10 Tips Aman Membeli Jilbab dan Produk Pakaian Secara Online

INIRUMAHPINTAR - Saat ini, untuk membeli jilbab atau produk pakaian sehari-hari buat diri sendiri dan keluarga, kita tidak perlu lagi ke luar rumah. Berbagai situs penjualan online tersedia di internet. Begitu pun akun-akun jualan di media sosial, jumlahnya bisa mencapai ratusan hingga ribuan memenuhi beranda setiap saat. Terbukti, akun pribadi saya di Instagram, selalu saja mendapatkan notifikasi permintaan follow dari akun-akun yang berinisial "shop" atau "store". Ini mengindikasikan bahwa hampir setiap hari, entrepreneur-entrepreneur online terlahir dan siap menjajakan lapaknya ke penduduk dunia maya. 

Seiring dengan kemajuan teknologi dan mudahnya akses internet, tren jual-beli online pun semakin marak. Apalagi perusahaan jasa pengiriman barang pun tidak sulit lagi ditemukan. Produk-produk yang ditawarkan pun beragam dengan harga bersaing. Bagi mereka kaum wanita misalnya, untuk membeli jilbab atau produk pakaian jadi, tinggal memilih produknya di aplikasi ponsel, lalu melakukan transfer, dan menunggu beberapa hari hingga barangnya tiba di depan rumah. Benar-benar sebuah kemajuan peradaban yang luar biasa.

Meskipun telah banyak konsumen, mungkin termasuk Anda, telah familiar dengan sistem belanja online. Namun, di luar sana ternyata masih banyak Ibu-Ibu, Mahasiswi, atau pelajar yang merasa takut untuk bertransaksi secara online. Bukan karena tidak tertarik, tetapi merasa khawatir jika barangnya tidak sesuai harapan, atau kena tipu. Yah, faktanya masih ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang berkeliaran, mengaku sebagai penjual online tetapi bodong alias penipu. 

Untuk itu, melalui tulisan ini, saya termotivasi untuk sedikit berbagi pengalaman dan tips bagaimana membeli jilbab dan produk pakaian secara online. Tepatnya, ada 10 tips. Mungkin ada yang bertanya, darimana saya memiliki pengalaman bertransaksi online. Kebetulan saya dan seorang sahabat pernah dan masih mengelola sebuah bisnis online kecil-kecilan dengan produk utama, jilbab dan pakaian muslimah. Bukan promosi loh ya! Cuman ingin berbagi tips aman membeli produk agar tidak kena tipu atau menjadi korban harapan palsu. Baiklah, mari kita baca dengan seksama 10 tips tersebut di bawah ini:


1. Cari Situs atau Akun Penjual Online yang Diminati

Langkah pertama adalah mencari situs atau akun penjual online yang menyediakan jilbab atau pakaian yang diminati. Bagaimana caranya? Banyak sekali. Yang paling mudah, searching di om Google. Alternatif lain, carilah di grup-grup atau fan page jual beli di sosial media, seperti di Facebook, Twitter, Instagram, Line, atau di BBM. Dari sekian banyak pilihan tersebut, silahkan saring beberapa akun atau situs yang dianggap meyakinkan, lalu lanjutkan proses seleksi yang ketat. Untuk pemula, saya rekomendasikan menggunakan situs online populer dulu, seperti Shopee, Bukalapak, atau Lazada. *Sekali lagi bukan promosi loh ya! Hanya contoh. Bisa kok memilih situs jual beli online yang lain.

Hanya saja, situs yang saya sebutkan di atas, tergolong mudah digunakan, terutama bagi konsumen amatir. Saya pernah menggunakan jasa dari Bukalapak saat pertama kali mengenal situs jual beli online. Awalnya was-was, tetapi ketika barang udah sampai rumah, alhamdulillah. Terpercaya! Namun, tetap saja, bagi sahabat-sahabat pembaca yang ingin mencoba membeli jilbab atau produk pakaian lainnya, tetap waspada, dan ikuti tips-tips pelengkap di bawah ini. 

