Inilah 5 Daftar Oleh-Oleh Mudik Yang Mesti Dipersiapkan buat Keluarga di Kampung

INRUMAHPINTAR - Mudik adalah salah satu kebiasaan unik orang Indonesia menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri. Mereka berbondong-bondong meninggalkan ibu kota, tempat mereka bermukim dan bekerja, menuju kampung halaman, demi melepas rindu dengan keluarga tercinta. Mumpung libur panjang telah tiba, kesempatan untuk bernostalgia dan menghirup udara segar pedesaan tidak disia-siakan. 

Baik kaya maupun miskin, punya kendaraan atau tidak, lagi senang atau terbelit utang, semua ingin pulang, mudik rame-rame ke tanah kelahiran. Apalagi momen ini sangat jarang terjadi, banyak perantau yang hanya punya waktu satu kali setahun menjenguk sanak famili di kampung. Jadi, jangan heran! sejak jauh-jauh hari, tiket-tiket bus, pesawat, kapal laut, kereta api, dan kendaraan sewa lainnya laku keras. Bahkan jasa mudik dengan helikopter yang baru-baru ini diluncurkan menjadi primadona dan langsung diterima masyarakat pemudik.

Berbicara tentang mudik di tahun 2017 ini, saya tertarik untuk menulis artikel tentang daftar oleh-oleh yang sebaiknya dipersiapkan pemudik sebelum pulang kampung. Tidak usah barang mewah, atau yang mahal-mahal, oleh-oleh apapun itu, pasti akan diterima dengan senang hati oleh saudara di kampung. Namun, kadangkala oleh-oleh yang dibeli mubazir jika tidak sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, coba deh pertimbangkan daftar oleh-oleh yang saya rekomendasikan berikut ini:


1. Pakaian Lebaran

Memakai pakaian baru di hari raya adalah impian semua orang. Baik tua maupun muda tetap berusaha tampil neces di momen indah tersebut. Oleh karena itu, bagi para pemudik yang menjelang pulang kampung, jangan lupa membeli pakaian baru kepada keluarga. Tak usah satu set, sesuaikan dengan kemampuan ajah! 

Cukup beli jilbab atau mukenah baru buat Ibu atau beli baju koko dan peci buat ayah. Namun, jika kebetulan ada rezeki lebih, lebih baik lagi hadiahkan orang tua di kampung dengan satu set pakaian lebaran yang lengkap seperti sarung, sandal, sepatu, baju dalam, wewangian, dsb. Walaupun tidak semua orang tua atau keluarga di kampung mengharapkan hadiah seperti itu karena khawatir memberatkan, sebagai anak berbakti usahakan tidak lupa membawakan hadiah untuk mereka. 

2. Perlengkapan Sekolah

Bagi pemudik yang memiliki banyak keponakan atau adik-adik yang masih bersekolah, jangan sampai lupa membelikan perlengkapan sekolah untuk mereka, seperti buku, pulpen, penggaris, jangka, busur, penghapus, atau tas sekolah. Setelah libur panjang hari raya berakhir, di semester baru mereka tentu akan merasa bahagia kembali ke sekolah dengan perlengkapan sekolah yang lengkap. 

Nah, hadiah seperti ini terkadang dilupakan dan memilih membeli aneka macam makanan dan minuman. Padahal, perlengkapan sekolah adalah kebutuhan yang pasti untuk keponakan dan adik-adik yang masih bersekolah. 

3. Sembako (Sembilan Bahan Pokok)

Bagi pemudik yang punya uang lebih, tidak mengapa menyiapkan beberapa paket sembako untuk dibagikan ke keluarga atau tetangga di kampung. Mereka tentu sangat bahagia menyambut oleh-oleh seperti ini. Tidak banyak dari mereka yang makan enak setiap hari. 

Bahkan, ada di antara mereka yang mungkin jatah makannya tidak lebih dari 3 kali sehari. Oleh karena itu, bagi calon pemudik, jauh-jauh hari sebaiknya menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk membeli beberapa paket sembako untuk di bawa pulang ke kampung. 

4. HaPe baru

Oleh-oleh ini terkhusus untuk orang tua atau keluarga di kampung yang belum punya alat komunikasi. Atau sudah punya tetapi mulai rusak dan tidak elok lagi digunakan untuk berkomunikasi. Tujuannya apa? Kelak, jika sudah kembali ke tanah rantau, maka HaPe tersebut dapat membantu kelancaran silaturrahmi meski lewat panggilan suara atau video. 

Namun demikian, oleh-oleh ponsel seperti ini tidak sebaiknya dijadikan pemuas gengsi, melainkan benar-benar karena kebutuhan. Dan tidak semua kalangan pemudik yang direkomendasikan untuk memasukkan salah jenis oleh-oleh ini dalam daftar belanja pra-mudiknya.

5. Informasi Bermanfaat

Oleh-oleh ini bukan berupa barang, tetapi sangat dibutuhkan orang banyak. Walaupun hanya berupa informasi, jika dapat mengubah nasib seseorang menjadi lebih baik, maka nilainya melebihi kemewahan oleh-oleh barang. Terus informasi seperti apakah itu? Bagi adik-adik di kampung yang baru saja lulus SMA dan belum juga memiliki tempat kuliah, silahkan beri informasi tentang kampus-kampus favorit yang ada di kota. Atau rekomendasikan mereka informasi kampus yang menyediakan beasiswa. 

Sementara itu, jika kebetulan ada informasi lowongan kerja yang cocok dengan kriteria teman-teman atau saudara-saudara di kampung yang masih berstatus pengangguran, silahkan sampaikan dan beri pertimbangan yang bijak. Pastikan agar informasi yang disampaikan bukan untuk disalahgunakan dan hanya ikut-ikutan menambah beban arus balik setelah mudik, melainkan demi kemaslahatan diri dan kesejahteraan keluarga.

Berdasarkan informasi di atas, saya tetap mengingatkan agar sahabat pembaca yang kebetulan ikut mudik tahun ini, cukup menyiapkan oleh-oleh sesuai kebutuhan keluarga di kampung yang tidak berat di kantong. Jangan sampai niat ingin membahagian malah menyusahkan diri! Apalagi jika nekat berhutang sana-sini demi membeli oleh-oleh buat mudik. 

Perlu diingat bahwa, oleh-oleh yang terindah dan terbaik yang dinantikan keluarga di kampung sesungguhnya bukanlah barang-barang melainkan kehadiran Anda di sisi mereka saat hari raya. Selamat ber-mudik ria! Semoga selamat hingga tujuan! :)

0 Response to "Inilah 5 Daftar Oleh-Oleh Mudik Yang Mesti Dipersiapkan buat Keluarga di Kampung"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.