Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis, Cara Membuat Poster

INIRUMAHPINTAR - Pada kesempatan ini, saya mengajak para pembaca untuk memahami Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis, Cara Membuat Poster. Sama halnya dengan iklan dan slogan, poster juga familiar di kalangan masyarakat. Hampir di setiap tembok yang terdapat di pinggir jalan terpasang poster, entah untuk menawarkan barang atau jasa ataupun poster imbauan/ajakan melakukan sesuatu. Di majalah dinding atau tempat strategis lainnya yang terdapat di tempat-tempat umum, juga tak luput dari adanya poster. Namun, apakah poster itu sebenarnya jika ditinjau dari sudut pandang teoritis? Apa tujuan dan fungsinya? Ciri-cirinya seperti apa? dan jenis-jenisnya ada berapa? Bagaimana langkah-langkah membuatnya?

Nah, bagi adik-adik pelajar kelas 8 yang menggunakan buku bahasa Indonesia Kurikulum 2013 tentu akan terbantu dengan tulisan ini. Tidak terkecuali Bapak/Ibu guru yang membutuhkan sumber belajar online sebagai media belajar siswa.

Dengan harapan, para pembaca semakin menguasai ilmu dan skill membuat poster sendiri baik sebagai tugas sekolah atau untuk tujuan lain di masyarakat.

Nah, langsung saja, agar lebih memahami konsep poster, berikut saya sajikan pengertian, tujuan, fungsi, ciri-ciri, jenis, syarat penulisan, dan contoh poster.

Pengertian Poster

Poster merupakan perpaduan gambar dan tulisan yang memuat suatu hal dan dipasang atau ditempel di tempat umum, untuk menarik perhatian pembaca untuk memakai atau mengikutinya.

Poster juga bisa didefinisikan sebagai pengumuman berbentuk gambar atau tulisan yang ditempelkan di dinding, tembok, atau tempat-tempat umum yang strategis agar mudah diketahui banyak orang.

Pengertian lain menyebutkan bahwa poster merupakan media gambar yang memiliki sifat persuasif tinggi karena menampilkan suatu persoalan (tema) yang menimbulkan perasaan kuat terhadap publik.

Poster juga bisa dibahasakan sebagai lembar plakat/pengumuman untuk menyampaikan informasi yang dipasang di tempat ramai (umum) atau tempat yang mudah dibaca oleh masyarakat banyak.

Tujuan/Fungsi poster

Fungsi poster adalah menyampaikan pesan kepada publik. Sedangkan tujuan poster yaitu menarik perhatian khalayak/publik untuk berpartisipasi memenuhi ajakan/himbauan sesuatu yang diposterkan. Secara spesifik, tujuan poster yakni agar orang banyak mau melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.

Misalnya, ajakan untuk melestarikan hutan, membuang sampah di tempatnya, menghemat penggunaan gas dan bahan bakar minyak, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, menghadiri suatu pesta/perayaan, menyaksikan Tabliq Akbar, pengajian atau pameran, dan lain-lnin. Intinya poster dibuat agar memikat perhatian, sehingga kata-kata dan kalimat yang digunakan harus persuasif, yakni mampu mempengaruhi masyarakat banyak.

Ciri-Ciri Poster

Berikut ini ciri-ciri poster.
  1. Berisi gambar dan tulisan atau kalimat yang sesuai 
  2. Tulisan atau kalimat poster singkat, padat, dan jelas.
  3. Tulisan atau kalimat poster mengandung persuasif (ajakan).
  4. Pemberian gambar/foto dan tulisan atau kalimat dalam poster memiliki perbandingan proposional.

Contoh Poster:

Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis, Cara Membuat Poster

Jenis-Jenis (Macam-Macam) Poster

Sama halnya dengan iklan, poster juga memiliki beberapa jenis. Berikut ini jenis poster berdasarkan sifatnya.
  1. Poster niaga bersifat memengaruhi pembaca agar membeli barang atau memakai jasa yang ditawarkan.
  2. Poster kegiatan bersifat memberi tahu pembaca tentang adanya suatu kegiatan atau memengaruhi pembaca untuk mengikuti kegiatan yang diumumkan.
  3. Poster penerangan atau layanan masyarakat bersifat memengaruhi pembaca untuk melakukan hal yang diimbaukan maupun untuk tidak melakukan suatu perilaku tertentu. Dengan kata lain, Poster penerangan atau layanan masyarakat adalah poster yang berisi penjelasan, pesan, dan informasi yang bertujuan menyadarkan masyarakat tentang suatu hal yang mengangkat kepentingan bersama. Misalnya, poster pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sebagainya.
  4. Poster hiburan bersifat menghibur. Poster jenis mengandung kata-kata yang kocak namun tetap mematuhi kaidah-kaidah dan norma-norma berlaku, termasuk tidak sampai menyingung orang lain. 

Syarat-Syarat dalam Penulisan Poster

Poster yang baik dan ideal harus memenuhi beberapa syarat berikut ini;
  1. Adanya kesesuaian/kesinkronan antara poster dengan perilaku yang diimbaukan.
  2. Adanya daya tarik dari kata atau kalimat yang digunakan
  3. Adanya kepadatan isi dalam kalimat poster.
  4. Terdapat kesesuaian/kesinkronan antara gambar dengan kalimat poster.
  5. Terdapat nilai-nilai keindahan dalam pengaturan letak gambar dengan kalimat poster sehingga tetap proporsional dan menarik perhatian. 

Langkah-Langkah Membuat Poster

Untuk membuat poster yang baik lagi menarik, perhatikan langkah-langkah sistematis berikut ini:
  1. Menentukan topik dan tujuan yang diposterkan.
  2. Merumuskan amanat atau pesan yang akan disampaikan dalam poster.
  3. Merumuskan kalimat yang ringkas, padat, menarik, dan jelas sehingga pembaca lebih mudah mengerti dan menangkap pesan dalam poster.
  4. Menggunakan kalimat yang mengandung ajakan (persuasif) atau yang bersifat membujuk serta mengandung daya sugestif sehingga efektif dalam memengaruhi orang banyak.
  5. Menggunakan gambar/foto/ilustrasi pendukung yang diberikan corak warna-warni sehingga terlihat menarik dan memikat orang banyak untuk melihatnya.
  6. Menggunakan perantara media yang tepat, misalnya dibuat pada bahan seng, papan kayu yang luas, kain, atau bahan lain yang sesuai. 
***
Demikianlah pembahasan lengkap tentang Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis, Cara Membuat Poster. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis, Cara Membuat Poster"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.