Pengertian, Cara Kerja, Fungsi Konektor RJ45

INIRUMAHPINTAR - Jelaskan Pengertian, Cara Kerja, Fungsi Konektor RJ45? RJ45 adalah jenis konektor yang biasa digunakan untuk jaringan Ethernet. Kelihatannya mirip dengan jack telepon, tetapi sedikit lebih lebar. Karena kabel Ethernet memiliki konektor RJ45 di setiap ujungnya, kabel Ethernet terkadang juga disebut kabel RJ45.

Singkatnya, RJ45 adalah bit plastik yang ada di ujung kabel jaringan telekomunikasi atau komputer sehingga bisa dihubungkan ke aplikasi. 

"RJ" di RJ45 adalah singkatan dari "jack terdaftar", karena ini adalah jaringan standar antarmuka. "45" hanya mengacu pada jumlah standar antarmuka. Setiap konektor RJ45 memiliki delapan pin, yang berarti kabel RJ45 berisi delapan kabel terpisah. Jika Anda melihat dari dekat ujung kabel Ethernet, Anda benar-benar bisa melihat delapan kabel, yang masing-masing memiliki warna yang berbeda. Empat di antaranya adalah warna solid, sementara empat lainnya bergaris.

Sejarah Singkat Konektor RJ45

Jack Terdaftar pertama kali diperkenalkan pada tahun 70an dan mengganti koneksi bulkier yang sebelumnya digunakan. American Telephone and Telegraph Company memperkenalkan steker di bawah sistem Bell yang merupakan merek dagang yang mereka gunakan untuk merekayasa layanan yang mereka tawarkan.

RJ45 menyediakan koneksi yang jauh lebih bersih dan estetis dibandingkan dengan konektor telepon gaya lama yang sangat besar. Konektor RJ yang disandikan oleh huruf C adalah flush mount atau surface mount huruf W adalah wall-mount dan S berarti jack tunggal. M adalah multi-line dan X adalah jack yang kompleks.
Pengertian, Cara Kerja, Fungsi Konektor RJ45

Varian Konektor RJ45

Kabel RJ45 dapat dihubungkan dengan dua cara yang berbeda. Satu versi disebut T-568A dan yang lainnya adalah T-568B. Standar pengkabelan ini tercantum di bawah ini:

T-568A

    Putih / Hijau (Terima +)
    Hijau (Terima -)
    Putih / Oranye (Transmit +)
    Biru
    Putih biru
    Orange (Transmit -)
    Putih / coklat
    Coklat

T-568B

    Putih / Oranye (Transmit +)
    Orange (Transmit -)
    Putih / Hijau (Terima +)
    Biru
    Putih biru
    Hijau (Terima -)
    Putih / coklat
    Coklat

Skema Kabel RJ45

Skema kabel T-568B sejauh ini adalah yang paling umum, meskipun banyak perangkat mendukung skema kabel T-568A juga. Beberapa aplikasi jaringan memerlukan kabel Ethernet crossover, yang memiliki konektor T-568A pada satu ujung dan konektor T-568B di sisi lain. Jenis kabel ini biasanya digunakan untuk koneksi komputer-ke-komputer langsung bila tidak ada router, hub, atau switch yang tersedia.

Cara Kerja dan Fungsi Konektor RJ45

RJ45 umumnya mengacu pada konektor yang digunakan dalam koneksi Ethernet jaringan standar. Ethernet adalah jaringan kabel komunikasi dan bagaimana komputer saling terkoneksi satu sama lain. Ada berbagai jenis kabel yang masuk ke konektor RJ45 secara signifikan. Yang pertama adalah koneksi Cat 4 yang memungkinkan empat koneksi kabel dan Cat 6 yang memungkinkan enam sambungan kabel.

Pada RJ45, Cat 6 berisi 6 kabel yang bisa digunakan untuk transfer data. Dari enam kabel internal ini hanya empat yang benar-benar digunakan. Pabrikan telah menambahkan dua tambahan untuk mengantisipasi perbaikan di industri teknologi. Mereka telah memperkirakan bahwa di masa depan kabel akan dibutuhkan untuk membawa data dalam jumlah yang lebih banyak tetapi pada saat ini tidak semuanya digunakan. Ini mirip dengan teori redundansi bahwa RJ45 tidak menggunakan kabel tambahan sampai benar-benar perlu.

Sambungan jack terdaftar digunakan pada kartu jaringan standar dan komputer yang terhubung ke jaringan. Kabel RJ45 adalah standar industri yang bertentangan dengan RJ11 yang hanya menggunakan 2 dari empat kabel di telepon.

Fungsi populer dari konektor RJ45 yaitu untuk disambungkan dengan kabel UTP. Dengan begitu barulah dapat digunakan.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang Pengertian, Cara Kerja, Fungsi Konektor RJ45. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pengertian, Cara Kerja, Fungsi Konektor RJ45"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.