Lagu Barat Islami untuk Latihan Listening Bahasa Inggris

INIRUMAHPINTAR - Belajar bahasa Inggris adalah kebutuhan di masa kini. Hampir setiap bidang ilmu menggunakan pengantar bahasa Inggris. Begitupun untuk berkomunikasi dengan dunia global, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa utama yang dipakai masyarakat internasional. Untuk pandai berkomunikasi berbahasa Inggris, kamu perlu menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa. Salah satu skill yang perlu dilatih adalah keterampilan mendengarkan (listening). Dengan kemampuan menyimak yang maksimal, kamu dapat lebih mudah mengerti apa yang dikatakan oleh rekan bicaramu. Selain itu, kamu pun bisa lebih familiar dengan film-film barat, acara talk show dan lagu-lagu yang berbahasa Inggris. Enak bukan?

Coba bayangkan jika kamu menguasai bahasa Inggris, ada banyak kesempatan untuk saling kenal-mengenal dengan siapa saja di dunia. Bahkan, tidak ada lagi alasan untuk menutup diri dari dunia yang begitu beragam. Perkenalkan dirimu, duniamu, kearifan timur yang ada di genggamanmu kepada seluruh makhluk bumi. 

Nah, salah satu media yang direkomendasikan penggiat bahasa untuk melatih keterampilan listening yaitu lagu. Dengan menyimak lagu-lagu barat secara konsisten dan penuh konsentrasi, peluang untuk menambah kepekaan listening comprehension semakin terbuka. Sayangnya, lagu-lagu ber-bahasa Inggris yang tersedia di internet saat ini kebanyakan berbau kurang mendidik. Namun, jangan khawatir! Pada kesempatan ini, saya akan membagikan beberapa lagu barat Islami yang mendidik untuk kamu pakai sebagai bahan latihan mendengarkan (listening) bahasa Inggris.

Langsung saja! Cekidot!
  1. Harris J - Salam Alaikum
  2. Harris J - You are My Life
  3. Harris J - Worth It
  4. Harris J - I promise
  5. Harris J - The One
  6. Harris J - Save Me From Myself
  7. Harris J - Rasool'Allah
  8. Harris J - Eid Mubarak Ft. Shujat Ali Khan
  9. Raef - You are the one
  10. Raef - (Rabbee) I'm Yours
  11. Raef - With You
  12. Maher Zain & Atif Aslam - I'm Alive
  13. Raef - So Real
  14. Raef - Home 
  15. Raef - You're There
  16. Raef - Your Mercy [Maroon 5 Cover - Won't Go Home Without You] 
  17. Raef - Man In The Mirror (Michael Jackson Cover) 
  18. Raef - It's Jumuah [Friday] | (Rebecca Black Cover) 
  19. Maher Zain - Love Will Prevail
  20. Maher Zain - Insha Allah
  21. Maher Zain - The Chosen One
  22. Maher Zain - Number One For Me
  23. Maher Zain - Close To You
  24. Maher Zain - Peace Be Upon You
  25. Maher Zain - The Power
  26. Maher Zain - True Love
  27. Maher Zain - Rabbee Yebarik (English)
  28. Maher Zain - One Day 
  29. Maher Zain - The Power
  30. Harris J - Let Me Breathe
  31. Raef - Peace & Blessings
  32. Raef - No One Knows But Me
  33. Maher Zain - Open Your Eyes
  34. Raef - Call on Him
  35. Raef - Freedom Ain't Free feat. Nano Omar
  36. Irfan Makki - I Believe feat. Maher Zain
  37. Maher Zain - Thank You Allah
  38. Maher Zain - Hold My Hand
  39. Maher Zain - Forgive Me
  40. Maher Zain - Guide Me All The Way
  41. Maher Zain - I Love You So
  42. Harris J - Love Who You Are
  43. Maher Zain - Ramadan
  44. Maher Zain - One Big Family


Lagu-lagu di atas sangat recommended buat kamu-kamu yang ingin memperlancar keterampilan menyimak (listening) dalam bahasa Inggris. Selain untuk hiburan tentunya. Dan tidak usah ragu. Ketiga penyanyi di atas bukan hanya menyanyikan lagu buat kesenangan semata tetapi juga untuk menebarkan nilai-nilai positif kehidupan. Bahkan makna lagu-lagu ketiganya selalu mengingatkan kita tentang adanya maha Pencipta yaitu Allah SWT.

