Persamaan dan Perbedaan Novel dan Hikayat

INIRUMAHPINTAR - Jelaskan Persamaan dan Perbedaan Novel dan Hikayat? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya sobat pembaca membuka-buka kembali penjelasan di artikel sebelumnya yang berjudul:
  1. Pengertian, Ciri, Unsur, Jenis-jenis Novel
  2. Pengertian, Contoh, Ciri-Ciri / Karakteristik HIKAYAT
Selanjutnya, mari kita mengupas tuntas apa saja persamaan dan perbedaan di antara dua karya sastra tersebut berikut ini:

Persamaan Novel dan Hikayat:

  1. Novel dan hikayat sama-sama merupakan karya sastra.
  2. Novel dan hikayat sama-sama mengandung unsur instrinsik dan ekstrinsik.
  3. Novel dan hikayat sama-sama mengandung unsur-unsur kebahasaan dan nilai-nilai.
  4. Novel dan hikayat sama-sama merupakan prosa fiksi.
  5. Penyusunan novel dan hikayat sama-sama dipengaruhi latar sosial, budaya, agama, adat, dan alam dari pengarangnya. 
  6. Novel dan hikayat sama-sama unik dan menarik diangkat ke layar kaca baik dalam bentuk film layar lebar atau FTV.

Perbedaan Novel dan Hikayat:

  1. Novel termasuk karya sastra modern (baru) sedangkan hikayat merupakan karya sastra lama.
  2. Novel menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami dibandingkan bahasa yang digunakan dalam hikayat.
  3. Novel menyajikan keteraturan dalam penceritaannya sedangkan hikayat mengandung bahasa yang panjang, bertele-tele, dan kadang sulit dimengerti.
  4. Pilihan kata (diksi) dalam novel cenderung baku dan familiar sedangkan pilihan kata pada hikayat cenderung kemelayu-melayuan.
  5. Novel umumnya bertemakan kehidupan sosial sedangkan hikayat umumnya bertemakan istana dan kerajaan.
  6. Novel berisikan tokoh-tokoh yang realistis sedangkan hikayat berisikan tokoh-tokoh yang memiliki keajaiban, ilmu supranatural atau gaib. 
Persamaan dan Perbedaan Novel dan Hikayat

Perkembangan Novel dan Hikayat

Saat ini, kita sangat jarang lagi menemukan kisah-kisah hikayat kontemporer yang dihasilkan para penulis. Selain karena dunia sekarang telah jauh dari kehidupan istana, juga nilai jual hikayat tampak kurang menarik di kalangan generasi millenial. 

Dibandingkan hikayat, novel sebenarnya memiliki nasib lebih baik. Jika kita berjalan-jalan ke toko buku (sebut saja Gramedia), maka tidak sulit untuk mendapati jejeran novel masa kini. 

Walaupun, minat baca generasi millenial telah beralih dari membaca buku-buku berbentuk cetakan ke era bacaan digital, setidaknya kita masih mendapati bahwa novel masih memiliki nilai jual.

Tidak jarang, kisah-kisah dalam novel menginspirasi film-film masa kini. 

Menurut saya, agar pembuatan novel tidak sia-sia. Mulai saat ini, penulis wajib juga menyertakan novelnya dalam bentuk digital atau aplikasi yang bisa didownload di playstore atau di google play. Saya pikir cara itu menjanjikan.

Tantangan terberatnya hanyalah bagaimana menumbuhkan minat baca para generasi millineal yang kian tergerus zaman modernisasi. Minat membaca malah beralih pada objek-objek singkat seperti status-status di medsos atau gambar-gambar meme yang unik dan menarik. 

Kecenderungan tersebut tentu saja wajib dijadikan bahan evaluasi bagi creator novel di tanah air. 

Dalam hal ini, industri kreatif memaksa para pencipta karya untuk menyajikan karya mereka dalam bentuk semenarik, seunik, dan sekreatif mungkin. 

Penutup

Setelah mengetahui persamaan dan perbedaan novel dan hikayat, baiknya kita memetik pelajaran berharga. Salah satunya adalah memotivasi diri sendiri untuk menjadi generasi penerus yang mampu berkarya. Hanya dengan cara itu, kita dapat melestarikan karya sastra tanah air. Dan tidak menutup kemungkinan, jika ini dikembangkan, suatu saat nanti karya Indonesia akan mendunia, layaknya kisah Harry Potter dan Spiderman yang di-film-kan dan sukses di pasaran.

Demikianlah pembahasan tentang Persamaan dan Perbedaan Novel dan Hikayat. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Persamaan dan Perbedaan Novel dan Hikayat"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.