Apa Itu Introvert, Fetish, Ghosting, KLB, Gelay? Ini Penjelasannya - INIRUMAHPINTAR.com

Apa Itu Introvert, Fetish, Ghosting, KLB, Gelay? Ini Penjelasannya

INIRUMAHPINTAR.COM - Beberapa istilah terkadang membuat kita bingung dan bertanya-tanya. Apalagi seiring berjalannya waktu dan peradaban manusia, makin banyak istilah baru yang kerap digunakan baik di media sosial maupun di media massa. Adakalanya istilah tersebut tiba-tiba trending dan menjadi perbincangan siapapun di lingkungan digital. Namun, kadang juga istilah tersebut hadir hanya sekejap lalu menghilang dan tersimpan rapi di dalam kamus istilah layaknya kura-kura yang bersembunyi dalam tempurung. Memiliki penguasaan kata yang banyak, termasuk kata-kata istilah menjadi nilai lebih ketika kamu terjun di dalam dunia akademik dan publik. Semakin banyak kata istilah yang digunakan oleh seseorang baik dalam tulisan maupun ketika ia berbicara, maka semakin ia tampak makin intelek.

Nah, kali ini inirumahpintar.com ingin berbagi kata-kata istilah yang baru-baru ini kembali viral. Yuk langsung saja kita bedah sama-sama!

Apa itu Introvert?

Kata istilah pertama yang akan kita bahas yaitu introvert. Introvert itu artinya suatu kepribadian yang menyukai kesendirian. Bukan berarti anti sosial tapi cenderung hati-hati untuk bergaul. 

Orang yang introvert terkadang pendiam, tetapi bukan berarti ia tidak cakap berbicara. Ia hanya teliti dan lebih analitis. Ia memilih untuk mendengar lebih spesifik, membaca situasi, dan merespon dengan sepenuh hati bukan asal bicara.

Orang introvert terkadang dinilai sombong, karena kurang aktif memasukkan dirinya ke dunia luar. Meski sesungguhnya ia peka, dan peduli dengan lingkungan sosialnya. Hanya saja, ia peduli dengan cara yang berbeda. 

Ia akan lebih ramah kepada orang yang menyapanya dengan baik. Ia akan sangat baik kepada orang yang baik padanya. Namun demikian, ia akan menjauh dengan elegan kepada orang yang seringkali merusak kenyamanannya. So, hati-hati bercanda berlebihan kepada orang introvert ya!

Orang introvert itu nyaman ketika sendiri, tetapi bukan berarti ia kesepian dan perlu dikasihani. Ide-idenya, proses mengembangkan dirinya akan hadir ketika ia sendiri. Ia mengurung diri di kamar bukan berarti ia stress atau tertekan. 

No! Ia lagi berpikir, dan pasti melakukan sesuatu yang membuatnya nyaman. Bahkan, tidak sedikit orang introvert berkarya tanpa meninggalkan tempat duduknya di suatu tempat yang sepi.

Orang introvert itu kreatif dan inovatif. Ia punya banyak ide-ide di kepalanya. Memberikan ia banyak ruang hening untuk belajar dan bekerja akan membuatnya semakin bersinar sebagai makhluk Tuhan yang benar-benar seksi dan mempesona.

Memang banyak orang, terutama yang berjiwa extrovert, lawan dari introvert, menilai orang-orang yang introvert itu lemah dan bahkan menilai kepribadian itu sebagai penyakit. Yah...itu tentu saja salah kaprah. Introvert bukan kelainan kejiwaan, melainkan kepribadian yang menikmati keheningan ketimbang keramaian, merasa nyaman dengan kesendirian ketimbang keributan.



Jika kamu lagi punya masalah, maka mintalah petunjuk kepada orang yang introvert. Ia punya banyak jalan dan solusi, karena ia begitu kritis dan analitis. 

Jika kamu ingin berbincang serius dengannya, ajaklah untuk berbincang 4 mata. Maka, ia akan punya hal-hal wow yang mungkin kamu tak sangka-sangka dalam perbincangan tersebut.

