8 Perbedaan Buku Digital PDF dan EPUB

INIRUMAHPINTAR - Sebutkan 8 Perbedaan Buku Digital PDF dan EPUB? Dapatkah Anda mencari jawabannya secara mendasar? Jika belum, silahkan baca penjelasan lengkap berikut ini!

Banyak orang penasaran dengan apa sebenarnya perbedaan antara PDF dan EPUB. Mereka tidak bisa mengerti mengapa semua orang tampak begitu bersemangat menggunakan EPUB. Apa hebatnya format itu dibandingkan dengan yang lainnya? 

Ternyata, orang sangat menyukai EPUB terutama untuk membuka format e-book yang reflowable (menyesuaikan diri dengan bentuk tampilan device - responsive). Hal itu dikarenakan EPUB merupakan platform standar e-book pertama yang gratis dengan dukungan industri aktual dan spesifikasi yang mumpuni. 

Dalam artikel ini, saya ingin mengajak para pembaca untuk mengenal lebih mendalam tentang buku digital berformat PDF dan EPUB, sehingga kita bisa menemukan perbedaan antara PDF dan EPUB.

Jelaskan Definisi EPUB dan PDF?

Walau EPUB masih kurang familiar di Indonesia. Di Amerika EPUB, yang juga disebut sebagai format publikasi elektronik, paling umum digunakan dibandingkan format lain karena didukung secara luas di semua platform. Apalagi, kebanyakan e-readers seperti iBook Apple, Barnes & Noble's Nook, Adobe Digital Editions, Aldiko di Android antara lain (hampir 300) mendukung file .EPUB. 

Format EPUB adalah berbentuk open platform (open source). Artinya gratis dan tersedia untuk umum meskipun ada peraturan khusus untuk penggunaannya. Hal ini sangat mirip dengan tampilan halaman HTML yang disajikan dengan gambar. Poin yang paling penting adalah EPUB menjadi format standar terbuka (gratis) untuk industri penerbitan dan dengan cepat menjadi standar untuk kebanyakan perangkat bacaan.
8 Perbedaan Buku Digital PDF dan EPUB

Sedangkan PDF sendiri, format asuhan Adobe, yang merupakan singkatan dari format dokumen portabel (Portable Document Format), menjadi salah satu format e-book tertua dan paling banyak digunakan. Dan format PDF juga mendukung tata letak (layout) yang lebar, termasuk pada konten reflowable. 

File PDF dapat ditandatangani secara digital dan terkunci dengan aman terhadap pengeditan. File PDF juga dapat dilihat dan dicetak di hampir semua platform. Format PDF lebih disukai karena file PDF menjaga tata letak asli dari setiap dokumen yang memiliki jenis data berupa teks, gambar, multimedia, video, 3D, peta, grafik warna penuh, foto, serta fitur-fitur lainnya. Lalu apa perbedaan antara buku digital (Ebook) PDF dan EPUB?

Inilah 8 perbedaan antara EPUB dan PDF yang perlu kita ketahui:

1. Readability (Keterbacaan)

File PDF bisa dilihat dengan cara yang sama seperti format aslinya. Pada PC atau Mac Os, PDF sangat cocok untuk pembaca kecuali di perangkat mobile. Untuk keterbacaan dengan perangkat mobile, EPUB lebih baik dari pada PDF.

2. Popularity (Popularitas)

Situs resmi Adobe mengatakan "Lebih dari 150 juta dokumen PDF tersedia untuk umum di web hari ini, bersama dengan file PDF yang tak terhitung jumlahnya di lembaga pemerintah dan bisnis di seluruh dunia." Dari analisis ini, tidak sulit untuk mengetahui bahwa EPUB belum populer seperti PDF

3. Kesesuaian dalam Platform

Sebagai PDF dan EPUB standar terbuka, PDF dan EPUB dapat dilihat dalam multi-platform: Microsoft Windows, Mac OS, Linux dan banyak perangkat mobile seperti iPad dan Kindle. Untuk membuka PDF di Windows misalnya, pengguna tidak perlu menginstal software tambahan karena biasanya telah mengikut pada program aslinya. Namun, untuk membuka file EPUB, pengguna mesti menginstal dulu aplikasi pembaca EPUB. 

4. Layout (Tata Letak)

File PDF mempertahankan gambar statis, tabel, gambar, dan elemen lainnya serta pengaturan tata letak dan tampilan eBook asli. Sementara EPUB memiliki konten fitur-fitur tambahan yang luar biasa. Dalam hal ini, tampilan teks dapat dioptimalkan untuk membaca perangkat EPUB.

5. Serbaguna

File PDF bisa dibuat untuk membuat catatan, highlight, anotasi, dll dengan Adobe Acrobat. Namun, EPUB bisa dibaca saja, tidak ada fungsi pengeditan.

6. Ekstensibilitas

"Lebih dari 2.000 vendor di seluruh dunia menawarkan solusi berbasis PDF termasuk pembuatan, plug-in, konsultasi, pelatihan, dan alat pendukung." Menurut Adobe.com. PDF lebih extensible yaitu EPUB.

7. Security (Keamanan)

PDF terkenal dengan fitur keamanannya. Tidak hanya tanda tangan digital yang bisa ditambahkan, Anda juga dapat menampilkan otoritas file PDF, yakni dengan menambahkan password pengunci yang melindungi file PDF dari pengeditan, penyalinan, atau dibuka bebas oleh orang lain. Sedangkan File EPUB dapat secara opsional dapat mengandung DRM (Digital Rights Management) atau Manajemen Hak Digital) yaitu teknologi pengaturan akses yang diterapkan oleh para penerbit atau pemegang hak cipta untuk membatasi penggunaan suatu media atau alat digital, walau tidak semuanya demikian.

8. Perbedaan Jenis Aplikasi Pembaca (Readers) untuk PDF dan EPUB

File PDF dapat dibaca menggunakan aplikasi readers seperti, iRex DR1000, Mobipocket, iRex iLiad,  Sony Reader, Bookeen Cybook, Amazon Kindle, Foxit eSlick, Barnes & Noble Nook, iPad, PocketBook Reader, Adobe reader, Foxit Reader dan masih banyak lagi.

Sedangkan format EPUB dapat dibaca di Kobo eReader, Barnes and Noble Nook, Apple iPad,  Sony Reader, BeBook, COOL-ER, Bookeen Cybook Gen3, Edisi Digital Adobe, Lexcycle Stanza, BookGlutton, AZARDI, Aldiko, dan lain-lain.
***
Selanjutnya, setelah mengetahui 8 Perbedaan Buku Digital PDF dan EPUB, silahkan tentukan bentuk platform yang anda sukai dan cocok dengan karakter dan kenyamanan Anda dalam membaca. Tak terkecuali ketersediaan device atau gadget yang Anda miliki. 

0 Response to "8 Perbedaan Buku Digital PDF dan EPUB"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.