2. Mintalah Kontak Penjual yang Fast Respond

Langkah kedua yaitu silahkan cek nomor kontak penjual. Pastikan Anda sebagai konsumen memperoleh kontak yang fast respond. Jika informasi kontak tidak tersedia di akun penjual, silahkan minta dengan sopan dengan mengirimkan pesan atau mencoba menghubungi lewat kontak yang ada. Perlu dicatat, bahwa tidak semua nomor kontak atau email dari penjual benar-benar aktif atau sering dicek. Mungkin faktor kesibukan atau banyaknya pelanggan yang perlu dilayani. Oleh karena itu, sebagai pembeli online pemula, sebaiknya memastikan terlebih dahulu nomor kontak mana yang cepat ditanggapi penjual agar lebih mudah melakukan tawar-menawar atau bertanya-tanya tentang produk yang diminati. 

Kata teman saya yang notabene konsumen online abadi, bisa komunikasi intens dengan penjual online itu sesuatu banget. Lebih mudah dan cepat memesan produk, sekaligus bisa belajar menjadi reseller. Jadi, di tips kedua ini, ingatlah untuk memastikan memiliki nomor kontak penjual sebelum melakukan pemesanan, agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bisa segera dikonfirmasi. Apalagi, nomor kontak private penjual biasanya di share ke pelanggan-pelanggan yang terpercaya ajah. So, jadilah customer teladan. Pesanlah produk sebanyak-banyaknya, jika benar-benar mampu atau siap menjadi reseller. Kalau belum sanggup, yah, gapapa. Minimal saling percaya ajah dan berkomunikasilah dengan santun.

3. Perhatikan Testimoni dari Pelanggan Lain

Sebagai tips ke-3, saya mengingatkan sahabat sekalian terutama yang baru saja ingin mencoba membeli jilbab atau produk pakaian di situs jual beli online agar benar-benar memperhatikan dengan teliti testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Di situs jual beli online ternama biasanya terdapat tampilan yang memperlihatkan ulasan pelanggan. Nah, lihatlah tingkat kepuasan konsumen di bagian tersebut. Lain halnya, jika berniat membeli sesuatu di akun jual beli pribadi di Facebook atau sosial media lainnya, lihatlah komentar-komentar di bawahnya. Jika banyak pelanggan yang merasa puas atau memberikan bintang sebagai bentuk kepuasan, maka ikut membeli produk di penjual tersebut jauh lebih meyakinkan. Namun demikian, tetaplah berhati-hati membeli di akun-akun penjual pribadi yang tidak terdaftar di situs jual beli online resmi. Demi memikat korbannya, sang penipu digital ini biasanya memenuhi lapaknya dengan komentar dari akun-akun bohongan. Jadi, sekali lagi, untuk pemula. Cobalah membeli barang di situs jual-beli terpercaya seperti yang saya sebutkan di atas.

4. Berkomunikasi dengan Pelanggan yang Pernah Membeli

Langkah ke-4 ini adalah opsional. Namun, tetap saja bermanfaat jika ingin tahu lebih banyak dengan bertanya langsung ke salah satu pelanggan yang pernah membeli suatu produk online. Mungkin sobat ingin menanyakan bagaimana pelayanan si penjual dan kualitas produknya. Selain itu, tahap ini sekaligus berfungsi menguji keaslian identitas pelanggan. Untuk menghubunginya pun relatif mudah, jika ia menggunakan Facebook, silahkan manfaatkan fasilitas inbox atau kotak chat. Atau minta saja nomor kontaknya lalu berkomunikasilah langsung melalui WhatsApp atau Line. 

5. Cek Keaslian Gambar dan Spesifikasi Lengkap (ukuran, bahan, warna, dst)

Langkah berikutnya yaitu mengecek keaslian gambar jilbab dan produk pakaian lainnya yang terpampang di beranda akun penjual. Sebelum membeli, konfirmasilah sedetail-detailnya. Misalnya warna, ada kalanya warna foto atau gambar tidak sama dengan warna sebenarnya. Pasalnya, efek kamera atau pencahayaan dapat menipu mata. Oleh karena itu, pastikan keidentikan gambar dengan produk sebenarnya. Walaupun sulit untuk benar-benar memastikan, setidaknya bertanyalah seperlunya. Jika memungkinkan mintalah sampel terlebih dahulu. Meski sangat jarang yang menyediakan layanan spesial seperti itu, cobalah dulu, siapa tahu beruntung mendapat penjual jilbab yang baik hati. 

