Ciri-Ciri Negara Maju, Contoh, dan Penjelasannya

INIRUMAHPINTAR - Kali ini saya tertarik membahas tentang Ciri-Ciri Negara Maju, Contoh, dan Penjelasannya berdasarkan sudut pandang keilmuan dan analisis pustaka yang saya lakukan.

Negara maju adalah negara yang telah mandiri dan terdepan di segala bidang kehidupan. Setiap negara di dunia memilki impian menjadi negara maju. Namun, usaha-usaha mewujudkannya tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak tantangan dan ujian yang harus dihadapi. Dalam hal ini, stabilitas keamanan dan kondusifitas dunia turut memberikan pengaruh.

Berdasarkan tingkat kemajuan, ada 4 kategori negara di dunia yakni negara terbelakang, negara berkembang, negara maju, dan negara adidaya (super power). Lalu, hal apa saja kriteria (ciri) yang harus dipenuhi oleh sebuah negara agar dapat dikategorikan sebagai negara maju? Mari kita baca ulasannya berikut ini:

Ciri-Ciri Negara Maju


1. Pendapatan Perkapitanya Melimpah

Negara maju memiliki sumber pendapatan yang selalu melimpah. Pendapatan tersebut berasal dari perdagangan ekspor dan impor. Walau perekonomian dunia goyah, neraca keuangan negara maju selalu stabil dan surplus. Hal itu dikarenakan siklus perekonomiannya mandiri, tidak bergantung pada produk-produk luar. Oleh karena itu, negara maju lebih cenderung mengekspor produk dibandingkan mengimpor. Situasi ini tidak terlepas dari mentalitas masyarakatnya, yang cinta produk dalam negeri.

2. Tidak Memiliki Utang

Negara maju tidak memiliki utang sama sekali. Malahan, negara maju cenderung menjadi negara pemberi utang. Oleh karena itu, masyarakat dan negara tidak memiliki beban. Dengan demikian pembangunan di negara maju sangat pesat karena alokasi dana diperuntukkan sebesar-besarnya untuk pembangunan dan kemakmuran warga negara.

3. Angka Pengangguran Rendah

Negara maju bebas berkreasi dalam menciptakan lapangan kerja. Hal itu diikuti dengan semakin tumbuhnya industri di negara tersebut. Hasilnya, angka pengangguran sangat rendah. Semua sumber daya manusia dapat terserap masuk ke setiap lini. Tak terkecuali para pekerja non-ahli.

 inirumahpintar copyrights
Ciri-Ciri Negara Maju, Contoh, dan Penjelasannya

4. Pendidikan Masyarakatnya Maju


Negara maju tidak pernah kekurangan dalam membiayai pendirian sekolah-sekolah, universitas, dan lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal. Bahkan, pemerintah menggelontorkan beasiswa pendidikan yang banyak untuk masyarakatnya. Begitupun di lembaga penelitian, tidak ada riset yang terbengkalai hanya karena masalah minimnya dana.

Negara maju pun tidak hanya fokus pada sarana dan prasana pendidikan. Dalam hal ini, guru dan dosen sangat diperhatikan. Dalam hal ini, mulai dari pembinaan, perekrutan, hingga pemberdayaan guru, dosen, dan tenaga pendidik berlangsung dengan profesional dan penuh integritas. Jadi, tidak ada lagi istilah guru atau dosen sukarela karena negara memantaskan setiap keringat para warganya dengan harga yang ideal.

5. Kesehatan dan Harapan Hidup Tinggi

Negara maju memiliki standar pengelolaan kesehatan yang berintegritas dan berkualifikasi tinggi. Oleh karena itu, masyarakatnya dapat berobat dengan pelayanan maksimal. Hasilnya, harapan dan kesempatan hidup meningkat.

Hal ini pun didukung oleh kualifikasi tenaga kesehatan, dokter, dan peneliti medis yang profesional dan ahli di bidangnya masing-masing.

Dan yang paling menguntungkan masyarakat yaitu biaya pengobatan tidak mencekik masyarakat, terutama masyarakat kecil. Dalam hal ini, negara memiliki alokasi khusus untuk membantu pengobatan warganya.

6. Angka Kriminal Rendah

Karena segala aspek kehidupan berjalan dengan baik, angka kriminal di negara maju sangat rendah. Tidak ada lagi masyarakat yang melakukan kejahatan demi memenuhi kebutuhan ekonomi. Orang pun cenderung lebih toleran karena didukung dengan kualitas pendidikan yang memadai.

7. Teknologinya Maju

Negara maju memiliki kualitas teknologi maju. Hal itu dikarenakan industri-industri terus berkembang dengan sangat baik, termasuk yang bergerak di bidang teknologi.

Sementara itu, para peneliti teknologi pun disponsori penuh oleh pemerintah. Jadi, hasil studi penelitian selalu menghasilkan produk-produk teruji dan ilmiah.

