Ide Cerita Film Fiksi yang Cocok dikembangkan di Indonesia

INIRUMAHPINTAR - Salah satu genre film yang sangat cocok dan dikembangkan di Indonesia yaitu fiksi. Hal itu dikarenakan ide-ide cerita fiksi memiliki ruang kreativitas yang lebih luas dibandingkan ide-ide cerita non-fiksi. Coba kita lihat beberapa tahun terakhir, film-film fiksi seperti Warkop DKI Reborn, berhasil menembus angka fenomenal dalam raihan jumlah penonton di seluruh Indonesia. Untuk itu, penggiat film mesti mengambil kesempatan ini.

Lagipula, serbuan film-film luar ke Indonesia tiada habisnya. Mengapa kita tidak membuat film sendiri yang lebih baik.Jangan sampai kita terlelap dan membiarkan generasi-generasi kita dipenuhi fatamorgana dan kepalsuan film-film romantika ala Korea atau India. Kita harus bangkit dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Salah satunya dengan menaikkan derajat film Indonesia dengan ciri khas ketimurannya.

Semakin banyak film fiksi yang dibuat, maka kesempatan mengumpulkan pundi-pundi uang pun semakin besar. Di sisi lain, para penikmat film pun mendapat kesenangan berupa hiburan yang bermanfaat. Lagipula, bisnis dunia perfilm-an memang tiada matinya. 

Sisi dunia film yang menghibur, sebaiknya dinaikkan derajatnya menjadi menghibur sekaligus mendidik. Tujuannya adalah agar terjadi keseimbangan antara memperoleh kesenangan dan mendapatkan pengetahuan atau nilai-nilai moral.

Agar seimbang, film tidak sebaiknya dibuat hanya karena materi atau egoisme produser. Film wajib mencerminkan kearifan timur Indonesia. Untuk itu, perlu sumbangan ide-ide dari sejumlah pihak, termasuk insan penikmat film. 

Film-film fiksi yang hadir di layar lebar dan diputar di bioskop-bioskop tanah air mesti menggabungkan ide-ide cerita yang mengandung nilai keunikan dan nilai-nilai moral yang mendidik. Film-film yang dipenuhi romantika atau cerita percintaan lebay sedikit demi sedikit sebaiknya ditinggalkan. Apalagi film-film fiksi horor yang kebanyakan fakir dalam cerita, miskin dalam ide, tetapi kaya dalam mengumbar aurat harus dijauhkan dari jangkauan penikmat film tanah air.

Mengapa kita tidak mencoba ide-ide cerita lain yang mengandung unsur-unsur kreativitas tanpa mengorbankan karakter dan adab-adab ketimuran. Mengapa kita harus mencontoh wajah-wajah film luar yang memang berbeda dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia? Mengapa kita tidak percaya diri untuk menampilkan sisi-sisi Nusantara yang kaya akan cerita dan kisah-kisah unik. 

Untuk itu, melalu tulisan ini, saya tertarik berbagi ide-ide cerita film fiksi yang cocok dikembangkan di Indonesia untuk tahun-tahun yang akan datang. Berikut penjabarannya!

Transformer Indonesia Kapan Rilis ya? Cepetan donk! hehehe

1. Film Fiksi bertema Detektif

Jika Anda pernah menonton film Detective Conan asal Jepang, atau film 007, maka Anda termasuk satu selera dengan saya. Film-film yang bercerita tentang dunia detektif seperti itu menurut saya, selain menambah pengetahuan tentang dunia kedetektifan, juga tidak cepat menimbulkan rasa bosan, karena selalu dibumbui cerita-cerita yang unik dan menggugah rasa penasaran. Para penonton pun tahu lebih banyak bagaimana cara detektif mengungkap kasus-kasus rumit dalam dunia hitam. Ditambah dengan aksi-aksi heroik dan kejar-kejaran, film fiksi bertema detektif pasti akan laku keras di Indonesia.

