10 Browser Terbaik untuk Android Versi Konsumen dan Visitor Blog

INIRUMAHPINTAR - Browser adalah sebutan untuk aplikasi mesin pencari baik di PC (Personal Computer) maupun di ponsel pintar (android). Melalui browser kita bisa memulai penjelajahan dan pencarian informasi di internet. Untuk itu, demi menghemat waktu, para warganet perlu memasang browser terbaik, super ringan, super ngebut, super nyaman dan super cepat di gadget masing-masing. Hanya dengan cara itu, kita akan merasakan sensasi nge-net yang luar biasa dan menyenangkan. Saya pun termasuk pengguna yang hampir tiap hari memakai aplikasi browser di ponsel. Dan setelah sekian lama, saya dapat menyimpulkan browser-browser terbaik menurut versi saya sebagai konsumen dan juga menurut statistik visitor (pengunjung) di blog ini.

Tentu saja, setiap orang memiliki pendapat dan pengalaman berbeda dalam menggunakan browser, khususnya di smartphone yang berbasis android. Hal itu dikarenakan, aplikasi browser yang terpasang di ponsel setiap orang juga berbeda. Bagi mereka yang pemula, tentu hanya menggunakan browser bawaan yang terinstal dari toko hp (provider). Namun, bagi pengguna pintar yang suka penasaran pasti telah mencoba beberapa aplikasi browser yang beragam. 

Nah, sebelum mencoba browser-browser terbaik, hal pertama yang kita lakukan adalah mencari tips-tips di internet. Namun, kebanyakan informasi yang diberikan hanyalah berupa daftar browser dan kelebihannya menurut versi pembuatnya. Belum ada yang memberikan ilustrasi pengalaman dari pengguna (konsumen). Untuk itu, marilah kita baca secara seksama 10 browser terbaik untuk android di bawah ini menurut pandangan saya sendiri sebagai konsumen dan statistik pengunjung blog inirumahpintar.com. 

1. Google Chrome (62%)

Google Chrome adalah browser yang tampil sebagai nomor satu. Hal ini bukan karena kebetulan, juga bukan karena saya fans Google Chrome. Sebagai pengguna, saya merasakan sendiri sensasi berselancar di dunia maya menggunakan browser ini di ponsel saya yang berbasis android. Sangat memuaskan. 

Terus terang, saya merasa sangat terbantu. Saya bisa mengecek statistik blog saya di Google Analytic dan Histats, juga ranking blog saya di Alexa dengan sangat cepat, lancar, dan ngebut. Tidak seperti browser lain yang pernah saya gunakan, Google Chrome dapat menampilkan visual dan flash dengan sangat baik, sehingga kenyamanan saya sebagai konsumen sangat awet. 

Saya pun pernah mencoba menulis artikel di blogger menggunakan browser Google Chrome. Hasilnya sangat menggembirakan. Saya sangat puas. Artikel pertama yang saya publish melalui Google Chrome berhasil tampil sempurna. Itu sudah termasuk foto yang juga saya upload langsung dari ponsel. Luar biasa. 


Saya pun pernah mencoba membuka beberapa tab secara bersamaan. Sukses kawan-kawan. Tidak ada masalah. Bahkan, saya pun dapat membuka jendela baru (incognito window) untuk pencarian privat tanpa hambatan sama nyamannya saat ber-internet ria di desktop komputer atau di laptop.

Selanjutnya, saya coba melihat statistik visitor di blog INIRUMAHPINTAR. Hasilnya, 62 persen pengunjung blog ini diakses melalui browser Google Chrome. Artinya, saya tidak salah menjadi konsumen setia Google Chrome selama ini. Ternyata ada banyak orang yang menginstal dan menggunakannya di ponsel mereka. 

2. UCBrowser (14%)

UCBrowser adalah salah satu browser terbaik yang dapat digunakan di ponsel berbasis android. Karena saya belum pernah menggunakan browser ini sebelumnya, jadi saya tidak dapat menjelaskan panjang lebar. Berdasarkan pencarian singkat yang saya lakukan di om Google, saya dapati bahwa hingga kini pengguna UCBrowser telah mencapai miliyaran di seluruh dunia. Itu berarti browser ini memiliki keunggulan. Katanya, browser ini dapat mengompress data dengan baik sehingga loading terjadi sangat cepat. Bahkan, browser ini diakui cepat dalam mendownload. Semoga saja informasi tersebut benar. Kapan-kapan saya akan mencobanya.