Jangan heran, orang-orang introvert memiliki passion di dunia tulis-menulis, misal. penulis lagu, puisi, buku, seniman, teknisi, dan konsultan.

Seorang introvert yang menjadi guru, akan menjadi guru yang unik, berbeda, dan tentunya berintegritas.

Seorang introvert yang menjadi pemimpin, akan menjadi pemimpin yang bijak, karena senang mendengar suara-suara rakyat lalu dalam kesendiriannya hadir solusi terbaik.

Apa itu Fetish?

Fetish itu adalah gangguan mental atau kelainan yang dialami seseorang dalam hal stimulus seksualnya. Ia dapat teransang terhadap benda-benda atau bagian tubuh non-seksual. Kok bisa? ya bisa. Namanya juga kelainan. 

Ia bisa teransang hanya dengan melihat pakaian pasangan atau dengan mencium bau badannya. Terkadang juga dengan hanya melihat foto bagian tubuh tertentu seperti jempol, jari tangan, rambut, atau tumit. 

Fetish paling parah itu kalau sudah memaksakan kehendak dan berusaha melukai jika tidak dituruti. Jadi, berhati-hatilah jika ada kenalan kamu yang minta dikirimin foto bagian tubuhmu atau benda-benda yang berkaitan dengan dirimu. 

Jangan sampai dijadikan objek pemuas nafsu terlarang oleh sang pengidap fetish.

Apa itu Ghosting?

Istilah berikutnya adalah ghosting. Ghost itu dari segi bahasa  - bahasa Inggris berarti hantu atau setan. Terus membaur dalam dunia baru menjadi ghosting. Apa artinya? Apakah ada hubungannya dunia mistis? Ternyata tidak.

Ghosting itu adalah suatu sikap menutup diri, menjauh dari seseorang, memutuskan komunikasi dan hubungan secara sepihak, tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Ghosting memang sikap yang menyerupai hantu. Yakni menjadi tidak terlihat sehingga tidak terjangkau oleh manusia manapun.

Istilah ini sempat viral di media sosial, sebagaimana dugaan media kepada Kaesang terhadap Felicia Tissue. Kaesang dianggap melakukan Ghosting terhadap Felicia. 

Apa itu KLB?

KLB itu singkatan dari Kongres Luar Biasa. Dilakukan oleh suatu partai atau kelompok untuk memilih dan menetapkan ketua umum baru. 

Untuk menyelenggarakan KLB, sebuah partai mesti memenuhi syarat-syarat yang disepakati.

Namun, ada juga KLB abal-abal yang dibuat dengan cara tidak sah, demi kepentingan pribadi atau golongan. Seperti baru-baru ini, KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, yang menetapkan KSP Moeldoko sebagai ketua terpilih. 

Namun, benar atau tidaknya KLB tersebut, biarlah hukum yang menetapkan, kita sebagai rakyat kecil hanya bisa memantau dari jauh. Karena siapapun yang berkuasa di negeri ini  tak ada bedanya tak ada bedanya pada rakyat, kalau tidak bekerja, perut tetaplah lapar. 

Apa itu Gelay?

Gelay adalah istilah yang menarik untuk dibedah artinya. Istilah ini sempat viral di tiktok karena terselip dalam video Nissa Sabyan, public figure muda yang baru saja diserang issue pelakor. Tapi, kita gak fokus di issue tersebut ya. Cukup fokus ke gelay-nya ajah. 

Gelay itu punya dua teori pemaknaan loh.

Pertama, gelay itu artinya gak like. Dan artinya lainnya itu adalah geli. 

Cuma netizen sepertinya lebih suka jika gelay itu diartikan sebagai plesetan dari geli.

Geli menurut KBBI adalah suatu respon ketika tubuh digelitik. 

----

Oke, sahabat pintar, cukup sudah pembahasan kita tentang apa itu introvert, fetish, ghosting, KLB, dan Gelay. Sampai jumpa di pembahasan istilah-istilah terbaru berikutnya! Bye

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!