Pengertian Kelas Maya, Keuntungan, Kelemahan, Jenis

INIRUMAHPINTAR - Jelaskan Pengertian Kelas Maya? Apa saja keuntungan dan kerugiannya? Sebutkan contoh dan jenis-jenis kelas maya -  dalam hal ini platform gratis untuk menyelenggarakan kelas maya? Pertanyaan tersebut menjadi materi utama dalam tulisan ini. Secara umum, kelas maya adalah lingkungan belajar online. Lingkungan dapat berbasis web dan diakses melalui portal atau perangkat lunak berbasis dan memerlukan file eksekusi yang dapat didownload.

Sama seperti di kelas dunia nyata, seorang siswa di kelas maya berpartisipasi dalam instruksi sinkron, yang berarti bahwa guru dan siswa masuk ke lingkungan belajar maya pada saat bersamaan.

Banyak sekolah dan bisnis telah meluncurkan ruang kelas maya untuk memberikan pendidikan jarak jauh yang sinkron. Aplikasi perangkat lunak kelas maya sering menggunakan beberapa teknologi sinkron, seperti konferensi web, konferensi video, liveesting, dan VoIP berbasis web untuk memberi siswa jarak jauh kemampuan untuk berkolaborasi secara real time. Untuk meningkatkan proses pendidikan, aplikasi juga dapat memberi siswa alat komunikasi asinkron, seperti papan pesan dan kemampuan obrolan

Berikut adalah beberapa komponen kunci dari kelas maya. Saya yakin bahwa ini bisa diperluas lebih jauh, tapi demi kesederhanaan, saya hanya memasukkan apa yang saya yakini sebagai yang paling menentukan.

Pengertian Kelas Maya

Kelas maya adalah kelas online yang memungkinkan peserta berkomunikasi satu sama lain, melihat presentasi atau video, berinteraksi dengan peserta lain, dan terlibat dengan sumber daya dalam kelompok kerja.
Pengertian Kelas Maya, Keuntungan, Kerugian, Jenis-Jenisnya

Keuntungan dan Manfaat Kelas Maya

Keuntungan 1. Tidak terbatas

Kelas maya memungkinkan pelajar dan instruktur di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam kelas hidup untuk berkolaborasi dan berinteraksi. Program MOOC seperti Coursera adalah contoh bagus dari konsep ini dalam tindakan.

Keuntungan 2. Terjangkau

Biaya rendah untuk pengadaan ruang kelas maya dianggap sebagai keuntungan utama. Peserta didik dapat menghemat uang dengan tidak perlu khawatir dengan biaya perjalanan. Peserta juga menghemat waktu karena semua yang dibutuhkan adalah koneksi internet.

Keuntungan 3. Pembelajaran yang Fleksibel

Kelas online juga memungkinkan kemampuan untuk merekam kelas seperti yang terjadi, termasuk presentasi audio dan visual. Hal ini berarti konten dapat diakses bahkan setelah dikirim, manfaat tambahan bagi mereka yang menginginkan penyegaran cepat, atau mungkin tidak sepenuhnya mengerti pertama kali.

Keuntungan 4. Praktis dan Terbukti

Pembelajaran dalam kelas maya memungkinkan semua orang berperan dalam pembelajaran pada saat bersamaan. Kuliah tradisional adalah contoh dari jenis pembelajaran ini, dan telah digunakan selama ratusan tahun. Pembelajaran online memungkinkan jenis pengalaman yang sama, namun dengan lebih banyak kemudahan dan alat.

Keuntungan 5. Mudah diakses

Kelas maya dapat digunakan untuk menyampaikan perkuliahan, atau bahkan tutorial secara online. Kelas maya juga merupakan pilihan bagus untuk pertemuan dadakan dan proyek kelompok dimana anggota perlu melakukan check-in dalam kemajuan dan saling memantapkan gagasan satu sama lain. Dengan lingkungan maya, ide dan kolaborator tidak pernah merasa berjauhan.

Kelemahan/Sisi Negatif Kelas Maya

Meskipun tentu saja kelemahan kelas maya tidak banyak keuntungan/manfaatnya, ada beberapa aspek penggunaan kelas maya yang mungkin dianggap oleh beberapa orang sebagai sisi negatifnya.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

Kelemahan 1. Beberapa orang mungkin menganggapnya impersonal

Akan selalu ada orang yang lebih memilih belajar dalam kelas maya. Namun, beberapa tutor/guru/dosen dan peserta didik mungkin merasa tidak nyaman untuk menyampaikan atau terlibat dengan kursus/perkuliahan yang diajarkan dalam kelas maya.

Ada cara untuk mengatur hal ini. Sistem manajemen pembelajaran akan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terhubung dengan tutor dan rekan mereka dengan menggunakan mekanisme obrolan video, audio dan teks. Mendorong percakapan melalui forum ini dapat membantu menunjukkan bahwa maya tidak harus berarti kesepian.

Kelas maya juga dapat digunakan bersamaan dengan waktu kelas untuk mendukung dan memperkuat kesempatan belajar.

Kelemahan 2. Beberapa tutor/guru/dosen dan peserta didik mungkin memerlukan pelatihan tambahan

Sebagian besar ruang kelas maya dirancang untuk digunakan secara intuitif. Sebagian besar siswa dan staf cenderung sangat nyaman menggunakan teknologi semacam ini. Namun, beberapa staf dan siswa tidak akan percaya diri menggunakan alat digital dan mungkin memerlukan dukungan tambahan untuk memulai. Mungkin perlu memiliki anggota atau staf IT untuk mendukung terciptanya kelas ini.

Meskipun ada beberapa kelemahan menggabungkan kelas maya ke dalam lingkungan sekolah atau kampus, kami percaya bahwa hal itu sangat sebanding dengan banyak keuntungan.