Kemajuan tersebut pun ditandai dengan banyaknya orang-orang dari negara berkembang yang antusias berdatangan untuk belajar teknologi baru.

Saat ini, negara maju di bidang teknologi yaitu Jepang, Amerika Serikat, dan China.

8. Stabilitas Sosial Terjaga

Interaksi sosial di negara-negara maju cenderung sangat aktif dan mobilitasnya tinggi. Hampir semua masyarakatnya adalah rajin dan produktif bergerak dan berkarya di bidangnya masing-masing. Mereka berbaur tanpa sekat. Suasana sangat akrab dan toleran. Namun demikian, level persaingannya sangat ketat tetapi tetap positif.

9. Ekonomi didominasi Industri dan Jasa

Karena didukung oleh semua lini yang kondusif, masyarakat di negara maju sangat suka berkarya. Mereka bebas mengeluarkan ide, pikiran, dan kreativitasnya yang bernilai jual. Hal itu kemudian menghadirkan nuansa yang ideal untuk tumbuhnya industri dan jasa.

Dalam hal ini, para masyarakatnya kurang tertarik menjadi CPNS atau ASN yang bekerja secara terikat oleh instansi. Mereka lebih senang berkarya dan membuka usaha sendiri sesuai passion mereka sendiri.

10. Intensitas Mobilitas Penduduknya Tinggi

Masyarakat negara maju memiliki ruang gerak yang bebas. Oleh karena itu, mobilitas masyarakatnya sangat tinggi. Jadi, tidak mengherankan jika mereka selalu ada di berbagai negara di dunia. Mereka ada dimana-mana. Menikmati hidup baik sebagai turis atau bekerja sebagai tenaga kerja ahli di negara lain.

Mereka dominan melibatkan diri sebagai investor di negara-negara berkembang. Jadi, tidak mengherankan, jika banyak perusahaan dari negara maju memegang proyek-proyek penting di negara lain.

11. Pajak Rendah (Bebas Pajak)

Karena devisa negara maju selalu surplus, pemerintahnya tidak membebani rakyat dengan pajak tinggi. Bahkan, negara maju yang superpower lebih senang membebaskan pajak untuk warga negaranya.

12. Rajin Memberi Bantuan dan Hibah

Negara maju selalu terdepan dalam mengirimkan bantuan dan hibah ke negara-negara yang mengalami bencana di seluruh dunia. Bukan hanya berbentuk materi. Mereka pun selalu siap sedia menyuplai tenaga-tenaga ahli, seperti medis, militer, dan politik.

13. Angka Kebahagiaan Sangat Tinggi

Adanya kesuksesan di segala bidang membuat seluruh masyarakat yang hidup di negara maju berada dalam kondisi di atas rata-rata. Tidak ada lagi masyarakat yang kekurangan. Hal ini pun menghasilkan persentase kebahagiaan yang selalu meningkat sepanjang tahun. Hanya saja, kadang-kadang masyarakatnya terbuai dengan kebahagiaan semu. Hingga lupa bahwa kebahagiaan sesungguhnya itu jalur rohani dan peribadatan ke Maha Pencipta.

Contoh Negara- Negara Maju di Benua Amerika:

1. Amerika Serikat
2. Canada

Contoh Negara-Negara Maju di Benua Eropa:

1. Inggris (United Kingdom)
2. Italia
3. Belanda
4. Perancis
5. Jerman
6. Slovenia
7. Spanyol
8. Portugal
9. Belgia
10. Austria
11. Islandia
12. Irlandia
13. Denmark
14. Swedia
15. Finlandia
16. Norwegia

Contoh Negara-Negara Maju di Benua Asia

1. Jepang
2. Hongkong
3. China
4. Singapura


Contoh Negara-Negara  Maju di Benua Australia

1. Australia
2. Selandia Baru

Kapan Indonesia Menjadi Negara Maju

Untuk memajukan perkembangan di segala bidang di Indonesia, pemerintah dan seluruh masyarakat harus melakukan revolusi besar. Masalah-masalah krusial seperti kasus korupsi, n4rk0ba, dan pergaulan beb4s mesti dimusnahkan terlebih dahulu. Dan menurut saya, perubahan ini sebaiknya dimulai di level petinggi negara.

Untuk itu, siapapun pemimpin di Indonesia, ia wajib membenahi dan membekali diri dengan integritas, profesionalisme, dan tanggung jawab sebelum menuntunt banyak kepada rakyatnya. Dalam hal ini, keteladanan dari pemimpin menjadi soko guru yang paling utama.

Yah, semoga saja Indonesia segera dapat membenahi diri di akhir tahun 2017 ini, sehingga di tahun-tahun berikutnya, negeri ini dapat melangkah pesat di segala bidang. aamiiin...

0 Response to "Ciri-Ciri Negara Maju, Contoh, dan Penjelasannya"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.