Mengenal Lebih Dekat Kucing Savannah, Ras Kucing Termahal di Dunia

INIRUMAHPINTAR - Pernah nggak sobat mendengar tentang Kucing Savannah, sejenis kucing langka berukuran panjang dan besar dengan kaki jenjang, serta bermotifkan bulu belang-belang mirip harimau? Jika belum pernah, berarti kita sama, sob. Awalnya saya pun tidak sengaja menemukan "kucing Savannah" saat Googling mencari gambar-gambar kucing. Yang membuat saya penasaran untuk mencari tau, saat menemukan bahwa kucing Savannah ini dibanderol dengan harga sangat mahal di pasaran. Bahkan anakannya saja jauh lebih mahal dibandingkan harga kucing-kucing pada umumnya. Saya pun makin terkaget-kaget dan diliputi rasa penasaran luar biasa. Bener nggak nih! Kok ada kucing diperjualbelikan dengan harga menjulang tinggi, kucing peliharaan saya saja gratis karena saya mungut di jalanan. 

Emang apa kelebihannya kucing Savannah itu? Terus untuk apa membelinya? Mengapa harus semahal itu? Apakah kucing tersebut terbuat dari emas? atau memiliki kelebihan misalnya pandai main bola atau memasak? Nah, pertanyaan-pertanyaan itulah yang ingin saya bahas di artikel ini. Mari kita baca selengkapnya di bawah ini!

Bagaimana bentuk, rupa, dan corak kucing Savannah?

Kucing Savannah sepintas lalu tidak jauh berbeda dengan kucing-kucing biasa. Namun, jika diperhatikan lebih dekat, ciri khas kucing ini baru terlihat menonjol. Ia termasuk ras kucing dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan kucing pada umumnya. Badannya panjang, tegap dan atletis dengan kaki yang jenjang. Cakarnya pun relatif lebih panjang. Sedangkan coraknya mirip dengan belang harimau. Awalnya, saya pikir warnanya pun serupa dengan harimau. Namun, ternyata warna bulu kucing Savannah juga beragam. Ada yang coklat, mendekati oranye keemasan, abu-abu, silver, dan berwarna gelap mendekati hitam. 


Mengapa diberi nama Savannah, bagaimana sejarahnya?

Di area Savannah (padang rumput) Afrika, nenek moyang kucing Savannah berasal, dikenal dengan sebutan kucing serval (Leptailurus serval) atau tierboskat. Kucing jenis serval sendiri adalah ras kucing liar.  Kucing tersebut memiliki ukuran besar. Bahkan, ada yang meyakini bahwa kucing Afrika tersebut paling besar di dunia. Lalu, bagaimana kucing tersebut dapat melahirkan generasi baru bernama Savannah? Ternyata, kucing Savannah yang ada di pasaran saat ini adalah kucing hibrida alias blasteran. Ras kucing tersebut adalah hasil persilangan kucing Serval dengan ras kucing Siamese, sejenis kucing Asia.

Kucing Savannah pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Judee Frank pada tahun 1986. Lalu, menjadi populer di akhir tahun 90-an dan terdaftar di asosiasi kucing internasional pada tahun 2001. Kucing Savannah kemudian dinobatkan sebagai juara dalam kompetesi TICA - International Cat Show pada tahun 2012.

Apa saja kelebihan, fakta unik dan ciri khas karakter kucing Savannah?

Selain dikenal berukuran besar, terdapat beberapa kelebihan, fakta unik, dan ciri khas lain dari kucing Savannah yang perlu diketahui. Pertama, dibandingkan kucing rumahan biasa, kucing Savannah dianggap lebih cerdas. Ia memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar ketimbang ras kucing lainnya. Oleh karena itu, pemilik kucing Savannah perlu menyiapkan ruang bermain dan tempat tinggal yang layak untuk hewan peliharaan mahal ini. Kedua, kucing Savannah cenderung lebih enerjik ketimbang kucing rumahan biasa. Energinya lebih kuat dan gerakannya lebih lincah dan cepat. Ketiga, kucing Savannah tidak takut kepada Anjing. Ia malah memiliki kecenderungan untuk bersahabat dengan Anjing. Jadi, jangan heran jika kucing Savannah senang bermain dan lari-larian dengan Anjing. Tidak seperti kucing biasa, yang akan lari terbirit-birit jika didekati Anjing.


Berapa harga jual Kucing Savannah di pasaran?