Di blog INIRUMAHPINTAR sendiri, UCBrowser menempati urutan kedua setelah Google Chrome sebagai browser favorit visitor. Hal ini tentu saja bukan kebetulan. Setiap layanan terbaik pasti akan mengundang pengguna setia dan UCBrowser telah membuktikannya.

3. Mozilla Firefox (7%)

Mozilla Firefox adalah browser populer, andalan dan terbaik yang pernah ada di muka bumi. Saya sendiri menggunakan browser ini sejak saya mengenal internet. Saat itu, saya berselancar di dunia maya masih menggunakan media komputer dan laptop. Dan kini, Mozilla Firefox terus berinovasi. Ia juga hadir di pasar ponsel pintar. Sayangnya, saya yang sudah terlanjur jatuh cinta pada sentuhan pertama dengan Google Chrome belum pernah sama sekali mencoba menginstal dan memakai Firefox di ponsel. Yang saya yakini bahwa jika di desktop Firefox dapat menghadirkan sensasi penjelajahan internet yang memuaskan tentu di kancah ponsel berbasis Android ia tidak diragukan.

Buktinya, di statistik visitor blog INIRUMAHPINTAR, Mozilla Firefox menempati urutan ke-3. Jika ada meragukan visitor tersebut hanyalah mereka yang ber-internet menggunakan PC, saya sedikit membantah. Soalnya, berdasarkan data lengkap di Google Analytics secara keseluruhan, 80 hingga 90 persen visitor blog ini tercatat sebagai visitor mobile, yakni menggunakan ponsel. Jadi, tidak mustahil ada visitor menggunakan Firefox berselancar di blog ini. 

4. SamsungBrowser (5%)

SamsungBrowser adalah browser terbaik yang juga bercokol di statistik blog INIRUMAHPINTAR. Angka 5% menunjukkan hal yang tidak mengecewakan. Itu berarti browser ini juga memiliki pengguna setia. Sayangnya, saya tidak termasuk, hehehe. Jujur! saya sendiri belum pernah merasakan sensasi berselancar di dunia maya menggunakan SamsungBrowser. Selain karena, ponsel saya tidak bermerek Samsung, juga karena saya masih enjoy bersama Google Chrome.  Namun, jangan khawatir, saya pun tertarik mencoba browser ini jika saya ditakdirkan memiliki HP Samsung bulan depan! doain yaah!

5. Opera (3%)

Opera atau Opera Mini adalah browser terbaik yang menempati urutan ke-5 di blog ini. Saya sendiri tidak meragukan angka 3% tersebut. Saya mengenal opera mini sejak Android belum ditemukan. Bahkan sebelum saya mengenal Google Browser sekalipun. Saat itu, saya masih menggunakan HP Nokia berbasis Symbian. Tiap hari, dengan menggunakan opera mini saya ber-internet dengan sangat nyaman. Apalagi saat itu, saya menggunakan paket data murah (paket mahasiswa). Hanya 10 ribu rupiah per bulan lho! Malahan terkadang cukup hingga dua bulan. Situs andalan saya pun terakses setiap saat. Mau tau situs andalan saya saat itu? Sini saya bisikin.....(faaaceeeeboook.....hheheh).

Hingga kemudian Android datang. Saat itu pula saya menginstal Opera Mini di ponsel. Hasilnya, hingga sekarang saya masih menyimpannya. Namun, itu tidak berarti saya selingkuh dari Google Chrome. Ibarat kata, Opera adalah kaki tangan saya dan Google Chrome adalah mata hati saya. 

Lambat laun, saya merasa Chrome lebih unggul karena saya bisa melakukan apa saja di browser tersebut. Opera mini pun sedikit demi sedikit saya tinggalkan. Untungnya, aplikasi tersebut masih saya pertahankan. Kali ajah, suatu saat saya tertarik untuk kembali mengulang kenangan masa lalu bersamanya.

