Apa Tujuan Penulisan dan Belajar Teks Deskripsi?

INIRUMAHPINTAR - Teks deskripsi merupakan salah satu materi pokok dalam bidang studi Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam kurikulum 2013. Materi ini bahkan ditempatkan dalam kurikulum sebagai materi pertama yang diajarkan di kelas 7. Hal ini berarti teks deskripsi memiliki keutamaan. Apakah itu? Menurut saya, teks deskripsi jauh lebih mudah diajarkan dibandingkan jenis-jenis teks yang lain, seperti teks narasi (fantasi), teks fabel, teks laporan, dsb. 

Pada dasarnya, elemen-elemen dalam teks deskripsi hampir tiap hari kita gunakan untuk mengilustrasikan sesuatu atau seseorang kepada teman bicara. Misalnya, dalam sebuah kesempatan kita saling menceritakan pengalaman di hari libur. Walaupun di dalamnya mengandung unsur naratif, inti penceritaan dapat terpusat pada karakteristik teks deskripsi. 

Sebut saja Ani dan Budi. Mereka berbincang di waktu istirahat sekolah. Budi menceritakan bagaimana gambaran museum yang ia kunjungi saat akhir pekan. Termasuk bagaimana bentuk gedung museum tersebut, ada apa saja di sana, bagaimana halamannya, bagian dalamnya, dindingnya berwarna apa, siapa-siapa saja di sana, apa yang mereka yang lakukan, adakah pemandu khusus, suasananya bagaimana, adakah lampu-lampu hias, bagaimana pemajangan benda-benda di sana, dan masih banyak lagi.

Begitupun dengan Ani. Ia menceritakan tentang suasana kampung halamannya. Kebetulan saat berkunjung di hari libur, kampungnya lagi musim panen padi. Ia menggambarkan bagaimana orang-orang di jalanan, persawahan, dan seberapa ramai di sana. Ia juga menceritakan apa-apa yang dilihatnya saat ikut nenek dan kakek memanen padi di sawah. Mulai dari memotong padi, mengumpulkan jerami, memasukkan gabah ke karung, hingga suasana kehangatan makan bersama di bawah pepohonan. 

Berdasarkan ilustrasi di atas, dapat disimpulkan bahwa teks deskripsi bertujuan untuk memberikan gambaran detail tentang sesuatu atau seseorang sehingga hal apapun yang diceritakan itu seakan-akan ada di depan mata sehingga teman bicara dapat ikut terhanyut dalam suasana tersebut. 


Apa tujuan pengajaran penulisan teks deskripsi di tingkat SMP?

Teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan sesuatu. Agar teks desripsi dapat menghasilkan ilustrasi yang baik dan menarik untuk dibaca, seorang penulis wajib mengikuti pola-pola penulisan yang telah ditetapkan. Di tingkat SMP, para siswa diajarkan tentang teks deskrispi hingga mereka benar-benar mampu menulis teks deskripsi mereka secara mandiri. Apakah tujuan pengajaran teks deskripsi sesederhana itu? Tentu saja tidak.

Kelak, jika para siswa kelas 7 SMP yang belajar menulis teks deskripsi tersebut berhasil mengembangkan bakatnya di bidang tulis-menulis, maka mereka berpeluang menjadi calon-calon penulis handal. Seorang penoles novel misalnya, dalam karyanya selalu ada unsur-unsur deskriptif yang menjadi bumbu-bumbu penyedap tulisan. Dasarnya ada dalam teks deskripsi. Dan pengembangannya dalam dipadukan dengan ungkapan-ungkapan majas metafora atau personifikasi. Penulis handal punya kompetensi itu dan terkadang semuanya berawal dari sebuah pelajaran sederhana. 

Jadi, adik-adik pelajar yang mungkin pernah bertanya-tanya dalam hati, "untuk apa pelajaran teks deskripsi ini?" Jangan khawatir, itu adalah kesempatan kalian untuk menggali potensi diri. Setidaknya kalian punya harapan untuk menulis apapun dengan karakteristik kalian. Tulislah teks deskripsi kalian apa adanya tanpa beban. Kreasikan isi pikiran dalam bentuk tulisan. Semuanya tentu memiliki nilai yang patut dihargai.

Dengan demikian, para guru Bahasa Indonesia yang bertindak sebagai tumpuan harapan para siswa wajib membekali diri tentang semua komponen yang berhubungan dengan teks deskripsi. Faktanya, tidak semua guru adalah penulis atau memiliki kemampuan menulis yang handal. Namun, harapan para peserta didik masa kini tidaklah muluk-muluk. Setidaknya guru mereka mampu menyediakan teori-teori, dasar-dasar, dan langkah-langkah menulis hingga memfasilitasi ke arah mencipta karya tulis deskripsi yang baik. 

Teks deksripsi adalah pelajaran yang sederhana, dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan hampir semua orang selalu melisankan ungkapan deksriptif. Dan beranjak dari hal-hal sederhana tersebut, bangsa ini berharap di masa yang akan datang, akan terlahir generasi-generasi emas yang dekat dengan dunia penulisan, apapun profesi mereka kelak. 

Menulis adalah hal sederhana, tetapi juga merupakan salah satu upaya mengukir jejak-jejak sejarah untuk generasi-generasi berikutnya. Akhir kata, yang terpenting bukanlah mempertanyakan sejauh mana tujuan penulisan dan belajar teks deskripsi, tetapi sedini mungkin melatih diri untuk menulis apa saja, termasuk menulis teks deskripsi. 

Bagaimana? apakah Anda sudah pernah belajar menulis teks deskripsi? Jika Anda ingin berbagi tulisan tersebut di kolom komentar, saya dengan senang hati akan membacanya. Saya tunggu lho ya!

0 Response to "Apa Tujuan Penulisan dan Belajar Teks Deskripsi?"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.