Dan yang perlu dicatat adalah lagu-lagu di atas sangat up to date dan tidak kalah enaknya di telinga dibandingkan lagu-lagu barat populer lainnya. Semuanya easy listening. Ritmenya pun beragam, ada yang cepat, sedang, dan slow. Dan Pastinya mudah untuk dihafal. Terus, yang menjadi nilai plus-nya adalah lagu-lagu tersebut sangat mendidik, inspiratif, dan jauh dari hal-hal negatif yang dapat meracuni otak dan gaya hidup. Jadi, sangat rugi deh pokoknya tidak mengoleksi lagu-lagu di atas. Untuk mendengarkannya pun tidak sulit. Semua lagu di atas telah tersedia di YouTube, lengkap dengan video clipnya. Tidak ada keraguan untuk bersamanya di kala bersantai atau menikmati macet di kendaraan saat berangkat atau pulang kerja. 



Cara Mempertajam Kemampuan Listening melalui Lagu

Banyak yang pernah mempraktikkan belajar listening melalui lagu-lagu barat, tetapi tidak sedikit yang merasakan kegagalan. Untuk itu, saya ingin membagi sedikit pengalaman dan tips ketika saya belajar menyimak menggunakan lagu. Setidaknya ada beberapa tahap penting yang tidak boleh terlewat. Jika melanggar, maka hasilnya kurang memuaskan. Dan kamu pasti akan menyesal. Jadi, perhatikan langkah-langkah berikut ini!

1. Berpikir Positif

Mulailah dengan memperbaiki mindset kamu dengan selalu berpikir positif. Yakinlah bahwa proses latihan listening yang kamu lakukan melalui media lagu-lagu barat Islami dapat mengubah dirimu menjadi lebih baik. Yakinlah, bukan hanya kemampuan listeningmu yang akan meningkat, tetapi juga kepribadianmu. 

2. Dengarkan berulang-ulang (tanpa subtitle)

Setelah memilih lagu yang disukai, silahkan dengarkan lagu tersebut berulang-ulang hingga kamu benar-benar familiar dengan lagu tersebut. Meski belum mengerti sepenuhnya, setidaknya kamu tidak lagi asing dengan vocabulary (kosa kata) di lagu tersebut. Dan ingatlah untuk fokus pada satu lagu saja. Kuasai sepenuhnya baru pindah ke lagu-lagu berikutnya!

3. Dengarkan sambil membaca subtitle

Proses ini merupakan penegasan terhadap apa yang telah kamu dengarkan. Untuk memperkuat memori kamu terhadap vocabulary dan pronuciation dalam lirik lagu yang kamu pilih, dengarkan lagu tersebut dengan penuh konsentrasi sambil membaca subtitlenya dalam bahasa Inggris. Jangan lupa mencari tahu apa artinya dalam bahasa Indonesia menggunakan kamus atau google terjemahan sekiranya ada bagian yang belum kamu pahami.

4. Nyanyikan dan ikuti ritme lagu tersebut

Ikut mengucapkan hingga menyanyikan lagu-lagu barat yang telah kamu dengar dan pahami artinya dapat mempertajam ingatan kamu tentang vocabulary bahasa Inggris dalam lirik lagu tersebut. Oleh karena itu lakukanlah hal ini sebagai aktivitas di waktu luang. Lebih bagus lagi jika lagu tersebut dapat kamu hafal. Kamu bakalan mengoleksi pesan positif dalam otak kamu!

Nah, demikianlah informasi tentang beberapa Lagu Barat Islami untuk Latihan Listening Bahasa Inggris versi INIRUMAHPINTAR. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share pendapat kalian tentang-tentang lagu tersebut. Jika ada rekomendasi lagu-lagu barat Islami sejenis yang belum tercatat di atas, tolong ingatkan di kolom komentar ya! Peace be upon you, guys!

0 Response to "Lagu Barat Islami untuk Latihan Listening Bahasa Inggris"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.