Mungkin sobat juga bertanya-tanya, semahal apa harga jual kucing Savannah? Ternyata, mahal banget. Secara umum, harganya ada dikisaran 10 juta rupiah hingga di atas 500 juta rupiah. Fantastis bukan? Lalu, apa yang membedakan harganya? Ternyata, usia, ukuran, corak, kelamin, tingkat kejinakan dan jenis anakan kucing Savannah sangat menentukan. Klasifikasinya sendiri ditentukan berdasarkan tingkat kejinakannya. Makanya, di pasaran kita biasa menemukan kucing Savannah F1, F2, F3, F4, dan F5. Tidak menutup kemungkinan, jenis F6 dan seterusnya akan terlahir. Bergantung dari proses treatment para ahli yang bekerja di bidang tersebut.

Mengapa kucing Savannah harus dijual mahal?

Ternyata, untuk menghasilkan anakan kucing Savannah, tidak semudah yang dibayangkan. Kucing serval yang tiada lain merupakan nenek moyangnya perlu dipelihara dengan treatment khusus sebelum benar-benar siap dikawinkan dengan kucing Siamese. Bahkan, di antara banyak kali percobaan, hanya satu kali berhasil membuahkan anakan kucing Savannah. Jadi, sangat wajar jika kucing Savannah memiliki harga jual yang mahal. Coba bayangkan sendiri berapa biaya treatment, pemeliharaan, biaya makan, dan obat-obatan untuk mewujudkan hadirnya kucing eksotis tersebut?

Benarkah kucing Savannah termahal di dunia?

Berdasarkan penelusuran saya, saya menemukan bahwa kucing Savannah adalah salah satu kucing termahal di dunia. Namun, ras kucing lain yang juga dikenal mahal yaitu kucing Ashera. Bahkan, ada yang lebih mengunggulkan kucing Ashera sebagai kucing termahal. Katanya, kucing ini dibanderol dengan harga 150 juta hingga 1 miliar rupiah, sob. Wah....mahal amat ya! Namun, tetap saja saya beranggapan bahwa tingkat kemahalan itu relatif. Banyak faktor yang mempengaruhi. Untuk itu, entah kucing Savannah atau Ashera yang termahal di dunia, bagi saya, kedua sama-sama mahal. hehehe.

Mengapa orang ingin memiliki atau mengadopsi kucing Savannah?

Kucing Savannah dianggap mahal oleh kebanyakan orang. Namun, bagi pecinta kucing, harga bukan masalah. Semahal apapun harga jualnya di pasaran, pecinta kucing akan memburunya sampai dapat. Harga menunjukkan kelas. Dengan harga di atas rata-rata, kucing Savannah menawarkan sensasi peliharaan kucing yang juga super spesial. Ia bahkan berpeluang untuk memenangi jutaan Dollar jika diikutkan dan berhasil menjuarai kompetesi kucing Internasional.

Dengan kata lain, memelihara atau mengadopsi kucing Savannah lebih dari sekedar hobbi. Ia adalah gaya hidup. Dan bagi sebagian orang, bersama kucing Savannah di rumah adalah sesuatu yang langka dan memberikan kebahagiaan dan ketenangan. Tertarik mencobanya?

Dimana bisa membeli kucing Savannah di Indonesia?

Untuk membeli kucing Savannah di Indonesia, saya belum pernah melihat ada agen khusus yang menyediakan jasa jual beli tersebut di tempat-tempat umum. Saya hanya pernah membaca nama Chandra Cattery yang dimotori Cacang Effendi sebagai lokasi pembiakan kucing-kucing mahal. Dari om Google, saya memperoleh informasi bahwa Chandra Cattery beralamat di Bekasi, Jawa Barat. Bagi sobat yang tertarik mengetahui lebih banyak tentang dunia perkucingan, kunjungi ajah situsnya di- www.chandracattery.com. Alternatif lain yang boleh dicoba yaitu mengunjungi situs-situs jual-beli online yang banyak tersedia di dunia maya. Atau mendaftar di forum-forum terkenal seperti Kaskus, siapa tau ada yang punya channel tentang dunia kucing di salah satu threadnya.

Jika sobat punya cerita atau pengalaman menarik tentang kucing Savannah, saya tunggu ceritanya lho ya di kolom komentar! Salam kitties :)

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Kucing Savannah, Ras Kucing Termahal di Dunia"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.