14 Fakta Unik dan Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

INIRUMAHPINTAR - Kali ini saya mengajak pembaca untuk mengupas tuntas tentang 14 Fakta Unik dan Manfaat Kimchi untuk Kesehatan. Namun, sebelumnya perlu kita ketahui bahwa kimchi adalah makanan tradisional Korea hasil fermentasi yang mengandung manfaat untuk kesehatan manusia. Kimchi dibuat melalui serangkaian proses, termasuk menyiapkan kubis atau lobak, dan mencampurnya dengan berbagai bumbu dan rempah lainnya, lalu difermentasi. Kimchi juga bisa dibuat dari kol, lobak, daun bawang, atau mentimun sebagai bahan sayuran utama. Bergantung selera pembuatnya.

Tentu, sobat penasaran bukan untuk mengetahui manfaat dari Kimchi ini. Apalagi makanan ini udah familiar bagi sobat yang menggemari film-film Korea. Kimchi sering nongol loh di sana. Ayuk kita simak penjelasan lengkap berikut ini:

Fakta Unik tentang Kandungan Nutrisi Kimchi

Kimchi kaya vitamin, mineral, serat makanan, dan unsur lainnya. Kimchi terbuat dari berbagai sayuran yang tinggi serat makanan dan rendah kalori. Sayuran yang digunakan dalam kimchi juga berkontribusi terhadap nilai gizinya secara keseluruhan. Kimchi mengandung vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), kalsium, dan zat besi dan mengandung bakteri asam laktat, di antaranya adalah spesies Lactobacillus.

Temukan manfaat kesehatan dan penggunaan kimchi yang terbukti membuatnya harus memiliki makanan setiap hari karena banyak alasan kesehatan.
14 Fakta Unik dan Manfaat Kimchi untuk Kesehatan 

Manfaat Kimchi untuk Kesehatan


1. Kimchi Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi kimchi yang difermentasi dapat membantu tubuh memperbaiki parameter metabolik pada pasien yang mengeluh kelebihan berat badan atau mengalami obesitas. Bukan hanya itu, kimchi yang difermentasi juga memiliki efek positif mengendalikan tekanan darah sistolik dan diastolik, persentase lemak tubuh, glukosa, dan kolesterol, dibandingkan efek kimchi segar. Dan secara keseluruhan, kimchi membantu menurunkan berat badan. 

2, Kimchi Bagus untuk Arteri dan Jantung 

Kimchi mengandung asam propionat yang memiliki efek antioksidan pada pencegahan akumulasi plak di arteri, penebalan arteri atau aterosklerosis. Selain itu, dapat berpengaruh baik mengatasi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer. Studi juga telah menunjukkan bahwa senyawa di kimchi (kubis yang difermentasi) lebih unggul dibanding simvastatin dalam menghambat aterosklerosis.

3. Kimchi Bagus untuk Kulit

Menurut sebuah penelitian, kimchi mengandung probiotik, Lactobacillus sakel, yang meringankan peradangan kulit akibat alergi. Hal ini membuat kimchi efektif untuk mengobati alergi dan mengurangi peradangan kulit akibat alergi. Kimchi juga efektif dalam mengobati kulit gatal kronis yang dikenal sebagai dermatitis atopik atau eksim atopik. 

4. Kimchi Mencegah Diabetes

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kimchi memiliki aktivitas antidiabetes. Termasuk mengonsumsi kimchi dalam diet terbukti bisa membantu mencegah diabetes.

5. Kimchi Mencegah Alergi

Menurut seorang studi, kimchi yang terbuat dari fermentasi Ixeris sonchifolia mengandung senyawa dengan sifat anti alergi dan memperbaiki reaksi alergi, seperti pruritus, anafilaksis, dan pembengkakan. 

6. Kimchi Membantu Melawan dan Mencegah Kanker

Menurut sebuah studi, kimchi dan komponen aktifnya, termasuk beta-sitosterol, memiliki potensi baik dalam pencegahan dan pengobatan kanker, dan telah menunjukkan bukti meyakinkan bahwa efek antikanker tercipta dalam proses pengolahan kimchi. Dalam studi lain, kombinasi chitosan dan Kimchi menunjukkan aktivitas antiproliferatif pada sel kanker usus manusia.

7. Kimchi mencegah toksisitas BPA

Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang umum digunakan untuk pengerasan plastik. Zat ini dapat ditemukan di perangkat medis, compact disc, botol air, lapisan makanan kalengan dan minuman, serta berbagai produk lainnya. Beberapa risiko BPA seperti mengganggu kenormalan hormon, berdampak negatif pada otak dan perilaku bayi atau anak kecil, meningkatkan risiko kanker, masalah jantung dan kondisi lain seperti obesitas dan diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri problotik yaitu  Bacillus pumilus dalam kimchi mampu merendahkan bisphenol A.

8. Anti-Mikroba

Kimchi memiliki khasiat antimikroba yang membantu mencegah berbagai bakteri dan infeksi bakteri karena makanan. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri problotik di dalam kimchi yang dikenal sebagai Lactococcus lactis menghasilkan bakteriosin seperti nisin dengan fungsi anti-mikroba yang super.

9. Anti-Bakteri

Sebuah studi menyimpulkan bahwa bakterilorin yang diekstraksi dari kimchi menunjukkan aktivitas antibakteri yang kuat.

10. Anti-Inflamasi

Kimchi memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya berguna mengatasi penyakit peradangan seperti bisul dan rheumatoid arthritis. Menurut sebuah penelitian, HDMPPA yang ditemukan di kimchi dapat memberikan respons anti-inflamasi dengan menekan ekspresi mediator proinflammatory dan sitokin yang diinduksi LPs.

11. Kimchi Melindungi Neuron (Sel Saraf)

Neuron adalah komponen inti otak dan sumsum tulang belakang dari sistem saraf pusat (SSP), dan ganglia dari sistem saraf perifer (PNS). Mengonsumsi kimchi membantu melindungi neuron atau sel saraf tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kimchi mengandung strain probiotik yang menghasilkan GABA dan memiliki efek neuroprotektif pada sel neuron.

12. Anti Jamur

Kimchi mengandung probiotik Lactobacillus plantarum dengan aktivitas antijamur yang mencegah pembusukan jamur dan pembentukan mycotoxin dalam makanan.

13 Kimchi Mengurangi Toksisitas Natrium Nitrat

Nitrit, baik yang ditambahkan maupun alami dalam makanan, adalah karsinogen potensial, dan mengendalikan konsentrasinya penting untuk menjaga kesehatan. Studi telah menunjukkan bahwa bakteri asam laktat yang diisolasi dari kimchi mengurangi kadar natrium nitrat.

14. Kimchi Baik untuk Kesehatan Perut 

H. Pylor adalah bakteri yang menyebabkan peradangan kronis di perut dan merupakan penyebab terjadinya borok. Beberapa gejala infeksi helicobacter pylor (H. pylon) yaitu kembung, bersendawa, mual, muntah, atau ketidaknyamanan perut. Dan kimchi dapat membantu menghambat infeksi tersebut.Menurut sebuah penelitian, lactobacillus paraplantarum yang terkandung dalam kimchi mampu menghambat pertumbuhan Helicobacter pylor dan aman terhadap sel epitel lambung. Karena itulah, kimchi baik untuk menjaga kesehatan perut
***
Nah, sekian pembahasan singkat tentang 14 Fakta Unik dan Manfaat Kimchi untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat!

0 Response to "14 Fakta Unik dan Manfaat Kimchi untuk Kesehatan "

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.