Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Contoh Sistem (Unik)

INIRUMAHPINTAR - Pada kesempatan ini, saya tertarik menulis tentang Pengertian, Tujuan, Contoh, Ciri-ciri Sistem berdasarkan sudut pandang dan ke(unik)an logika pribadi. Bukan dengan menghadirkan pendapat atau teori para ahli seperti blog-blog infomatif lainnya di dunia maya. Bukan juga bertujuan untuk mendukung atau melemahkan pendapat atau pandangan siapapun. Melainkan untuk menghadirkan warna baru tentang Pengertian, Tujuan, Contoh, Ciri-ciri Sistem berdasarkan analisa dan logika saya. 

Pengertian Sistem (Unik)

Sistem adalah sebuah struktur terencana yang terbentuk dari unsur-unsur atau elemen-elemen produktif yang dilengkapi dengan kemampuan atau kapasitas tertentu untuk saling berkolaborasi, bersinergi dan sejalan mencapai tujuan, visi-misi, fungsi, dan target tertentu. 

Dalam bahasa Inggris, sistem disebut sebagai system yang berarti susunan; tataan; jaringan; metode. Kata lain yang berkaitan yaitu, systematic yang berarti sistematik; sistematis; teratur menurut sistem. Berdasarkan terjemahan ini kita dapat menyimpulkan bahwa sistem adalah sebuah susunan/rangkaian sejumlah komponen yang bekerja dalam keteraturan sesuai tujuan yang diharapkan oleh penciptanya.

Ciri-Ciri / Karakteristik Sistem (Unik)

Secara hakekat, sistem dapat berupa rangkaian komponen abstrak (tak terlihat) atau komponen nyata (tampak). Itu berarti sistem tidak dapat bekerja dengan mengandalkan satu bagian saja. Harus ada kolaborasi atau kerjasama antara subsistem-subsistem pembentuk sistem itu sendiri. 

Selain itu, setiap komponen harus dibekali dengan kemampuan, kapasitas, dan fungsi-fungsi tertentu. Lalu, dengan kemampuan fungsional yang dimilikinya, semua komponen bersinergi dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan. 

Apakah sistem itu alat? Iya, betul sekali, sistem itu adalah alat untuk mencapai tujuan tertentu. Namun, sistem bukan sekedar alat, karena ia juga dapat menjadi tujuan itu sendiri. Lalu, apakah alatnya dapat bekerja otomatis secara sendiri tanpa perencanaan sebelumnya? Tentu tidak, alat itu dapat berjalan dengan baik jika telah melalui proses planning atau programming yang benar dan dikelola atau dijalankan oleh user yang kredibel dan qualified. Apakah sistem hadir begitu saja atau diciptakan? Semua sistem di dunia ini pasti memiliki pencipta, itu berarti semua sistem diciptakan. 


Tujuan Sistem (Unik)

Untuk apa sistem itu diciptakan? mengapa tidak membiarkannya hadir begitu saja? Tunggu dulu, coba kita renungkan sama-sama. Hal-hal terkecil di dunia ini ada karena diadakan bukan? Tidak ada yang bisa ada tanpa ada yang mengadakan. Jadi, semua unsur di muka bumi adalah sistem atau subsistem bagian dari sistem-sistem yang lain. Dan satu unsur atau komponen dapat menjadi bagian lebih dari satu sistem, bergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Jadi, pada dasarnya, semua sistem itu ada dan diadakan untuk sebuah tujuan, sesuai keinginan, arahan, petunjuk, dan perintah pencipta-Nya.

Contoh-Contoh Sistem (Unik)

Berdasarkan konsep-konsep pengertian, ciri-ciri dan tujuan sistem di atas, saya yakin sahabat-sahabat pembaca telah dapat menerka-nerka contoh-contoh sistem yang ada di sekitar kita. Tidak usah jauh-jauh, coba kita pandangi dan bertanya ke diri sendiri? Siapa kita sebenarnya? Tentu dengan sigap kita akan menjawab, bahwa kita adalah manusia. 

Iya betul, lalu siapakah manusia itu? Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Apakah manusia adalah sistem? Betul sekali, manusia adalah contoh sistem yang ada di muka bumi. Dari sudut pandang paling sederhana, manusia adalah sistem yang terdiri atas komponen lahiriah dan batiniah. Dari sudut pandang ilmu Biologi, manusia adalah sistem yang terdiri atas komponen-komponen biologis meliputi subsistem panca indera, subsistem pernafasan, subsistem pencernaan, subsistem pengeluaran, dan subsistem-subsistem lain yang saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Kumpulan atau rangkaian subsistem inilah yang kita kenal dengan istilah manusia (human). 

Apakah manusia adalah sistem atau subsistem? Berdasarkan konsep ciri-ciri sistem yang dijelaskan di atas, manusia dalam arti khusus dapat juga menjadi subsistem untuk sistem-sistem lain, bergantung sudut pandang yang digunakan. Contohnya, seorang guru, secara hakikat ia adalah manusia dan sistem, tetapi secara fungsi ia dapat menjadi subsistem dari sistem organisasi sekolah. Begitupun, seorang dokter, secara hakikat ia adalah manusia dan sistem, tetapi secara fungsi khusus ia adalah bagian dari sistem rumah sakit atau puskesmas.

Contoh sistem yang lain yaitu sistem pemerintahan di Indonesia. Sistem tersebut memadukan subsistem-subsistem yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing yaitu Presiden, Wakil Presiden, Menteri-Menteri, Kepala Daerah, Camat, Kepala Desa/Lurah, Ketua RT/RW, dan lain-lainnya yang saling terkait. 

Contoh sistem di bidang lain, misalnya ekonomi. Kita mengenal istilah sistem ekonomi syariah. Sistem tersebut terbentuk dari komponen-komponen seperti pemerintah, kebijakan Syariah, bank syariah, koperasi syariah, nasabah syariah, dan komponen-komponen lain yang terkait. 

Contoh sistem di bidang otomotif, misalnya sistem kendaraan bermotor. Sistem tersebut dapat bekerja dengan baik jika didukung subsistem-subsistem lain yang saling bekerja sama meliputi, subsistem starter, subsistem pengapian, subsistem kelistrikan, subsistem penggerak, subsistem pengereman, dan subsistem-subsistem lain yang saling terkait satu sama lain. 

Dalam ilmu komputer, ada contoh sistem yang paling familiar di telinga kita, yaitu sistem operasi. Sebuah komputer, tidak akan bisa bekerja dengan baik tanpa ada sistem operasi. Sistem operasi yang populer di dunia dan di Indonesia yaitu Windows, Linux, Mac OS, Unix, Amiga, Garuda OS, dsb. 

Tentu masih banyak contoh-contoh sistem yang belum disebutkan di tulisan ini. Namun, saya yakin sahabat-sahabat pembaca yang ditakdirkan berkunjung ke blog ini sudah paham tentang Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Contoh Sistem.

Selanjutnya, mari kita bandingkan pemahaman kita tentang topik (Unik) ini, lalu kita diskusikan di kolom komentar, andai ada yang berkenan sharing bersama. Selamat belajar, berpikir, dan berkarya dalam memaknai sistem penciptaan kita sebenarnya?

0 Response to "Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, Contoh Sistem (Unik)"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.