian sound system.
  4. Konsultasikan Isi Susunan Acara dengan Panitia - Seringkali dalam sebuah upacara atau acara yang membutuhkan protokol atau pemandu acara, ada perubahan susunan acara secara mendadak. Untuk itu, jangan lupa mengonsultasikannya dengan panitia penyelenggara.
  5. Tontonlah Video-Video Upacara Sejenis di YouTube - Agar lebih maksimal dalam menjalankan tugas, jangan lupa menyempatkan diri menonton video-video upacara peringatan HUT RI di internet, salah satu di YouTube. Pelajari bagaimana teknik vokal dan intonasi sang protokol. Lalu, maksimalkan diri Anda dengan berlatih sampai bisa. Semangat!
Sebagai kesimpulan, contoh susunan acara (MC) untuk Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di atas adalah motivasi buat mereka yang dipercayakan sebagai protokol untuk pertama kalinya agar tampil meyakinkan. Semoga bermanfaat! 

0 Response to "Contoh Susunan Acara (MC) Upacara HUT Kemerdekaan RI dan Persiapannya"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!