5 Memori(y) Card yang Bagus untuk HP Android

INIRUMAHPINTAR - Memiliki HP Android tanpa dukungan memori(y) card MicroSD external sepertinya masih sulit bagi sobat yang butuh perangkat smartphone dengan banyak aplikasi. Bagaimana tidak, kebanyakan memori internal yang disematkan di dalam engine HP Android masih belum cukup untuk menampung besarnya volume aplikasi yang ada pasaran. Apalagi bagi sobat yang memiliki HP Android level medium/standard (harga 2 jutaan ke bawah). Besarnya volume memori internal umumnya masih di kisaran 8 GB dan 16 0GB. Malahan masih ada di bawah rentang tersebut. Untuk itu, sebagai pengguna HP android level medium, yang umumnya dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan pegawai kantoran, satu-satunya pilihan untuk memaksimalkan performa ponsel pintar yaitu dengan menambahkan memori card MicroSD di slot memori eskternal. Umumnya up to 32 GB.

Sebagai konsumen bijak, sebelum memilih dan membeli memori card MicroSD yang benar-benar bagus dan sinkron dengan kapasitas ponsel, sobat perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Pertama, ketahuilah spek ponsel sobat dengan baik. Terutama dalam hal batas volume memori yang bisa ditampung oleh engine HP Android sobat. Untuk lebih jelasnya, silahkan tanyakan ke konter tempat sobat membeli HP tersebut atau ke pusat layanan (Service Center) terdekat.

Kedua, survei merek memori card terbaik. Biasanya konsumen memilih produk yang terjangkau dan tahan lama. Untuk mengetahuinya, sobat boleh bertanya ke teman-teman sobat yang pernah menggunakan memori card. Mintalah pertimbangan dan testimoni mereka.

Ketiga, datangilah toko HP resmi terdekat dan belilah memori card yang pas di kantong sobat.


Nah, untuk sobat yang butuh informasi tambahan, berikut ini saya deskripsikan 5 Memori(y) Card yang Bagus untuk HP Android menurut analisis internal dan survei kecil-kecilan yang saya lakukan tanpa berafiliasi dengan produsen manapun...hehehe.

1. Sandisk MicroSD

Merek Sandisk sudah sangat populer di kalangan konsumen memori card MicroSD, baik untuk kebutuhan upgrade volume memori di HP Android maupun di perangkat lain seperti kamera dan tablet.

Salah satu kelebihan dari memori bermerek Sandisk menurut saya adalah produk ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Hampir setiap toko ponsel resmi yang saya datangi memiliki stok memori card ini. Selain itu, harganya pun terjangkau.

Kelebihan lain yang patut dipertimbangkan adalah Sandisk MicroSd digadang-gadang memiliki kecepatan membaca file 80 Mb/detik. Jadi, tidak perlu khawatir untuk menggunakannya sebagai penyimpan data eksternal di gadget sobat.

2. Samsung MicroSD

Dari namanya, dengan mudah kita bisa menebak bahwa memori card Samsung MicroSD diperuntukkan khusus buat pengguna HP dan produk-produk Samsung. Namun, sobat boleh juga kok menggunakannya untuk produk-produk merek lain. Asalkan compatible dan cocok dengan spek Android sobat.

Dari segi kecepatan membaca data, Samsung Micro SD dapat mencapai 48 Mb/detik.  Meski masih kalah dari Sandisk tetapi kelebihan dari memori Card ini adalah dari segi ketahanannya. Produk ini digadang-gadang tetap awet meski digunakan dalam cuaca dan suhu yang berubah-ubah. Bahkan produk ini sangat tangguh saat bersentuhan dengan X-Ray.

Secara pribadi, saya jarang menemukan merek memori card ini di toko-toko dekat rumah saya. Namun, saya yakin produk ini tersedia di tempat-tempat lain. Lagipula, bagi sobat yang ingin memilikinya kini tidak usah repot-repot. Manfaatkan ajah situs jual-beli online seperti Bukalapak, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

3. Sony MicroSD

Sony adalah brand populer di pasar elektronik sejak lama. Banyak produk-produknya yang melanglang buana di seluruh dunia. Bahkan, radio dan TV di masa kecil saya kebanyakan dikuasai oleh pasar Sony. Selain merambah di dunia ponsel, kini Sony pun memproduksi memori card untuk mendukung HP android di dunia.

Dalam hal kecepatan, produk ini digadang-gadang mencapai 70 Mb/detik. Dan keunggulannya adalah memori card MicroSd ini telah dilengkapi dengan software back-up data. Jadi, sobat dapat mengembalikan data-data yang sudah terhapus, entah disengaja atau tidak. Keren bukan!

Pantas saja, kebanyakan teman saya memakai kartu memori bermerek Sony untuk kamera mereka.

Kemudian, dalam hal ketersediaan stok di pasaran, terus terang saya pun jarang menemukannya di toko-toko terdekat rumah saya. Namun, saya tetap yakin produk ini punya stok banyak di tempat lain. Pasalnya, produk ini sangat melimpah di situs jual-beli online. Artinya, produk ini masih laris manis.

4. Micro Sd V-Gen

Memory Card MicroSD V-Gen adalah brand yang juga populer di kalangan pengguna HP Android. Hampir setiap toko ponsel resemi punya stok produk ini.

Walaupun dijual dengan harga terjangkau, memori card ini boleh diandalkan. Kecepatan dan ketahanannya pun tidak perlu diragukan. Pasalnya, pengguna memori Card MicroSd V-Gen ini sangat banyak di pasaran Indonesia.

Satu hal yang perlu sobat waspadai hanyalah keaslian produknya. Soalnya, memori card V-Gen versi tembak (tidak asli) dikabarkan pernah beredar di pasaran. Dan secara sepintas, memang sulit dibedakan. Perlu ada pengujian dulu untuk mengetahui memori card tersebut asli atau tidak. Jadi, sebelum membeli, cek dulu keasliannya ya!

5. Cortex MicroSD

Cortex merupakan brand produk memori card yang telah membumi di Indonesia. Dilaunching sejak tahun 2015, produk Cortex punya nama besar di kelasnya. Walaupun namanya masih kurang familiar di telinga kita, memori card Cortex digadang-gadang punya banyak kelebihan.

Cortex MicroSD memiliki daya tahan terhadap suhu/cuaca, air, benturan, dan sinar X. Oleh karena itu, data-data akan selalu tersimpan dengan aman. Agar lebih meyakinkan, produk ini disebar di pasaran dengan jaminan seumur hidup. Jadi, secara kualitas, produk memori card ini sangat menjanjinkan.

Kemudian masalah harga dan ketersediaan stok, sobat pun tidak perlu khawatir. Saya baru saja mengeceknya di situs jual-beli Bukalapak dan Shopee, produk tersebut tersedia dengan harga dan varian beragam.

Kesimpulan dan Penutup

Sebagai penutup, saya cuma mengingatkan. Produk memori card apapun yang sobat akan beli, jangan lupa mengecek keasliannya terlebih dahulu. Sesuaikan juga dengan isi dompet dan spek HP Android sobat. Terakhir, belilah produk tersebut di toko-toko resmi yang terpercaya baik dengan mendatanginya langsung atau membelinya secara online. Tetap waspada dan hati-hati, agar sobat benar-benar puas dan menikmati produk pilihan sendiri. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya ya!.

0 Response to "5 Memori(y) Card yang Bagus untuk HP Android"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.