Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Setelah Libur Panjang

INIRUMAHPINTAR - Libur panjang berangsur-angsur usai. Bahkan di sejumlah tempat, anak sekolahan mulai aktif kembali. Setelah libur panjang, biasanya motivasi belajar mengalami penurunan. Selain karena masih terlena indahnya masa liburan, bisa juga karena mata pelajaran yang dihadapi di semester baru lebih sulit dan membingungkan. 

Untuk itu, para siswa perlu melakukan refleksi diri. Sementara para orang tua sangat perlu mendampingi agar buah hati mereka mendapatkan kembali motivasi belajarnya di sekolah. 

Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan movitasi belajar setelah libur panjang yang berhasil saya rumuskan:

1. Mendaftarkan Anak ke Tempat Les/Kursus

Para siswa yang mengalami kesulitan belajar atau beradaptasi dengan materi baru setelah libur panjang berpotensi mengalami stress dan depresi mendadak. Apalagi jika bayang-bayang kenikmatan liburan masih membekas dalam angan-angan. Bahkan keinginan untuk membuka buku atau berusaha lebih keras untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit di dalam buku tugas seakan belum move on dari angka nol. 

Dalam hal ini, para orang tua perlu peka dan cepat tanggap mengatasi kesulitan anak tersebut. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menawarkan anak untuk ikut les/kursus/bimbingan belajar di tempat-tempat yang terpercaya. 
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Setelah Libur Panjang

Melalui kelas tambahan di tempat les ini, para siswa akan semakin percaya diri dan belajar mandiri dengan suasana baru di sana. Lambat laun, kesulitan belajar yang dihadapi setelah libur panjang akan teratasi.

2. Menyewa Guru Privat atau Memasukkan di Kelas Semiprivat

Tidak semua anak mampu belajar efektif dalam kelas yang heterogen di tempat bimbingan belajar. Alasan utamanya adalah karena si anak lebih lamban menyerap materi, atau bisa juga karena masih tingginya gengsi untuk menunjukkan ketidaktahuan dan bertanya di hadapan teman-temannya yang lain. 

Oleh karena itu, para orang tua perlu pandai-pandai melihat fenomena ini pada anak-anaknya. Berdiskusilah dengan buah hati dan putuskan untuk menyewa guru privat di rumah atau memasukkan anak ke tempat les/kursus semiprivat dimana anak bisa dibimbing mandiri oleh satu pengajar/mentor ahli. 

Melalui tahapan bimbingan ini, insya Allah, si anak akan memiliki motivasi belajar sekaligus prestasinya kembali sedikit demi sedikit.

3. Menjanjikan Hadiah yang Menarik

Semua orang suka diberi hadiah termasuk para anak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk menjanjikan hadiah jika anak mereka belajar lebih giat, berprestasi lebih baik, dan memiliki karakter yang semakin santun kepada orang tua, guru, teman dan lingkungan sekitar. 

Ada yang menganggap cara ini adalah metode kuno. Namun, bagi saya, cara ini sangat ampuh asalkan hadiah yang diberikan bukanlah barang atau hal-hal yang memberatkan.

4. Mendoakan Anak dengan Khusyuk

Doa adalah ibadah sekaligus kekuatan pengubah takdir paling manjur. Doa yang paling makbul adalah doa orang tua kepada anaknya. Jadi, selain menggunakan tips-tips di atas, para orang tua wajib mendoakan anak-anaknya senantiasa agar menjadi generasi yang selalu bersemangat dalam kebaikan, termasuk ketika belajar di sekolah.

5. Mengajak Anak untuk Meningkatkan Kualitas Ibadah

Motivasi adalah kekuatan yang timbul dari dalam tubuh manusia. Tidak tampak seperti materi-materi padat dan cair layaknya batu dan air. Oleh karena itu, kekuatan yang membentuk motivasi akan terlahir dengan optimal jika rohani pun kuat. 

Dan cara terbaik untuk mengokohkan rohani adalah meningkatkan kualias ibadah. Bagi orang Islam, menegakkan shalat 5 waktu adalah cara terbaik untuk menguatkan rohani. Pada akhirnya, proses ini akan menaikkan rating motivasi belajar. 

Untuk itu, para orang tua berkewajiban mengajak anak-anak mereka untuk beribadah lebih baik, mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Mulai dari hal-hal terkecil, seperti tersenyum kepada orang lain. Atau menyingkirkan batu-batu kecil di tengah jalan, dsb. 

Demikianlah tips atau cara meningkatkan motivasi belajar setelah libur panjang ala INIRUMAHPINTAR. Semoga bermanfaat dan jayalah pendidikan Indonesia. 

0 Response to "Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Setelah Libur Panjang"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!