Kelemahan 3. Tidak tercipta hubungan atau interaksi psikologis secara nyata

Pembelajaran maya memang memiliki keuntungan, namun, interaksi psikologis yang juga dibutuhkan peserta didik mustahil bisa dihadirkan tutor/guru/dosen dalam kelas maya. Hanya dalam kelas sesungguhnya, para tutor mampu menjalin interaksi nyata. Dan hal ini terkadang dapat memicu motivasi dan semangat belajar para peserta didik.

Kelemahan 4. Masih kurang efektif dilangsungkan di negara-negara berkembang

Di negara berkembang seperti Indonesia, penyelenggaraan kelas maya masih sering mengalami hambatan. Kecepatan dan kuota internet menjadi tantangan besar. Belum lagi masalah tersedianya jaringan listrik. Di sejumlah tempat masih sering terjadi pemadaman. Bahkan tidak sedikit sekolah yang belum terakses dengan listrik dan jaringan internet. Untuk itu, kelas maya, jika sedikit dipaksakan, hanya bisa diimplementasikan pada kelompok belajar dalam skala kecil, misalnya di laboratorium komputer dan di kampus-kampus elit yang telah memiliki fasilitas lengkap. 

7  Jenis/Contoh Platform Gratis untuk Menyelenggarakan Kelas Maya

Semakin banyak sekolah menengah dan universitas menerapkan kelas maya untuk menjangkau lebih banyak siswa/mahasiswa sepanjang waktu. Berikut adalah 7 platform gratis yang dapat digunakan untuk menyukseskan kelas maya. 

1. Moodle

Daftar ini tidak bisa dimulai tanpa menyebut Moodle dulu. Moodle adalah platform gratis yang biasa disebut sebagai sistem manajemen kursus atau lingkungan belajar virtual. Untuk menggunakan Moodle Anda harus menginstalnya di server Anda sendiri atau meminta seseorang untuk meng-host Anda. Jika Anda tidak memiliki server sendiri, pencarian Google yang cepat untuk "Moodle hosting" akan membawa Anda ke banyak perusahaan yang akan menjadi tuan rumah Moodle untuk Anda. 

2. Claroline

Claroline adalah program open source yang memberi kebebasan bagi pengguna untuk membuat kelas online mereka sendiri. Menggunakan Claroline, guru dapat melakukan kegiatan penilaian, mengeposkan dan mengumpulkan tugas, membangun wiki, memantau aktivitas siswa, dan membuat chat room atau forum diskusi. Claroline tersedia sebagai unduhan gratis untuk sistem Mac, Windows, dan Linux. Claroline bukan layanan host sehingga Anda perlu menginstal host Claroline. 

3. Udemy

Udemy adalah platform gratis untuk kursus pengajaran online (kelas maya). Siapa pun bisa mendaftar ke Udemy dan mulai membuat kursus/kelas/perkuliahan dalam hitungan menit. Udemy menawarkan berbagai alat untuk mengantarkan konten secara online. Pencipta kursus dapat mempublikasikan tayangan slide, mempublikasikan video, dan membuat slideshow dan video yang disinkronkan bersama. Pencipta kursus juga dapat mengadakan sesi online langsung melalui platform kelas maya Udemy. 

4. RCampus

RCampus adalah platform berbasis web gratis untuk menciptakan dan menyelenggarakan kursus/kelas/perkuliahan secara online. Menggunakan RCampus, guru/dosen/tutor dapat membuat kursus, mengumpulkan tugas siswa, dan memelihara sebuah gradebook. RCampus menyediakan semua alat yang Anda harapkan untuk ditemukan dalam sistem manajemen kursus online. Melalui RCampus Anda dapat memposting tugas, forum diskusi tuan rumah, memposting video, memposting gambar, mengirim link, mengumpulkan tugas, dan mengelola sebuah gradebook. 

5. Learnopia

Learnopia adalah layanan gratis yang menawarkan hosting untuk kursus/kelas/perkuliahan online. Learnopia juga merupakan tempat untuk mencari dan mengikuti kursus/kelas/perkuliahan online. Jika pencipta kursus membuat kursus mereka gratis bagi orang lain untuk diambil, maka hosting gratis. Namun saat ini, ada kursus Learnopia yang gratis dan ada juga fasilitas lain-lain yang memerlukan pembayaran.

6. eDhii

eDhii adalah layanan yang memungkinkan Anda membuat atau mengikuti kursus/kelas/perkuliahan mandiri secara online. Pencipta kursus eDhii menawarkan konten mereka secara gratis atau mengenakan biaya untuk konten kursus mereka. Pencipta kursus hanya membayar biaya jika mereka memilih untuk mengenakan biaya untuk konten kursus mereka. Konten kursus dapat mencakup teks, gambar, dan video. Orang-orang yang mencari pelajaran atau kursus dapat mencari daftar kursus dan pelajaran eDhii berdasarkan topik. Sayangnya, lLayanan ini offline pada Mei 2016.

7. Peer 2 Peer University (P2PU)

Peer 2 Peer University (P2PU) adalah komunitas online bagi orang-orang yang berbagi pengetahuan mereka melalui kelas/perkuliahan tingkat universitas. Para ahli secara sukarela menyediakan waktu dan sumber daya mereka untuk membuat dan memfasilitasi kursus di bidang keahlian mereka. Kursus dan materi benar-benar gratis. Pembayaran hanya dimungkinkan jika ada pembicaraan lanjutan yang lebih spesifik. 
***
Demikianlah pembahasan lengkap tentang Pengertian Kelas Maya, Keuntungan, Kerugian, Jenis-Jenis Platform Gratis untuk menyelenggarakan Kelas Maya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pengertian Kelas Maya, Keuntungan, Kelemahan, Jenis"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.