6. Memastikan Estimasi Harga Produk, Biaya, dan Lama Pengiriman

Langkah ke-5 ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Terutama bagi konsumen yang memiliki budget terbatas atau membutuhkan jilbab/pakaian tersebut dalam waktu dekat. Silahkan pastikan berapa estimasi harga produk, biaya dan lama pengiriman. Jangan malu-malu untuk meminta diskon atau bonus. Siapa tahu Anda beruntung berkenalan dengan penjual yang baik hati dan tidak sombong. hehehe.

Bagi yang ingin mencoba membeli via Bukalapak, sepertinya estimasi biaya pengiriman ke seluruh kota di Indonesia telah tersedia di beranda akun penjual. Jadi, cek ajah di situ. Kecuali jika ingin membeli via Shopee, biaya pengiriman gratis untuk pembelian dengan total tertentu. Silahkan cek juga langsung di situs tersebut. 

7. Untuk Pemesanan Pertama, Belilah Produk Secukupnya (min. 1 kg)

Sebagai ujicoba produk dan pengiriman, cobalah memesan jilbab/pakaian secukupnya di awal pembelian. Sebaiknya mencapai berat minimal satu kg agar total harga sedikit lebih ramping. Setelah sampai di rumah, ceklah barang-barang tersebut dengan teliti. Jika kurang memuaskan, berpindahlah ke lain hati. Carilah penjual yang menyediakan produk lebih baik. Namun, tetaplah ingat bahwa jika ingin membeli produk berkualitas premium jangan memaksakan mencari barang-barang yang murah. Harga mewakili kualitas kok. Jika produk ternyata bagus, pertahankan, masukkan list penjual-penjual yang recommended! Dan Anda jangan lupa membeli produk lagi di lain waktu agar penjual tersebut untung dan bahagia.  


8. Berkomunikasilah dengan Penjual Menggunakan Kata-Kata yang Santun

Tips ke-8 yaitu tumbuhkan komunikasi positif dengan penjual. Pahami keadaannya, kesibukannya, dan waktu-waktu kerja/istirahatnya. Penjual juga manusia, jadi jika ingin komplen atau menanyakan tentang produk, berbaik sangkalah dan gunakan kata-kata yang santun. Dengan menghidupkan komunikasi positif seperti ini, tidak menutup kemungkinan di pembelian tertentu, Anda memperoleh diskon atau bonus. Setidaknya memperoleh senyuman. Bukankah memperoleh hadiah senyuman manis emoticon di kontak pesan adalah kebahagiaan yang sangat bernilai?hehehe

9. Pastikan Nomor dan Nama Rekening Telah Sesuai dengan Identitas Penjual

Tips ke-9, pastikan nomor dan nama rekening yang akan dikirimi uang pembelian. Kalau perlu, mintalah rekening yang sama dengan rekening Bank Anda, agar lebih hemat potongan biaya. Jangan lupa, periksa benar-benar nomor rekening tujuan tersebut, karena salah sedikit, salah kirim bisa saja terjadi. Rugi dua kali jadinya. Jilbab tidak dapat, uang melayang ke alamat lain. Jadi, berhati-hati dan telitilah.

10. Berikanlah Alamat Tujuan dan Nomor Kontak Secara Lengkap 

Yang terakhir yaitu berikanlah alamat tujuan secara lengkap kepada penjual. Jangan lupa sertakan nomor kontak yang bisa dihubungi agar jasa pengiriman tidak kebingungan mencari alamat Anda. Jika terlalu lama, jangan sungkan-sungkan menghubungi Customer Service perusahaan jasa pengiriman tersebut. Terkadang, ada saja kasus kehilangan atau keterlambatan di luar dugaan. Jadi, sigaplah atas segala kemungkinan. Namun, tidak usah terlalu khawatir, karena saat ini Agen Jasa Pengiriman berlomba-lomba menyediakan pelayanan terbaik agar tidak ditinggalkan konsumen. 

Nah, begitulah kira-kira 10 Tips Aman Membeli Jilbab dan Produk Pakaian Secara Online  yang sempat saya bagikan di tulisan ini. Semoga bermanfaat!

0 Response to "10 Tips Aman Membeli Jilbab dan Produk Pakaian Secara Online "

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!