6. Mobile Safari (1%)

Mobile Safari adalah browser terbaik yang juga memiliki pengguna setia di dunia maya. Walaupun saya belum pernah menggunakannya di ponsel berbasis android, saya pernah menggunakannya di desktop. Namun, itu sudah lama. Yang saya tersisa di ingatan adalah Safari tidak kalah dari Firefox dan Chrome dalam hal pengalaman berselancar. Hanya saja, saat itu, saya telah terlanjur familiar dan nyaman dengan Firefox. Begitu pun saat ini, saya lebih nyaman menggunakan Chrome di ponsel. Jadi, faktor kenyamanan adalah faktor penentu. Itulah salah satu alasan mengapa orang memilih browser tertentu untuk menikmati dunia maya. 

7. GSA (<1%)

GSA adalah singkatan dari Green Star Animation. GSA adalah browser terbaik yang juga tercatat di statistik pengunjung di blog INIRUMAHPINTAR. Sama seperti Safari, dan Firefox, saya juga belum pernah menggunakan browser ini di ponsel berbasis android. Yang saya tahu dari om Google, GSA ini memiliki fitur-fitur yang unik. GSA memungkinkan penggunanya membuka lebih dari 6 tab secara bersamaan. Dan setiap tab yang terbuka adalah tab halaman baru. Jika sobat pernah menggunakan browser GSA ini, sudilah kiranya berbagi pengalaman. Saya tunggu di kolom komentar lho ya!

8. CriOS (<1%)

CriOS adalah turunan dari Chrome. CriOS adalah versi revisi dari Chrome. Browser ini pastinya terbaik untuk berselancar di ponsel berbasis android. Hal itu dikarenakan, menggunakan Chrome versi biasa ajah, saya merasa nyaman sekali. Jadi, CriOS harusnya lebih bagus donk. Saya pun belum punya pengalaman memakai CriOS sehingga saya masih blank bercerita tentang browser ini. Untuk itu, saya pun mengundang dengan hormat para visitor-visitor INIRUMAHPINTAR yang pernah menggunakan CriOS untuk ikut nimbrung dan berbagi pengalaman. Ayo, share di kolom komentar ya! Saya tunggu lho!

9. Internet Explorer (<1%)

Internet Explorer adalah browser terbaik yang juga digunakan visitor INIRUMAHPINTAR. Siapa yang tidak mengenal IE. Hampir semua komputer atau laptop terinstal IE sebagai browser bawaan. Namun, IE tidak populer di kalangan warganet karena sedikit lambat jika diakses melalui internet di Indonesia. Saya pernah menggunakan IE saat di Amerika. Hasilnya, cepat, lancar, dan ngebut! Menurut informasi dari om Google Internet Explorer juga bisa digunakan di Android. Sayangnya, saya juga tidak memiliki pengalaman dengan browser ini. Mungkin sobat yang pernah menggunakannya ingin berbagi cerita? Saya menanti dengan hormat di kolom komentar!

10. CM Browser

CM adalah singkatan dari Cheetah Mobile. Browser ini belum ada dalam daftar statistik blog saya sebenarnya. Namun, saat saya ingin mencari tahu tentang 9 browser sebelumnya di atas, nama CM Browser ikut bersua di halaman 3 besar Google. Setelah saya buka situs resminya, ternyata CM Browser memiliki fitur yang cukup menjanjikan. Salah satunya adalah fitur antivirus dan adblock tersemat di dalam aplikasi tersebut. Bahkan, CM Browser digadang-gadang juga cepat dalam melakukan download. Yah, semoga saja betul! Soalnya saya belum pernah mencobanya! hehehe.

Sebagai kesimpulan, walaupun saya telah menceritakan tentang 10 browser terbaik untuk android di atas berdasarkan pengalaman saya sebagai konsumen, pengguna internet, sekaligus pemantau statistik visitor blog INIRUMAHPINTAR, pilihan tetap ada di tangan sobat-sobat sekalian. Saya tidak berhak memaksa untuk memilih browser tertentu. Saya hanya merekomendasikan untuk memilih browser yang bukan hanya cepat, ngebut, ringan, dan terbaik, tetapi pilihlah yang membuatmu nyaman dalam ber-internet. Renungkanlah!

0 Response to "10 Browser Terbaik untuk Android Versi Konsumen dan Visitor Blog"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.