2. Film Fiksi bertema Komedi

Tontonan fiksi yang bisa membuat penonton tertawa terbahak-bahak terdapat dalam film bergenre komedi. Dalam film-film ini, penonton akan terhibur karena setiap aksi aktor dan aktris dapat memancing gelak tawa. Dengan kata lain, sisi kelucuan menjadi the main power keberhasilan film bergenre komedi di Indonesia. Misalnya film Warkop DKI yang sangat lekat dengan karakter Dono, Kasino, dan Indro, kelucuannya awet sepanjang zaman. Hingga kini, aroma komedi di film tersebut terbukti belum memiliki tandingan di Indonesia,bahkan di dunia. Jadi, peramu film di tanah air tiada ruginya menghasilkan karya film fiksi bertema komedi sebanyak-banyaknya. Siapa tahu, suatu saat nanti, film fiksi komedi Indonesia berhasil memikat penonton dan penikmat dari seluruh makhluk bumi. 

3. Film Fiksi bertema Petualangan

Film petualangan adalah film yang selalu berisi hal-hal baru dan unik. Indonesia kaya sumber daya alam dan penuh dengan destinasi-destinasi yang masih jarang dilihat publik. Jadi, potensi film fiksi bertema petualangan di Indonesia sangat besar. Coba kita berimajinasi andai ada film Indonesia yang bercerita tentang pecarian harta karun di hutan kalimantan, atau film tentang petualangan melepaskan diri dari kejaran suku kanibal di tengah hutan Papua, atau bisa juga film petualangan dunia bawah laut di perairan Sulawesi, dsb. Saya yakin cerita-cerita petualangan seperti ini bakal sukses besar di dunia perfilman Indonesia. Para penonton akan berduyun-duyun memenuhi bioskop ingin melihat keseruan dunia petualangan di alam Indonesia. Lihatlah acara TV "My Life My Adventure", serunya bukan main kan? Coba kisah petualangan di acara tersebut dikemas dalam bentuk film bergenre fiksi, pasti ada keseruan lain yang menggugah selera penikmat film.

4. Film Fiksi bertema Anak-Anak

Dunia anak-anak adalah dunia yang penuh keceriaan. Dunia anak-anak juga penuh kepolosan dan hal-hal unik yang sulit ditebak. Jika diangkat ke dunia film, peluangnya untuk sukses pun sangat besar. Sayang, beberapa tahun terakhir, film anak-anak di Indonesia minim prestasi. Terakhir, seingat saya, film anak-anak yang berkualitas yang pernah tayang dan viral di era saya yaitu Petualangan Sherina, dan Joshua oh Joshua. Film fiksi bertema anak-anak dari luar yang juga menarik yaitu Home Alone. Film fiksi seperti inilah yang meski diperbanyak lagi. Banyak anak-anak Indonesia yang butuh hiburan mendidik. Jangan sampai mereka justru dimanjakan dengan film-film yang belum siap mereka tonton. Film-film yang justru membahayakan tumbuh kembang dan kreativitas mereka sebagai anak-anak. Untuk itu, kehadiran film fiksi bertema anak-anak sangat dinantikan di Indonesia. 

5. Film Fiksi bertema Robot dan Teknologi Canggih

Film-film yang menampilkan teknologi canggih hingga saat ini masih didominasi film-film dari Hollywood. Memang luar biasa dan sulit dipercaya! Faktanya, dunia robot bernuansa teknologi modern adalah dunia lain yang menarik untuk dijelajahi. Jadi, pantas saja film fiksi jenis ini memiliki nilai jual tinggi di pasaran, termasuk di Indonesia. Agar lebih baik, pencipta film di Indonesia sepantasnya melirik peluang untuk mengembangkan genre ini. Saya pernah melihat potongan film fiksi animasi buatan Indonesia yang mirip dengan film Transformer di Facebook. Saya suka dan sangat mengapresiasi pengembangnya. Semoga film tersebut cepat rilis karena kesuksesan telah menantinya di depan mata.

Demikianlah, celoteh dini hari tentang Ide Cerita Film Fiksi yang Cocok dikembangkan di Indonesia. Semoga terinspirasi dan secepatnya Indonesia akan dipenuhi film-film berkualitas, menghibur, dan sekaligus mendidik.

0 Response to "Ide Cerita Film Fiksi yang Cocok dikembangkan di Indonesia"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!