Mengupas Istilah Berselancar (Surfing) di Internet

INIRUMAHPINTAR - Berselancar di Internet merupakan kegiatan yang hampir setiap hari dilakukan oleh masyarakat melek teknologi di Indonesia dan di seluruh dunia. Namun, pernahkah ada yang membayangkan tentang istilah yang digunakan ketika berselancar di internet tersebut? Ternyata istilahnya surfing. Saya yakin sudah banyak yang tahu tentang itu. Namun, pasti tidak banyak yang tahu bagaimana jejak-jejak penggunaan surfing dalam penjelajahan berbasis web dari waktu ke waktu.

Jika dicari di dalam kamus, artinya surfing memang berarti berselancar. Namun, bukankah surfing itu lebih familiar digunakan untuk kegiatan berselancar di pantai? Mengapa digunakan  juga untuk istilah berselancar di internet? Awalnya saya pun bertanya demikian. Maka dari itu, topik tentang berselancar dan surfing menjadi objek yang sangat ingin saya kupas tuntas setajam silet di postingan ini. 

Ternyata oh Ternyata...

Beach Boys adalah sang Inspirator

Semua berawal dari Beach Boys. Band asal Amerika ini mempopulerkan lagu berjudul "Surfin USA" sejak tahun 1963. Lagu tersebut kemudian booming dan menjadi titik tolak perkenalan olahraga favorit di Hawai tersebut ke seluruh penjuru dunia. Hingga kemudian, olahraga surfing sukses menjadi pemikat turis di beberapa tempat misalnya di Australia, California, dan Hawai sendiri. 


Diteruskan oleh Endless Summer

Endless Summer adalah sebuah film yang diproduksi Bruce Brown pada tahun 1966. Film tersebut menceritakan tentang 2 orang peselancar, Mike Hynson dan Robert August yang keliling dunia untuk memperkenalkan olahraga surfing. Tempat-tempat yang mereka kunjungi seperti, pantai Afrika, Tahiti, New Zealand, Hawai, dan Australia. Mereka pun menjadi duta yang mempopulerkan olahraga surfing sebagai olahraga yang menyenangkan. Sejak saat itu, jumlah peminat surfing meningkat.

Surfing Mulai Menjadi Populer untuk Banyak Kegiatan

Istilah pertama yaitu "Van Surfing". Digunakan pada tahun 1985. Istilah tersebut digunakan untuk menyebut orang-orang yang melakukan seni berdiri di atas mobil Van. Aksi mereka yang menyerupai kegiatan berselancar di pantai tersebut kemudian digelari "Van Surfing".

Selanjutnya ada juga istilah "train surfing". Istilah tersebut disematkan kepada orang-orang yang melakukan aksi nebeng di atas kereta api ke tempat tujuan mereka. Bahkan istilah tersebut juga diabadikan dalam "The Wall Street Journal".

Di tahun 1986, istilah tentang "surfing" juga diperkenalkan di dunia pertelevisian. Kegiatan menggonta-ganti saluran atau channel TV diistilahkan "Channel Surfing."

Di tahun 1989, tradisi "stage diving" sangat populer dalam konser-konser musik dan festival dimana orang-orang yang tampil di atas panggung meluncur ke arah penonton bagaikan melakukan aksi menyelam (diving). Lalu, aksi tersebut diikuti dengan istilah "Crowd Surfing" yakni istilah bagi seseorang yang diangkat oleh kerumunan penonton hingga berpindah dari satu posisi ke posisi lain.

Internet

Setelah hadirnya teknologi internet di tengah-tengah peradaban manusia. Istilah metafora "surfing" pun ikut-ikutan disandingkan terhadap kegiatan penjelajahan di internet. Semua bermula di tahun 1990-an ketika internet telah beralih menjadi World Wide Web atau WWW.

Hingga sekarang istilah Surfing pun menjadi kata-kata populer bagi warganet. Entah sampai kapan penggunaan kata surfing ini digunakan sebagai istilah metafora berbagai kegiatan yang menyerupai aktivitas berselancar di pantai.

Yang tertarik melihat lagu Beach Boys yang berjudul "Surfin USA". Mainkan video berikut ini:

0 Response to "Mengupas Istilah Berselancar (Surfing) di Internet"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.