Apa yang Membuat Kasuari Sadar dan Mengubah Perilakunya? Jawab Pintar - INIRUMAHPINTAR.com

Apa yang Membuat Kasuari Sadar dan Mengubah Perilakunya? Jawab Pintar

INIRUMAHPINTAR.COM - Berikut ini adalah cerita rakyat yang berjudul Kasuari dan Dara Mahkota. Cerita ini adalah bagian dari isi buku 100 Cerita Rakyat Nusantara yang disusun oleh Dian K, terbitan Bhuana Ilmu Populer, 2014 di Jakarta. Membaca cerita rakyat adalah aktivitas yang baik untuk anak-anak Sekolah Dasar (SD), terutama bagi mereka yang baru belajar membaca. Semakin banyak memperoleh stimulasi, maka semakin bagus buat perkembangan anak.

Cerita rakyat adalah cerita yang diambil dari kisah-kisah yang telah merakyat, turun temurun dan menjadi ciri khas setiap daerah. Ada yang bertemakan binatang, kerajaan, atau tentang tanaman.


---

Setelah membaca cerita rakyat di atas, selanjutnya mari kita menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan cerita di atas!

Apa yang Membuat Kasuari Sadar dan Mengubah Perilakunya?

Ketika ia gagal dalam lomba terbang melawan burung Dara Mahkota, sayapnya patah, dan kini ia merasa sebagai makhluk yang lemah. 

Barulah ia menyadari bahwa keserakahan yang dilakukannya dahulu terhadap burung-burung lain adalah suatu kesalahan. Namun, sayang ia kini tak dapat terbang lagi sehingga harus mencari makan di tanah.

Mengapa burung-burung lain tidak ada yang ingin berteman dengan kasuari?

Karena kasuari sangat serakah. Ia memetik dan mengumpulkan semua buah-buahan yang masak baik di pohon maupun yang telah jatuh di tanah. Hanya ia-lah yang menikmati makanan sementara burung-burung lain tidak kebagian dan kelaparan. Karena itu tak ada yang ingin berteman dengannya.

Bagaimana sifat kasuari pada cerita tersebut?

Sifatnya sangat serakah. Ia hanya ingin untung sendiri, tak berbagi buah-buahan dengan burung-burung lain. Namun, pada akhirnya ia sadar, setelah kalah bertanding lomba terbang dengan burung Dara Mahkota. Bahkan karena sayapnya telah patah, kini ia tidak bisa terbang dan sejak saat itu hanya mampu mencari makan di tanah. 

Selain itu, ia juga punya sifat sombong. Awalnya ia merasa sebagai burung paling hebat dan kuat. Namun, karena kesombongannya ia pun akhirnya tidak berdaya. Dari sini kita belajar bahwa jangan pernah merasa paling pintar, kaya, kuat, dan lebih hebat dari siapapun. Di atas langit masih ada langit. Yang Maha Hebat hanyalah sang Pencipta, Allah SWT. 


Siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita rakyat "Kasuari dan Dara Mahkota"?

Burung Kasuari, Burung Dara Mahkota, dan Burung Pipit

Termasuk jenis cerita fiksi apakah cerita rakyat Kasuari dan Dara Mahkota?

Cerita tersebut tergolong cerita Fabel, karena para tokohnya adalah binatang, yakni burung dara, pipit, dan kasuari.

---

Nah, demikianlah pembahasan tentang cerita rakyat "Kasuari dan Dara Mahkota". Semoga kita bisa memetik pelajaran dan nasehat di dalamnya.

1 Response to "Apa yang Membuat Kasuari Sadar dan Mengubah Perilakunya? Jawab Pintar"

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!